AA Gym: Tiga Kunci Penting Agar Puasa Lebih Bermakna

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2019 - 15:33 WIB

Aa Gym (Foto Dok Industry.co.id)
Aa Gym (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat, ampunan, dan juga pahala yang berlipat ganda. Tentu dengan catatan kita memanfaatkan bulan Ramadhan dengan hal-hal yang baik dan positif agar puasa kita di bulan suci ini lebih bermakna. Seperti dikatakan oleh Aa Gym dalam salah satu ceramahnya seperti dilansir 101 InspirasiRamadhan, setidaknya ada 3 hal kunci yang bisa kita terapkan agar puasa kita lebih bermakna.

  1. Punya target

Target puasa bukan hanya sekedar puasa full dan tidak bolong-bolong, tapi juga target yang bisa kita penuhi setelah Ramadhan berakhir. Akan lebih baik jika targetnya realistis dan tidak ngoyo atau susah. Apalagi bila dilakukannya di bulan Ramadhan, pasti akan lebih berkesan.

Contohnya: “Saya tidak ingin meninggalkan shalat wajib”, “Tetap berolahraga, setidaknya seminggu 2 kali”. Atau, “Saya ingin memberikan sedekah 2 kali lipat dari tahun lalu.”

  1. Fokus

Fokus merupakan hal positif yang harus kita lakukan terus menerus. Jadi, tidak hanya di bulan Ramadhan saja, kita juga harus  melakukan hal ini hingga sesudah Ramadhan dan seterusnya. Contoh fokus di bulan Ramadhan, yaitu fokus untuk meningkatkan kualitas ibadah. Sama halnya seperti ibadah, di hari-hari biasa, kita juga bisa fokus untuk hal-hal lain, seperti fokus bekerja atau fokus mengurus keluarga.

  1. Ingat kematian

Hal ketiga ini bisa kita sederhanakan menjadi “jangan menyesali keputusan yang kita buat”. Jika kita menganggap hari ini atau jam ini adalah waktu terakhir yang diberikan Allah SWT kepada kita, maka sebaiknya kita memberikan yang terbaik, berpikir matang dan tidak menyakiti hati orang lain.

 Tentu kita ingin bulan Ramadhan juga menjadi momen berharga untuk perbaikan diri, perbaikan ibadah, dan perbaikan-perbaikan lainnya yang membuat kita menjadi manusia yang lebih baik lagi. Jadi, buatlah bulan Ramadhan ini menjadi bermakna dengan hal-hal yang baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:50 WIB

OJK Monitor Mitigasi IT Bank Mandiri

Jakarta - OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur BoT Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:13 WIB

OJK, Bank Sentral Thailand Kerjasamakan Pengaturan Pinjaman Online

Bangkok - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua…

Alice Norin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:00 WIB

Alice Norin Akhirnya Main Film Horor

Tidak pernah sedikitpun kepikiran untuk bisa main film horor, karena sebelumnya ia selalu menolak main film setan-setanan. Tapi lantaran atas nama persahabatan dengan Shandy Aulia, akhirnya…

Pure Saturday menyapa dan menghibur para pengunjung di booth Suzuki GIIAS 2019

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:50 WIB

Suzuki Setia Menemani Keseharian Personel Band Pure Saturday

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meriahkan panggung booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan penampilan Pure Saturday.

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:30 WIB

Jimny Hadir Dengan Konsep "Functional Beauty, Designed for Professionals"

Jimny merupakan mobil legendaris yang diperkenalkan oleh Suzuki dan telah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Mengaspal sejak tahun 1979 di Indonesia, Jimny telah melalui tiga generasi dengan…