Pengembang Mulai Lirik Bangun Proyek Hunian di Calon Hunian Ibu Kota Baru

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 17 Mei 2019 - 14:44 WIB

Kota Palangkaraya (Ist)
Kota Palangkaraya (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Sejumlah perusahaan properti mengaku siap melebarkan sayap untuk mengembangkan proyek hunian di Pulau Kalimantan jika pemerintah benar-benar akan memindahkan ibu kota ke kawasan tersebut. Saat ini, masing-masing perusahaan masih menunggu kepastian dari pemerintah.

Manajemen PT Ciputra Development Tbk (CTRA) mengungkapkan pihaknya siap melakukan ekspansi dengan menambah ketersediaan lahan (land bank) di Pulau Kalimantan.

"Kalau ada kesempatan, kenapa tidak," ucap Direktur Independen Tulus Santoso kepada awak media belum lama ini.

Ciputra Development kebetulan tidak memiliki land bank di Pulau Kalimantan. Hanya saja, perusahaan memiliki proyek dengan skema kerja sama operasi (KSO) di beberapa kota di Pulau Kalimantan, seperti Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dan Pontianak.

Terkait pendanaan, Tulus mengaku pihaknya belum menentukan sumber dana dan jumlah yang akan digelontorkan untuk membangun hunian di Pulau Kalimantan. Manajemen baru akan merancang secara serius jika ada kepastian dari pemerintah terkait pemindahan ibu kota.

"Saya kira masih terlalu awal, sampai dengan sekarang juga belum ada Rencana Umum Tata Ruang (RUTR)," jelas Tulus.

Senada, manajemen PT Intiland Development Tbk (DILD) juga mengaku siap untuk membangun proyek hunian di Pulau Kalimantan sejalan dengan wacana pemerintah untuk memindahkan ibu kota yang saat ini berada di DKI Jakarta. Namun, perusahaan belum memiliki perencanaan yang matang terkait hal itu.

"Pada dasarnya, kami akan melakukan eksplorasi atas segala kesempatan termasuk jika sudah diputuskan ibu kota baru," terang Sekretaris Perusahaan Intiland Development Theresia Rustandi.

Sama seperti Ciputra Development, Theresia menyatakan pihaknya tak memiliki land bank di Pulau Kalimantan. Ia juga belum mau berspekulasi terkait dana yang dibutuhkan untuk membangun proyek hunian di daerah Kalimantan.

"Kami menunggu (kepastian pemerintah)," imbuh Theresia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berkunjung ke beberapa lokasi yang dianggap cocok untuk menggantikan posisi DKI Jakarta sebagai ibu kota. Jokowi bertandang ke Kaliantan Timur dan Kalimantan Tengah pekan lalu.

Jokowi meninjau Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur yang dinilainya cukup strategis karena berada di antara dua kota besar, yakni Balikpapan dan Samarinda. Sementara di Kalimantan Tengah, Jokowi mengunjungi empat wilayah sekaligus yakni Palangka Raya, Katingan, Gunung Mas, dan Pulang Pisau.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…