Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)
Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sorong- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award"  atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip pariwisata berkelanjutan.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Jumat (17/5/2019), mengatakan bahwa ada dua kampung wisata dari empat yang tahun ini didorong guna meraih penghargaan nasional tersebut.

Dia menambahkan, kedua kampung wisata tersebut adalah kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren yang pengelolaan destinasi menerapkan prinsip-prisip pariwisata berkelanjutan.

Ia menjelaskan, kawasan Piaynemo pengelolaan destinasi wisata oleh pemuda dan masyarakat berjalan baik. Sedangkan Kampung Sapokren kelompok tani hutan masyarakat setempat mengelola hutan kawasan konservasi dan memanfaatkan jasa lingkungan guna meningkatkan perekonomian.

Karena itu, tambah dia pemerintah daerah dan lembaga terkait sedang bekerja mempersiapkan kedua kampung wisata tersebut guna meraih penghargaan nasional sama seperti kampung wisata Arborek yang sudah dua tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award".

Menurut dia, tidak hanya Kampung Arborek, kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren saja, tetapi kelompok pengelola pos manta atau kawasan melihat ikan pari manta juga didorong meraih penghargaan nasional tahun ini.

"Kami targetkan tahun ini kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren bisa meraih penghargaan nasional agar menjadi motivasi bagi kampung-kampung wisata lainnya di Raja Ampat untuk terus berkembang maju," ujarnya.(Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 12 November 2019 - 09:14 WIB

Ini Saham-saham Pilihan Pemodal Hari Ini

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG kembali menguji support lower bollinger bands dan -2 Standart Deviasi regresi trend bearish jangka pendek yang berada dikisaran 6120.

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 12 November 2019 - 09:03 WIB

Ini Saham-saham Pilihan Pemodal Hari Ini

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG kembali menguji support lower bollinger bands dan -2 Standart Deviasi regresi trend bearish jangka pendek yang berada dikisaran 6120.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Selasa, 12 November 2019 - 09:00 WIB

Ancaman Ideologis Terhadap Pancasila Harus Dilawan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan bahwa keberadaan kelompok intoleran di Indonesia bukanlah isapan jempol belaka, namun nyata adanya. Mereka juga adalah sekelompok orang yang…

Gedung Kementerian Pertanian

Selasa, 12 November 2019 - 08:51 WIB

Kementan dan IPB Bangun Kolaborasi Untuk Pertanian 4.0

Jakarta,- Kementerian Pertanian (Kementan) berkolaborasi dengan IPB (Institut Pertanian Bogor) beserta jajarannya untuk bangun pertanian menuju era 4.0. Dalam kunjungannya, rektor IPB beserta…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan IPB

Selasa, 12 November 2019 - 08:20 WIB

Mentan Syahrul Harapkan Dukungan IPB Terkait Program Pertanian

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan dukungan penuh dari perguruan tinggi dan dunia pendidikan terhadap pembangunan pertanian ke depan. Hal ini dikatakan Syahrul…