Ini 10 Tempat Wisata Keren Saat Mudik ke Kendal

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 19 Mei 2019 - 09:41 WIB

Pasar Karetan Radja Pendapa Desa Segrumung, Meteseh, Boja, Kendal, Jawa Tengah (Jateng) (Foto:pasarkaretan/Instagram)
Pasar Karetan Radja Pendapa Desa Segrumung, Meteseh, Boja, Kendal, Jawa Tengah (Jateng) (Foto:pasarkaretan/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Kendal yang berjuluk kota Santri, berbatasan dengan Semarang, Temanggung, dan Batang. Nama Kendal mungkin tidak seterkenal Semarang, ibukota Jawa Tengah, namun untuk potensi wisata, daerah ini cukup menawan dan layak disambangi selama #PesonaMudik2019.

Secara geografis Kendal terbagi ke dalam dua wilayah, yaitu dataran rendah berupa kawasan pantai dan dataran tinggi berupa pegunungan. Kondisi  ini membuat Kendal memiliki ragam destinasi wisata alam yang menarik. "Silahkan mampir Kendal bila lewat jalur Pantura selama mudik," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata hits di Kendal yang wajib masuk dalam agenda liburanmu bersama keluarga atau sahabat.

1. Curug Sewu

Curug Sewu merupakan salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal dan tidak pernah sepi dari pengunjung. Air terjun ini istimewa karena sebagai air terjun dengan debit air terbesar di Jawa Tengah. Air terjun dengan tiga tingkatan ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan nuansa alami yang begitu kental.

Selain menyuguhkan pesona air terjun yang begitu eksotis, kawasan wisata yang terletak di Desa Curug Sewu juga dilengkapi dengan fasilitas gardu pandang, kolam renang, kebun binatang mini, dan terapi ikan. Cocok sekali buat melepas penat selama perjalanan mudik.

2. Pasar Karetan

Pasar yang hanya buka Minggu pagi ini, tumbuh menjadi destinasi baru bagi pariwisata Kendal. Ada trekking menyusuri hutan, ada cross country melewati pematang sawah yang menghijau.

Panitia Pasar Karetan juga menyiapkan beberapa permainan anak-anak seperti main egrang, dakon, jalan di atas batok, dan lomba melukis layang-layang "darat" atau yang biasa dimainkan di sawah.

Pasar Karetan juga menyajikan spot baru berupa studio foto dengan konsep Jawa Kuno yang bernama Studio Pendapa.

Studio Pendapa terletak di sebelah kanan panggung di Pasar Karetan yang ada di Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

Studio Pendapa yang secara resmi di-launching pada 24 Maret 2019 ini, dibuat dengan tujuan untuk mengembalikan nuansa Jawa tempo dulu ke masa kini.

3. Pantai Cahaya

Kendal memiliki banyak pantai eksotis, salah satunya Pantai Cahaya Kendal yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di pantai ini tersedia berbagai fasilitas menarik dan tentu saja kita bisa bermain ombak dan pasir. Ada berbagai macam permainan anak, hutan wanawisata, kebun binatang mini, taman rekreasi pantai, pentas lumba-lumba, dan waterpark.

Di Pantai Cahaya ini juga dibangun gazebo-gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk melepas lelah setelah bersenang-senang seharian. Untuk lokasi Pantai Cahaya, tepatnya berada di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

4. Agrowisata Tirto Arum Baru

Tempat ini menawarkan wisata paket lengkap dalam satu tempat bagi semua kalangan. Berlokasi tak jauh dari lampu merah, Purin, tempat wisata seluas empat hektar ini menyediakan aneka permainan dan fasilitas yang bisa dinikmati. Fasilitas yang ditawarkan antara lain kolam renang, restoran dan tempat pemancingan. Ada tempat penginapan, arena futsal dan voli, arena atv, dan lain-lain.

Tempat wisata yang dibangun pada tahun 1982 ini mulanya hanya berupa kolam renang besar dengan kedalaman 180 sentimeter dan panjang 50 sentimeter. Lambat-laun, fasilitas penunjang pun bertambah. Kini, kolam renang Tirto Arum Baru memiliki empat kolam yang masing-masing memiliki kedalaman berbeda. Ada kolam yang diperuntukkan untuk kompetisi. Ada pula yang dipakai untuk bermain air bagi anak-anak.

5. Pantai Ngebum

Pantai Ngebum ini menawarkan suasana menyenangkan dengan biaya masuk yang murah meriah sehingga wisatawan merasa betah. Pantai yang berada di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal ini memiliki pasir lembut yang berwarna kecoklatan.

Ombak yang bergulung pun tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk bermain air. Meskipun begitu, para pengunjung harus selalu berhati-hati dan waspada dan tidak bermain terlalu jauh ke tengah laut. Ombak yang indah dan banyak kursi di pinggir pantai menambah nyaman suasana pantai.

