BNI Syariah Siapkan Dana Tunai Rp 1,7 T di Lebaran 2019

Oleh : Wiyanto | Jumat, 17 Mei 2019 - 19:34 WIB

Mata uang Rupiah (Foto Ist)
Mata uang Rupiah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - BNI Syariah memproyeksi kebutuhan dana selama Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H sebesar Rp 1,7 triliun. Dari jumlah ini diperkirakan kebutuhan uang baru sebesar Rp 264 miliar. Persiapan dana ini memperhatikan kebutuhan dana dan transaksional selama libur Lebaran 2019.

Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto mengatakan BNI Syariah siap melayani kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H dalam transaksi keuangan termasuk penukaran uang pecahan lebih kecil.

Untuk melayani masyarakat dalam penukaran uang pada saat Ramadhan dan Lebaran, BNI Syariah menggelar penukaran uang di Mobil Layanan Gerak BNI Syariah di kawasan Monas, Jakarta (17/05). Acara ini dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi dan Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto.

Selain di Monas, layanan penukaran uang BNI Syariah juga bisa dinikmati masyarakat di Museum Kota selama 5 hari kerja dari 20 Mei 2019-24 Mei 2019. Penukaran uang juga bisa dilakukan di 10 titik kantor cabang atau kantor cabang pembantu BNI Syariah di Jabodetabek.

Sebanyak 10 titik ini diantaranya adalah di kantor cabang Bekasi, Jakarta Barat, Tangerang, Depok, BSD, Bogor, Karawang, Tanah Sareal, Kantor Cabang Pembantu Harco Mangga Dua dan Tebet.

Dalam acara penukaran uang di Monas, Museum Bank Indonesia (BI) dan 10 cabang yang ada di Jabodetabek, BNI Syariah menargetkan sebanyak 100 orang bisa melakukan penukaran uang per hari.

“Nasabah sudah bisa melakukan penukaran pada 13-29 Mei 2019,” kata Wahyu, di acara Kunjungan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) dalam kegiatan Kas Keliling Terpadu BI bersama perbankan di IRTI Monas, Jumat (17/5).

BNI Syariah merupakan bank syariah yang ditunjuk oleh Bank Indonesia untuk turut melayani penukaran uang di event ini. Acara penukaran uang BNI Syariah di Monas dibuka dari pukul 09.00 WIB-14.00 WIB

Wahyu memperkirakan untuk Jabodetabek, kebutuhan uang mencapai Rp 370 miliar. Jumlah dana yang disiapkan pada Ramadhan dan Lebaran 2019 ini seluruhnya untuk kebutuhan cabang. Selain itu, sebagian juga untuk kebutuhan di 4 unit Mobil Layanan Gerak (BLG) wilayah Jabodetabek.

Kenaikan kebutuhan dana di Jabodetabek pada Ramadhan dan Lebaran 2019 ini disebabkan karena dua faktor. Pertama adalah makin banyaknya kenaikan Tunjangan Hari Raya (THR) PNS dan digabung dengan gaji ke-13.

Faktor kedua adalah karena kebutuhan uang kecil yang makin banyak. Untuk mengatasi kenaikan permintaan uang tunai menjelang dan pada saat Lebaran, BNI Syariah sudah melakukan antisipasi dengan membuka pelayanan penukaran uang yang cukup panjang di Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Cabang Utama yaitu dari 13 Mei 2019 sampai 29 Mei 2019.

Untuk mengoptimalkan transaksi dan pelayanan kepada nasabah, BNI Syariah juga mengoptimalkan mobile dan e-banking untuk kebutuhan Lebaran ini. Layanan digital banking ini diharapkan bisa memudahkan nasabah dalam bertransaksi kapanpun dan dimanapun dalam melayani nasabah ketika bertransaksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Duta Pertiwi Nusantara

Selasa, 18 Juni 2019 - 16:40 WIB

Juni 2019, Duta Pertiwi Nusantara Tentukan Besaran Dividen

Jakarta - PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk menyebutkan untuk tahun buku 2018 Perusahaan belum memutuskan berapa jumlah dividen yang akan dibagikan, penentuannya pada saat RUPS bulan Juni 2019.

Plang Duta Pertiwi Nusantara Tbk

Selasa, 18 Juni 2019 - 16:17 WIB

2019, Duta Pertiwi Nusantara Optimis Tumbuh

Jakarta - PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk memproyeksikan Pendapatan Tumbuh mencapai Rp115 miliar dengan laba bersih Rp9 miliar. Pendapatan bersih pada tahun 2018 sebesar Rp 143,38 miliar. Jumlah…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 15:05 WIB

Peran Industri Daur Ulang Dorong Limbah Plastik Punya Nilai Tambah

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan nilai tambah terhadap limbah plastik dan kertas melalui peran industri daur ulang atau recycle industry.

Banjir Sulteng

Selasa, 18 Juni 2019 - 14:05 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Upaya Tanggap Darurat Pascabencana Banjir di Sulawesi Tenggara

Bantuan tanggap darurat disalurkan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya berupa layanan air bersih dan sanitasi, termasuk fasilitas MCK darurat ke lokasi-lokasi pengungsian…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 14:03 WIB

2020, Kementan Fokus Pada SDM dan Infrastruktur Pertanian

Bogor - Kementerian Pertanian (Kementan) akan menfokuskan pada upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pertanian yang berkualitas dan membangun infrastruktur pertanian dalam…