KAI Tegaskan Tidak Ada Kereta Tambahan Mudik Lebaran 2019

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 15 Mei 2019 - 10:01 WIB

Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro (bj)
Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro (bj)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memastikan tak akan mengalokasikan kereta tambahan lagi untuk angkutan Lebaran 2019. Dirut KAI Edi Sukmoro mengatakan, kereta tambahan sudah digelontorkan sejak H-60 Lebaran sebanyak 50 perjalanan per hari.

"Tiket tambahan sudah dijual H-60. Itu adalah 50 perjalanan kereta api. Dan ya totalnya sudah kita hitung semuanya," kata Edi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Dia mengatakan, pihaknya sudah tak memiliki ruang untuk menyediakan kereta tambahan untuk Lebaran walaupun disadari permintaan tiket kereta masih tinggi.

"Kalau kereta kan nggak seperti pesawat terbang. Kalau kurang dia (pesawat) bisa sewa dari Singapura terbang ke sini. Lah kalau kereta kan gimana ngangkutnya dari luar negeri. Jadi armada yang sudah dikerahkan semua ini sudah habis," paparnya.

Dia mengatakan, pihaknya tak bisa memaksakan mengerahkan seluruh armada untuk melayani mudik. Pasalnya tetap harus ada yang disiapkan sebagai cadangan.

"Jadi itulah maksimum yang kita punya. Karena di samping armada yang memang disiapkan untuk operasi Lebaran kan harus ada cadangan, kalau ada apa-apa kasihan," tambahnya.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…