Tokocrypto Siap Jadi Indonesia Gateway Untuk Stablecoin

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 Mei 2019 - 19:49 WIB

COO Digix, Shaun Dije dan CEO Tokocrypto, Pang Xue Kai (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
COO Digix, Shaun Dije dan CEO Tokocrypto, Pang Xue Kai (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Tokocrypto, platform jual beli aset kripto terdepan di Indonesia, kembali menghadirkan koin baru. Bukan satu, namun 5 koin baru sekaligus, yaitu Gemini Dollar (GUSD), Paxos Standard Token (PAX), TrueUSD (TUSD), USD Coin (USDC), dan Tether (USDT), dan akan mulai diperdagangkan untuk publik pada 16 Mei 2019. Kelima koin ini merupakan stablecoin berbasis Dollar Amerika Serikat, melengkapi stablecoin lain yang telah hadir sebelumnya, yaitu Digix (DGX), token berbasis emas.

“Tokocrypto membuka halaman baru di Q2 2019 dengan menghadirkan 5 stablecoin dalam platform kami, yaitu GUSD, PAX, TUSD, USDC, dan USDT, melengkapi DGX yang telah hadir pada Desember 2018. Dengan kehadiran stablecoin baru ini, Tokocrypto siap menjadi gateway untuk stablecoin di Indonesia,” ujar Pang Xue Kai, CEO Tokocrypto di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Stablecoin sendiri merupakan aset kripto yang dijamin dengan nilai dari aset dasar yang mendukungnya. Aset dasar itu sendiri dapat bervariasi tergantung masing-masing koin, dapat berupa mata uang yang sah seperti Dollar Amerika, atau logam mulia seperti emas, dengan rasio nilai 1:1.

DGX yang telah terlebih dahulu diperdagangkan di Tokocrypto misalnya, memiliki aset emas dibelakangnya, sehingga harga 1 DGX setara dengan harga 1 gram emas. Sementara GUSD, TUSD, PAX, USDC, dan USDT merupakan koin berbasis mata uang Amerika Serikat. Nilai masing-masing koin tersebut setara dengan US$1, atau setara dengan Rp14.300.

Saat ini, kelima koin baru yang diperdagangkan di Tokocrypto merupakan stablecoin favorit ditilik dari marketcap mereka. USDT yang merupakan stablecoin berbasis USD terfavorit kini berada di peringkat 8 coinmarketcap dengan marketcap lebih dari US$2,8 miliar, disusul USDC yang saat ini berada diperingkat 28 dengan market cap sebesar US$314,9 juta. TUSD sendiri memiliki volume transaksi sebesar US$234,7 juta dan kini berada di peringkat ke-36. Dua koin lainnya, PAX dan GUSD masing-masing berada di peringkat 39 dan 147.

Stablecoin dan Pemanfaatannya

Seperti yang kita ketahui, pasar aset kripto sangat sulit diprediksi dan sangat fluktuatif. Sebuah aset kripto yang hari ini diprediksi memiliki masa depan cerah, dapat berubah menjadi aset yang tidak memiliki nilai apapun dalam hitungan bulan. Belum lagi ketiadaan aset fisik di bilakangnya yang dapat menopang harga menjadi permasalahan tersendiri.

Kehadiran stablecoin diharapkan dapat memberikan solusi terhadap dua isu besar tersebut. Sempat disangsikan di awal kehadirannya, stablecoin memulai memperoleh kepercayaan publik, dan kini dianggap sebagai masa depan dari dunia aset kripto.
Stablecoin sejauh terbukti bermanfaat bagi dunia aset kripto karena membantu menghilangkan ketergantungan pada mata uang fiat sebagai dasar untuk perdagangan dan tidak memiliki volatilitas ekstrim.

“Stablecoin tidak terpengaruh oleh volatilitas ekstrim dari aset kripto, membuatnya dinilai lebih cocok menjadi alat pembayaran maupun perdegangan, yang disisi lain didukung oleh teknologi terkini dari blockchain layaknya aset kripto lainnya,” tutup Kai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Holding Perkebunan Nusantara

Kamis, 04 Juni 2020 - 13:30 WIB

Holding Perkebunan Nusantara Targetkan Produksi Gula Capai 1 Juta Ton

Holding Perkebunan Nusantara optimistis menargetkan 1 juta ton produksi gula di anak perusahaan (PTPN Gula) dalam musim giling tebu tahun ini. Pelaksanaan giling tebu tersebut dilaksanakan sesuai…

Ilustrasi Migas (ist)

Kamis, 04 Juni 2020 - 13:13 WIB

Gubernur Maluku Serahkan SK Penetapan Lokasi Pelabuhan Kilang LNG Abadi Kepada SKK Migas

Sesuai peraturan yang berlaku Pemerintah Provinsi diberi kewenangan untuk menerbitkan SK penetapan lokasi pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum dimana infrastruktur minyak…

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Layani Perizinan tutup dua minggu

Kamis, 04 Juni 2020 - 13:11 WIB

Tolong Catat! Ini Tata Cara Permohonan SIKM secara Umum

Jakarta- Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra dalam keterangan tertulis (3/6/2020) memaparkan beberapa langkah yang…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Kamis, 04 Juni 2020 - 13:00 WIB

Catat, PSBB Jakarta Resmi di Perpanjang, Anies: Ini Masa Transisi belum New Normal

Keputusan untuk memperpanjang massa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, Kamis…

GMF Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

Kamis, 04 Juni 2020 - 13:00 WIB

Bongkar Susunan Direksi dan Komisaris, RUPS GMFI Laporkan Keberhasilan Cetak Laba

Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (“GMF”, Kode emiten: “GMFI”) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 03 Juni 2020. Bertempat di Garuda City Center Bandara…