6. Kebun Teh Medini

Kendal juga punya tempat wisata pegunungan yakni hamparan kebun teh. Tak kalah dengan kebun teh di Puncak, Bogor atau Kemuning, Karang Annyar, Kendal pun punya kebun teh yang bernama Medini. Tempat liburan di Kendal ini berada di kaki Gunung Ungaran, yaitu di Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan.

Kebun teh yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ini berada pada ketinggian 1.500 mdpl. Di atas sana Anda bisa menikmati hamparan kebun teh yang hijau dengan suasana sejuk khas pegunungan.

7. Riverwalk Boja

Jika Anda lewat jalan alternatif Kaliwungu – Boja Kendal Jawa Tengah, cobalah untuk mampir di tempat wisata River Walk Boja. Tempat wisata ini sangat cocok untuk keluarga. Selain bisa menikmati permainan air, pengunjung juga bisa bermain dengan burung-burung yang berada di sangkar yang luas.

Tak ketinggalan, pengunjung juga bisa berselfie berlatar pemandangan desa serta gambar 3 dimensi dan lainnya. Jika lapar, di tempat wisata itu, juga dilengkapi rumah makan. Tempat wisata seluas sekitar 1,5 hektar juga dilengkapi penginapan untuk melepas penat.

8. Kampoeng Jowo Sekatul

Desa Wisata Kampoeng Jowo Sekatul adalah tempat wisata agro dengan nuansa pedesaan tradisional Jawa Kuno dengan bangunan bangunan berbentuk joglo. Dengan luas sekitar 12 hektar di perbukitan medini kaki gunung ungaran, desa wisata ini menyajikan nuansa seperti seperti berada di pedesaan tempo dulu.

Pengunjung Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul bisa menikmati permainan bajak sawah, keceh (bermain air) di sungai, memanah, dan sebagainya. Ada juga tempat outbound-nya, kolam renang, flying fox dan penginapan Joglo. Untuk menu makanannya, sebagian besar juga menyediakan makanan Jawa, ada gudangan, sayur lompong, Jahe, dan lainnya.

9. Kampung Ragam Warna

Terletak di Desa Mranggen, Kutoarjo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sebanyak 98 rumah warga di dua RT desa itu memperindah kampung mereka dengan beragam warna. Kampung Ragam Warna ini menjadi destinasi wisata baru yang siap memanjakan wisatawan yang berburu foto instagram.

Memasuki jalanan perkampungan selebar dua meter, pengunjung akan dimanjakan dengan aneka lukisan warna-warni di tiap tembok dan atap rumah warga. Ada lukisan berupa tokoh kartun, animasi, pemandangan alam, atau abstrak.

10. Desa Wisata Gondang

Di Kendal, selain memiliki banyak wisata alam sebagai hiburan yang menyenangkan juga terdapat desa wisata yang memiliki nilai edukatif tinggi. Sebut saja salah satunya Desa Wisata Gondang.

Di Desa wisata ini tersedia wisata menanam padi, membajak sawah dan memandikan kerbau. Pengunjung diajak turun ke sawah untuk belajar membajak dengan kerbau, setelah tanah siap kemudian dilanjutkan menanam padi dengan teknik tandur (menanam secara mundur).

Setelah lelah menanam padi pengujung diajak ke sungai untuk membantu petani memandikan kerbau , jangan takut; kerbaunya sudah jinak kok. Dijamin para pengunjung akan merasakan sensasi belajar sambil bermain.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 12 November 2019 - 09:14 WIB

Ini Saham-saham Pilihan Pemodal Hari Ini

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG kembali menguji support lower bollinger bands dan -2 Standart Deviasi regresi trend bearish jangka pendek yang berada dikisaran 6120.

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 12 November 2019 - 09:03 WIB

Ini Saham-saham Pilihan Pemodal Hari Ini

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG kembali menguji support lower bollinger bands dan -2 Standart Deviasi regresi trend bearish jangka pendek yang berada dikisaran 6120.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Selasa, 12 November 2019 - 09:00 WIB

Ancaman Ideologis Terhadap Pancasila Harus Dilawan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan bahwa keberadaan kelompok intoleran di Indonesia bukanlah isapan jempol belaka, namun nyata adanya. Mereka juga adalah sekelompok orang yang…

Gedung Kementerian Pertanian

Selasa, 12 November 2019 - 08:51 WIB

Kementan dan IPB Bangun Kolaborasi Untuk Pertanian 4.0

Jakarta,- Kementerian Pertanian (Kementan) berkolaborasi dengan IPB (Institut Pertanian Bogor) beserta jajarannya untuk bangun pertanian menuju era 4.0. Dalam kunjungannya, rektor IPB beserta…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan IPB

Selasa, 12 November 2019 - 08:20 WIB

Mentan Syahrul Harapkan Dukungan IPB Terkait Program Pertanian

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan dukungan penuh dari perguruan tinggi dan dunia pendidikan terhadap pembangunan pertanian ke depan. Hal ini dikatakan Syahrul…