Mudik 2019, Begini Kesiapan Astra Infra di Tol Trans Jawa

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 21 Mei 2019 - 05:57 WIB

ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”
ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Mudik lebaran merupakan momentum penting bagi masyarakat Indonesia. Terhubungnya ruas jalan tol Trans Jawa pada akhir tahun 2018, semakin mempercepat dan mempermudah pemudik menuju kampung halaman. Dibandingkan tahun lalu, jumlah pemudik yang melalui jalur tol Trans Jawa diperkirakan akan mengalami peningkatan.

ASTRA Infra sebagai grup usaha infrastruktur yang telah berkontribusi di tol Trans Jawa sepanjang 338,6 km senantiasa memiliki komitmen memberikan layanan jalan tol yang aman, nyaman dan lancar.

Menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2019, pada tanggal 20 Mei ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”.

Di acara tersebut, CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono mengatakan untuk mewujudkan mudik lewat jalan tol yang aman, nyaman dan lancar, ASTRA Infra grup melalui BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo dan Jombang-Mojokerto telah menyiapkan berbagai inspirasi layanan mudik.

Inspirasi layanan mudik yang dilakukan meliputi operasional, kompetensi Sumber Daya maupun infrastruktur diantaranya fasilitas TIP (Tempat Istirahat dan Pelayanan), kualitas jalan. “Dengan persiapan yang menyeluruh di ruas tol ASTRA Infra diharapkan mudik lebaran tahun ini dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya” ujar Krist.

TOL TANGERANG-MERAK

ASTRA Tol Tangerang-Merak mengoptimalkan 4 layanan lebaran 2019 yang terdiri atas layanan operasional, infrastruktur, pendukung dan sosialisasiASTRA Tol Tangerang-Merak memaksimalkan penggunaan 9 mobile reader untuk mempercepat layanan transaksi bagi pengguna jalan.

ASTRA Tol Tangerang-Merak memprediksi adanya kenaikan trafik kendaraan periode H-7 s.d. H+7 sebanyak 15,69% kendaran. Pada puncak arus mudik H-5 diproyeksikan sebanyak 173.900 kendaraan yang akan melintas Tol Tangerang-Merak. Hal ini meningkat sebesar 19,3% dari rata-rata harian normal. ASTRA Tol Tangerang-Merak memastikan semua layanan tersebut disosialisasikan dengan baik melalui seluruh perangkat media.

TOL SEMARANG-SOLO

Untuk memperlancar arus mudik di tol Semarang Solo, Trans Marga Jateng (TMJ) telah mempersiapkan pelayanan dan fasilitas mudik yaitu menambah jumlah personil, melakukan penambahan 23 gardu di Gerbang Tol Banyumanik dan menyiapkan 7 kendaraan patroli. Untuk memantau kelancaran arus lalu lintas, TMJ menyiapkan 25 CCTV di lajur tol, dan 10 CCTV Gerbang. Untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan, TMJ memasang 11 Variable Message Sign (VMS) di sepanjang ruas. Dan untuk mengantisipasi kemacetan di Simpang Bawen dan Banyumanik, TMJ bersama dengan kepolisian setempat juga telah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas.

Sedangkan untuk tempat istirahat bagi para pemudik telah disiapkan 6 TIP (Tempat Istirahat dan Pelayanan) yang terletak di KM 429 A (arah Semarang) & B (arah Solo), KM 456 A & B, dan KM 487 A & B. TIP dilengkapi dengan fasilitas top up e-toll melalui gerai minimarket yang tersedia di setiap TIP.

TOL JOMBANG-MOJOKERTO

Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, pengelola ruas tol Jombang-Mojokerto (tol Jomo) sepanjang 40,5 km, telah menyiapkan infrastruktur dan berbagai fasilitas serta layanan jelang lebaran.

Pasca dioperasikan tol Trans Jawa secara penuh, pemudik dapat memanfaatkan jalur alternatif ini untuk menghindari kemacetan di jalan arteri, khususnya di Jombang yakni di sekitar Jalan Raya Kayen, terdapat Jembatan Kayen yang mengalami penyempitan dan adanya persimpangan kereta api. Ditambah dengan jalan tidak rata dan kepadatan yang sering terjadi pada jalur menuju pertigaan Mengkreng, Kediri.

Untuk keamanan pengguna jalan, tol Jombang Mojokerto juga telah dilengkapi dengan peralatan penunjang keselamatan dan rambu rambu. Sedangkan untuk kenyamanan terutama bagi pemudik yang lelah dan ingin beristirahat, Astra tol Jomo telah menyediakan 4 TIP yaitu Teras Melati 695 KM 695 A (arah Surabaya) dan Teras Dipa KM 678 B (arah Kertosono) yang telah di-upgrade menjadi TIP dengan konsep bangunan modern, lebih luas, nyaman serta dilengkapi lokasi foto yang instragramable.

Sehingga para pengunjung dapat memanfaatkan untuk ber-selfie. Sedangkan 2 Rest area lainnya berlokasi di KM 695 B dan KM 678 A.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Harjunot Ali

Sabtu, 21 September 2019 - 21:00 WIB

Harjunot Ali Kembali Main Film Horor

Harjunot Ali dikenal sebagai bintang film drama mumpuni. Kalau kemudian Harjunot mau terlibat di film genre horor, karena ia melihat dari sutradara dan rumah produksi yang menggarapnya.

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Sabtu, 21 September 2019 - 19:59 WIB

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Bagi banyak orang, tanggal tua diwajibkan untuk menghemat pengeluaran. Tapi, kini Cashbac melepaskan kekhawatiran tersebut dengan menghadirkan Promo Tanggal Tua, Rasa Muda dengan memberikan…

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.