Pelni Bakal Berangkatkan 625 Ribu Pemudik Tahun Ini

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 17 Mei 2019 - 11:07 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni bakal melayani 625.599 penumpang pada periode mudik Lebaran tahun ini. Angka tersebut meningkat 3,5 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 604.202 penumpang.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Yahya Kuncoro mengatakan, pihaknya tidak melakukan penambahan armada, namun hanya menambah frekuensi di beberapa lokasi yang terjadi lonjakan jumlah penumpang.

"Pelni tidak menambah armada. Namun akan menambah frekuensi di ruas-ruas prioritas di daerah kantong-kantong penumpang," kata Yahya di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Pada Lebaran tahun 2019 ini, Pelni menyiapkan 26 kapal trayek nusantara dengan 83 pelabuhan singgah melayani 1.239 ruas dengan total kapasitas angkut 33.608 pax atau seat per hari. Pelni juga melayani 46 kapal trayek perintis menyinggahi 305 pelabuhan, 4.620 ruas dengan kapasitas 13.961 pax per hari.

Ruas kantong-kantong penumpang meliputi 3 wilayah pelayanan, yaitu Wilayah Barat di antaranya ruas Batam-Belawan, Sampit-Semarang, Sampit- Surabaya, Kumai-Semarang, Kumai-Surabaya, Batam-Tanjung Priok.

"Pada wilayah ini, Pelni akan mengoperasikan 6 frekuensi reguler, 21 frekuensi tambahan. Totalnya menjadi 27 frekuensi," ujarnya.

Sementara itu, wilayah Tengah terdiri dari ruas Balikpapan-Surabaya, Makassar-Bima, Tarakan-Parepare, Nunukan-Parepare, Makassar-Labuan Bajo, Baubau-Makassar, Kupang-Lewoleba, Balikpapan-Makassar, Bontang-Awarange, Kupang-Makassar, Makassar-Maumere dan Ambon-Baubau.

"Pada ruas ini Pelni mengoperasikan 32 frekuensi reguler, 15 frekuensi tambahan, totalnya ada 47 keberangkatan," ujarnya.

Kemudian Wilayah Timur terdiri ruas Ambon-Bandaneira, Manokwari-Sorong, Jayapura-Biak, Sorong-Manokwari, Manokwari-Biak, Ambon-Tual, dan Biak-Makowari. PELNI mengoperasikan 23 frekuensi reguler, 8 frekuensi tambahan, totalnya menjadi 31 frekuensi keberangkatan. "Dari 3 wilayah ada 61 frekuensi reguler, 44 frekuensi tambahan, totalnya 105 keberangkatan," pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 22:00 WIB

Garuda Indonesia Perkuat Kerja Sama Codeshare Jaringan Penerbangan Domestik

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama “codeshare” dengan maskapai global yang menjadi mitranya khususnya untuk penerbangan di domestik yang dioperasikan…

Bukalapak Raih Penghargaan HR Asia Award 2019

Selasa, 18 Juni 2019 - 20:35 WIB

Bukalapak Raih Penghargaan HR Asia Award 2019

Bukalapak dianugerahi penghargaan HR Asia: Best Companies to Work for in Asia 2019 oleh HR Asia, sekaligus menjadikan Bukalapak sebagai satu-satunya perusahaan online marketplace Indonesia yang…

BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas (Foto Rino)

Selasa, 18 Juni 2019 - 20:14 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan kinerja positif dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang pendidikan. Sepanjang triwulan I tahun…

Koperasi Mitra Tani Parahyangan, Cianjur akan mengembangan produksi jagung melalui sistem perubahan pola tanam dan pola panen.

Selasa, 18 Juni 2019 - 19:25 WIB

Cara Ini Koperasi Mitra Tani Parahyangan Sukses Kembangkan Jagung

Koperasi Mitra Tani Parahyangan, Cianjur akan mengembangan produksi jagung melalui sistem perubahan pola tanam dan pola panen. Pengembangan ini seiring dengan permintaan yang terus meningkat,…

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) untuk kedua kalinya kembali mendukung Borobudur Marathon

Selasa, 18 Juni 2019 - 19:11 WIB

Generali Kembali Berikan Proteksi Pelari Borobudur Marathon

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) untuk kedua kalinya kembali mendukung Borobudur Marathon, salah satu event marathon berskala internasional yang berhasil mencuri perhatian…