Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)
Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sorong- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award"  atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip pariwisata berkelanjutan.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Jumat (17/5/2019), mengatakan bahwa ada dua kampung wisata dari empat yang tahun ini didorong guna meraih penghargaan nasional tersebut.

Dia menambahkan, kedua kampung wisata tersebut adalah kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren yang pengelolaan destinasi menerapkan prinsip-prisip pariwisata berkelanjutan.

Ia menjelaskan, kawasan Piaynemo pengelolaan destinasi wisata oleh pemuda dan masyarakat berjalan baik. Sedangkan Kampung Sapokren kelompok tani hutan masyarakat setempat mengelola hutan kawasan konservasi dan memanfaatkan jasa lingkungan guna meningkatkan perekonomian.

Karena itu, tambah dia pemerintah daerah dan lembaga terkait sedang bekerja mempersiapkan kedua kampung wisata tersebut guna meraih penghargaan nasional sama seperti kampung wisata Arborek yang sudah dua tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award".

Menurut dia, tidak hanya Kampung Arborek, kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren saja, tetapi kelompok pengelola pos manta atau kawasan melihat ikan pari manta juga didorong meraih penghargaan nasional tahun ini.

"Kami targetkan tahun ini kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren bisa meraih penghargaan nasional agar menjadi motivasi bagi kampung-kampung wisata lainnya di Raja Ampat untuk terus berkembang maju," ujarnya.(Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Duta Pertiwi Nusantara

Selasa, 18 Juni 2019 - 16:40 WIB

Juni 2019, Duta Pertiwi Nusantara Tentukan Besaran Dividen

Jakarta - PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk menyebutkan untuk tahun buku 2018 Perusahaan belum memutuskan berapa jumlah dividen yang akan dibagikan, penentuannya pada saat RUPS bulan Juni 2019.

Plang Duta Pertiwi Nusantara Tbk

Selasa, 18 Juni 2019 - 16:17 WIB

2019, Duta Pertiwi Nusantara Optimis Tumbuh

Jakarta - PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk memproyeksikan Pendapatan Tumbuh mencapai Rp115 miliar dengan laba bersih Rp9 miliar. Pendapatan bersih pada tahun 2018 sebesar Rp 143,38 miliar. Jumlah…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 15:05 WIB

Peran Industri Daur Ulang Dorong Limbah Plastik Punya Nilai Tambah

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan nilai tambah terhadap limbah plastik dan kertas melalui peran industri daur ulang atau recycle industry.

Siswa SD yang mendapatkan beasiswa BRI

Selasa, 18 Juni 2019 - 14:25 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan kinerja positif dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang pendidikan. Sepanjang triwulan…

Banjir Sulteng

Selasa, 18 Juni 2019 - 14:05 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Upaya Tanggap Darurat Pascabencana Banjir di Sulawesi Tenggara

Bantuan tanggap darurat disalurkan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya berupa layanan air bersih dan sanitasi, termasuk fasilitas MCK darurat ke lokasi-lokasi pengungsian…