Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)
Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sorong- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award"  atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip pariwisata berkelanjutan.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Jumat (17/5/2019), mengatakan bahwa ada dua kampung wisata dari empat yang tahun ini didorong guna meraih penghargaan nasional tersebut.

Dia menambahkan, kedua kampung wisata tersebut adalah kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren yang pengelolaan destinasi menerapkan prinsip-prisip pariwisata berkelanjutan.

Ia menjelaskan, kawasan Piaynemo pengelolaan destinasi wisata oleh pemuda dan masyarakat berjalan baik. Sedangkan Kampung Sapokren kelompok tani hutan masyarakat setempat mengelola hutan kawasan konservasi dan memanfaatkan jasa lingkungan guna meningkatkan perekonomian.

Karena itu, tambah dia pemerintah daerah dan lembaga terkait sedang bekerja mempersiapkan kedua kampung wisata tersebut guna meraih penghargaan nasional sama seperti kampung wisata Arborek yang sudah dua tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award".

Menurut dia, tidak hanya Kampung Arborek, kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren saja, tetapi kelompok pengelola pos manta atau kawasan melihat ikan pari manta juga didorong meraih penghargaan nasional tahun ini.

"Kami targetkan tahun ini kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren bisa meraih penghargaan nasional agar menjadi motivasi bagi kampung-kampung wisata lainnya di Raja Ampat untuk terus berkembang maju," ujarnya.(Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri serta TNI untuk memiliki tempat tinggal dengan berbagai kemudahan

Minggu, 25 Agustus 2019 - 22:41 WIB

Percepat Pencapaian Sejuta Rumah, Bank BTN Salurkan KPR Untuk Aparatur Sipil Negara, TNI dan POLRI di Palembang

Palembang-Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:54 WIB

BNI Syariah Lakukan Program Pelatihan Masjid di Cirebon

Cirebon - BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan keuangan. Kali ini BNI Syariah bersama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli kembali bersinergi mengadakan pelatihan…

(IG/ussypratama)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.