Ini Upaya Kemenperin Bawa IKM Komponen Otomotif Terapkan Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Selasa, 14 Mei 2019 - 11:15 WIB

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih (Ridwan)
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih (Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali menggelar kegiatan 'Workshop Implementasi Industri 4.0 pada IKM Komponen Otomotif'. 

Workshop ini digelar dalam upaya meningkatkan daya saing IKM di era Industri 4.0 khususnya sektor komponen otomotif.

"Ini merupakan upaya nyata Kemenperin dalam mendukung kesiapan IKM komponen otomotif di era Industri 4.0," kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih di sela pembukaan Workshop di Jakarta, Selasa (14/5).

Dijelaskan Gati, dalam workshop kali ini, para IKM akan dekenalkan lebih dalam terkait tools IOT dan ERP, serta membantu dalam menentukan tools yang tepat sebagai prioritas untuk diterapkan dalam prosea produksi.

Tidak hanya itu, tambah Gati, workshop ini juga dilaksanakan dalam rangka menginformasikan INDI 4.0 dan hasil asesmen yang telah diisi oleh IKM komponen otomotif mengenai tingkat kesiapan IKM dalam menuju industri 4.0.

"Pada workshop ini juga akan disampaikan rencana pilot project implementasi industri 4.0 bagi IKM komponen otomotif," terangnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, keberadaan IKM komponen otomotif dalam rantai pasok industri otomotif nasional memiliki peran strategis sebagai supplier yang memproduksi komponen maupun aksesoris mobil dan motor yang telah memenuhi standar kualitas APM. 

Selain itu, IKM juga telah membuktikan kemampuannya dalam berinovasi dan melakukan pengembangan produk untuk dapat diserap APM. 

Tercatat, pada tahun 2018 produksi kendaraan roda empat atau lebih mencapai angka 1,34 juta unit, dengan total unit penjualan di dalam negeri sebesar 1,15 juta unit. 

Menurutnya, agar industri otomotif semakin kompetitif, maka tingkat komponen dalam negeri perlu ditingkatkan. 

"Hal ini akan membuka peluang lebih luas bagi IKM untuk mengisinya, terlebih apabila didukung dengan peningkatan produktivitas melalui implementasi industri 4.0 dalam menunjang proses produksi," papar Gati.

Gati berharap melalui kegiatan workshop ini dapat membawa kemajuan bagi perkembangan industri otomotif dalam negeri, dan khususnya bagi penguatan IKM alat angkut melalui implementasi industri 4.0. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arc by Crown Group

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:30 WIB

Dua Menara Megah Crown Group Sabet Penghargaan Bergengsi dalam UDIA NSW Awards 2019

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group berhasil meraih penghargaan bergengsi untuk dua proyek huniannya di Sydney pada perhelatan UDIA NSW Awards for Excellence 2019, akhir…

Suryadi Willim, Marcomm Manager Evercoss

Senin, 19 Agustus 2019 - 13:41 WIB

Evercoss Optimis Validasi IMEI Berdampak Positif Terhadap Pertumbuhan Industri Ponsel Tanah Air

EVERCOSS brand smartphone nasional yang masih eksis di pasaran optimis terhadap rencana validasi IMEI akan berdampak positif terhadap industri smartphone tanah air.

Said meminta pemerintah agar mengurungkan niatnya membuat kebijakan tax amnesty jilid II ini

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:53 WIB

Wakil Banggar DPR RI Meminta Pemerintah Menyiapkan Grand Strategi Mengantisipasi Dampak Perang Dagang AS dan China

Jakarta-Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah memperkirakan tekanan terhadap nilai tukar rupiah masih belum mereda sebagai dampak dari kondisi ekonomi global yang belum membaik.

Keyboard Gaming G813 LIGHTSYNC RGB 

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:20 WIB

Logitech G Hadirkan Keyboard Gaming Dimensi Baru di Dunia Game G813 LIGHTSYNC RGB 

Logitech G sebuah brand dari Logitech, inovator terkemuka dari produk dan teknologi gaming mengumumkan keyboard gaming dengan performa tinggi, Logitech G813 LIGHTSYNC RGB Mechanical Gaming Keyboard.…

Pameran Foto Rekam Jakarta

Senin, 19 Agustus 2019 - 11:52 WIB

OPPO Kolaborasi Dengan Pewarta Foto Gelar Pameran Foto Rekam Jakarta

OPPO, vendor smartphone yang dikenal melalui inovasi teknologi dan desain, mendukung Pewarta Foto Indonesia Jakarta untuk menyelenggarakan “Rekam Jakarta”, sebuah pameran foto tahunan…