Dongkrak Investasi, Pemprov Jateng Pacu Pengoperasian Pelabuhan Internasional di KIK

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 Mei 2019 - 18:05 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Semarang — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mendorong akselerasi pembangunan dan pengoperasian pelabuhan bertaraf internasional untuk mendukung pertumbuhan investasi di Kawasan Industri Kendal (KIK).

"Pembangunan pelabuhannya dipercepat dan produksinya meningkat, bisa untuk mendukung pertumbuhan investasi di Kawasan Industri Kendal," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin di Kota Semarang, Jawa Tengah (14/5/2019) kemarin.

Ia menyebutkan berdasarkan penilaian pemerintah pusat, pertumbuhan investasi di Kawasan Industri Kendal relatif cepat di antara 17 kawasan industri prioritas lainnya. Apalagi, saat ini, sudah ada puluhan investor yang bergabung dengan kawasan industri itu.

Menurut Yasin, salah satu faktor penentu percepatan investasi di Kawasan Industri Kendal adalah kehadiran Pelabuhan Internasional Kendal yang dibangun dan dioperasikan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) bersama operator pelabuhan asal Singapura, serta perusahaan konstruksi asal Tiongkok.

Terkait dengan hal tersebut, Pemprov Jateng akan membantu berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan guna pengembangan Pelabuhan Kendal.

"Secara perencanaan dan tata ruang, kita sebenarnya sudah mendukung untuk pelabuhan. Kami bantu koordinasikan lagi dengan kementerian untuk melakukan percepatan pelabuhan ini," ungkap pria yang sering disapa Gus Yasin.

Selain itu, dengan pembangunan dan pengoperasian Pelabuhan Internasional Kendal akan membuat para investor berorientasi mengekspor berbagai produknya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…