AA Gym: Tiga Kunci Penting Agar Puasa Lebih Bermakna

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2019 - 15:33 WIB

Aa Gym (Foto Dok Industry.co.id)
Aa Gym (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat, ampunan, dan juga pahala yang berlipat ganda. Tentu dengan catatan kita memanfaatkan bulan Ramadhan dengan hal-hal yang baik dan positif agar puasa kita di bulan suci ini lebih bermakna. Seperti dikatakan oleh Aa Gym dalam salah satu ceramahnya seperti dilansir 101 InspirasiRamadhan, setidaknya ada 3 hal kunci yang bisa kita terapkan agar puasa kita lebih bermakna.

  1. Punya target

Target puasa bukan hanya sekedar puasa full dan tidak bolong-bolong, tapi juga target yang bisa kita penuhi setelah Ramadhan berakhir. Akan lebih baik jika targetnya realistis dan tidak ngoyo atau susah. Apalagi bila dilakukannya di bulan Ramadhan, pasti akan lebih berkesan.

Contohnya: “Saya tidak ingin meninggalkan shalat wajib”, “Tetap berolahraga, setidaknya seminggu 2 kali”. Atau, “Saya ingin memberikan sedekah 2 kali lipat dari tahun lalu.”

  1. Fokus

Fokus merupakan hal positif yang harus kita lakukan terus menerus. Jadi, tidak hanya di bulan Ramadhan saja, kita juga harus  melakukan hal ini hingga sesudah Ramadhan dan seterusnya. Contoh fokus di bulan Ramadhan, yaitu fokus untuk meningkatkan kualitas ibadah. Sama halnya seperti ibadah, di hari-hari biasa, kita juga bisa fokus untuk hal-hal lain, seperti fokus bekerja atau fokus mengurus keluarga.

  1. Ingat kematian

Hal ketiga ini bisa kita sederhanakan menjadi “jangan menyesali keputusan yang kita buat”. Jika kita menganggap hari ini atau jam ini adalah waktu terakhir yang diberikan Allah SWT kepada kita, maka sebaiknya kita memberikan yang terbaik, berpikir matang dan tidak menyakiti hati orang lain.

 Tentu kita ingin bulan Ramadhan juga menjadi momen berharga untuk perbaikan diri, perbaikan ibadah, dan perbaikan-perbaikan lainnya yang membuat kita menjadi manusia yang lebih baik lagi. Jadi, buatlah bulan Ramadhan ini menjadi bermakna dengan hal-hal yang baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

realme X2 Pro

Selasa, 19 November 2019 - 20:57 WIB

Rasakan Tampilan Terhalus Smartphone Flagship realme X2 Pro dengan Layar 90Hz dan Snapdragon 855+

Smartphone ini membawa standar baru ke dunia perponselan antara lain melalui kamera 64MP, In-display fingerprint, VOOC Flash Charge 3.0, dan desain trendi.

Samsung Memenangkan 46 CES 2020 Innovation Award

Selasa, 19 November 2019 - 20:45 WIB

Sebanyak 46 Inovasi Terbaru Samsung Menangkan CES 2020 Innovation Award

Samsung Electronics, pemimpin teknologi global, baru-baru ini mengumumkan bahwa 46 inovasi produk terbarunya telah mendapat pengakuan sebagai pemenang CES 2020 Innovation Awards, termasuk tiga…

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Sleman

Selasa, 19 November 2019 - 20:31 WIB

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Sleman

PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan CV Kharisma Motor memperluas jaringan dengan pembukaan diler terbaru di Sleman, Yogyakarta untuk memberikan produk dan layanan berkualitas terbaik di…

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menegaskan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) Dekopin adalah wilayah civil society

Selasa, 19 November 2019 - 20:29 WIB

Terima Pengurus Dekopin yang Sah, Teten Masduki: Munas Itu Wilayah Dekopin

Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menegaskan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) Dekopin adalah wilayah civil society yang tidak bisa dimasuki oleh negara. Sesuai…

METI Kembali Gelar Indo EBTKE ConEX

Selasa, 19 November 2019 - 20:20 WIB

Konsisten Dukung Industri Energi Terbarukan, METI Kembali Gelar Indo EBTKE ConEX

Mengambil tema “Energy Transition Towards Sustainable Energy Era”, Indo EBTKE ConEX 2019 menekankan pada transisi dari energi fosil ke energi terbarukan yang lebih berkesinambungan.