Dongkrak Investasi, Pemprov Jateng Pacu Pengoperasian Pelabuhan Internasional di KIK

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 Mei 2019 - 18:05 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Semarang — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mendorong akselerasi pembangunan dan pengoperasian pelabuhan bertaraf internasional untuk mendukung pertumbuhan investasi di Kawasan Industri Kendal (KIK).

"Pembangunan pelabuhannya dipercepat dan produksinya meningkat, bisa untuk mendukung pertumbuhan investasi di Kawasan Industri Kendal," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin di Kota Semarang, Jawa Tengah (14/5/2019) kemarin.

Ia menyebutkan berdasarkan penilaian pemerintah pusat, pertumbuhan investasi di Kawasan Industri Kendal relatif cepat di antara 17 kawasan industri prioritas lainnya. Apalagi, saat ini, sudah ada puluhan investor yang bergabung dengan kawasan industri itu.

Menurut Yasin, salah satu faktor penentu percepatan investasi di Kawasan Industri Kendal adalah kehadiran Pelabuhan Internasional Kendal yang dibangun dan dioperasikan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) bersama operator pelabuhan asal Singapura, serta perusahaan konstruksi asal Tiongkok.

Terkait dengan hal tersebut, Pemprov Jateng akan membantu berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan guna pengembangan Pelabuhan Kendal.

"Secara perencanaan dan tata ruang, kita sebenarnya sudah mendukung untuk pelabuhan. Kami bantu koordinasikan lagi dengan kementerian untuk melakukan percepatan pelabuhan ini," ungkap pria yang sering disapa Gus Yasin.

Selain itu, dengan pembangunan dan pengoperasian Pelabuhan Internasional Kendal akan membuat para investor berorientasi mengekspor berbagai produknya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).