AA Gym: Tiga Kunci Penting Agar Puasa Lebih Bermakna

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2019 - 15:33 WIB

Aa Gym (Foto Dok Industry.co.id)
Aa Gym (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat, ampunan, dan juga pahala yang berlipat ganda. Tentu dengan catatan kita memanfaatkan bulan Ramadhan dengan hal-hal yang baik dan positif agar puasa kita di bulan suci ini lebih bermakna. Seperti dikatakan oleh Aa Gym dalam salah satu ceramahnya seperti dilansir 101 InspirasiRamadhan, setidaknya ada 3 hal kunci yang bisa kita terapkan agar puasa kita lebih bermakna.

  1. Punya target

Target puasa bukan hanya sekedar puasa full dan tidak bolong-bolong, tapi juga target yang bisa kita penuhi setelah Ramadhan berakhir. Akan lebih baik jika targetnya realistis dan tidak ngoyo atau susah. Apalagi bila dilakukannya di bulan Ramadhan, pasti akan lebih berkesan.

Contohnya: “Saya tidak ingin meninggalkan shalat wajib”, “Tetap berolahraga, setidaknya seminggu 2 kali”. Atau, “Saya ingin memberikan sedekah 2 kali lipat dari tahun lalu.”

  1. Fokus

Fokus merupakan hal positif yang harus kita lakukan terus menerus. Jadi, tidak hanya di bulan Ramadhan saja, kita juga harus  melakukan hal ini hingga sesudah Ramadhan dan seterusnya. Contoh fokus di bulan Ramadhan, yaitu fokus untuk meningkatkan kualitas ibadah. Sama halnya seperti ibadah, di hari-hari biasa, kita juga bisa fokus untuk hal-hal lain, seperti fokus bekerja atau fokus mengurus keluarga.

  1. Ingat kematian

Hal ketiga ini bisa kita sederhanakan menjadi “jangan menyesali keputusan yang kita buat”. Jika kita menganggap hari ini atau jam ini adalah waktu terakhir yang diberikan Allah SWT kepada kita, maka sebaiknya kita memberikan yang terbaik, berpikir matang dan tidak menyakiti hati orang lain.

 Tentu kita ingin bulan Ramadhan juga menjadi momen berharga untuk perbaikan diri, perbaikan ibadah, dan perbaikan-perbaikan lainnya yang membuat kita menjadi manusia yang lebih baik lagi. Jadi, buatlah bulan Ramadhan ini menjadi bermakna dengan hal-hal yang baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…