Catat! Tren Jual - Beli Properti Bergeser ke Online

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 14 Mei 2019 - 10:08 WIB

Jajaran manajemen OLX dalam acara dinamika industri properti di era Industri 4.0
Jajaran manajemen OLX dalam acara dinamika industri properti di era Industri 4.0

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Head of Real Estate Category OLX Indonesia, Ignasius Ryan mengatakan saat ini para pencari properti lebih cendrung memanfaatkan mesin digital atau sudah bergesar ke arah online.  Hal tersebut dikarenakan lebih menjangkau ke berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

“Tren jual beli properti jaman sekarang sudah mulai bergeser ke online, contohnya ketika masyarakat ingin membeli rumah, maka dia akan memulai browsing ke internet dan mencari properti yang diinginkan,” kata Ignasius di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Ia pun menambahkan, selain pola konsumen yang banyak mencari informasi di situs online, pergeseran tren jual beli properti juga terlihat dari data yang dikumpulkan oleh OLX itu sendiri.

Menurut data hasil riset yang dilakukan OLX menunjukkan, dalam sebulan, rata-rata terdapat 335 ribu iklan properti baru yang dipasang oleh 92 ribu penjual.

Maka artinya baru sekitar 10 persen dari iklan yang masuk adalah iklan properti. Dari jumlah iklan tersebut, ada 610 ribu calon pembeli properti setiap bulannya dengan jumlah yang terjual sebanyak 72 ribu.

Sedangkan dari segi behavior (Perilaku), Ignasius mengatakan sudah ada sekitar 81 persen calon pembeli yang menggunakan fitur pencarian, sisanya menggunakan fitur filter baik dari kota, harga hingga filter yang lebih spesifik terhadap properti tersebu.

Salah satunya adalah pencarian kata rumah murah, sedangkan untuk kategori harga rumah yang paling banyak dilihat oleh para konsumen berada di kisaran Rp200 hingga 900 juta per unit.

"Rumah murah menjadi salah satu kata kunci yang paling dicari saat ini oleh para konsumen OLX," ujar Ignasius

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 28 Januari 2020 - 13:17 WIB

BEI Siap Bimbing IPO Perusahaan Terdaftar di BKPM

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meniai adanya kerjasama dengan Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) dapat memperkuat perekonomian kedepannya.

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Selasa, 28 Januari 2020 - 13:00 WIB

Terkait Wabah Corona, Bali Kintamani Festival Diundur Pelaksanaannya

Pemerintah Provinsi Bali memutuskan untuk mengundurkan pelaksanaan "Bali Kintamani Festival" yang sedianya digelar 8 Februari 2020, menyusul mewabahnya virus corona.

Petani sedang garap sawah menggunakan traktor

Selasa, 28 Januari 2020 - 12:52 WIB

ProPaktani: Program Luncuran Kementan Kembangkan Korporasi Petani

Sebagai langkah nyata penyediaan pangan bagi 267 jiwa sebagaimana arahan Presiden Jokowi, Kementerian Pertanian mulai menentukan langkah-langkah kebijakan dengan pendekatan berbasis kawasan.…

Tingkatkan Industri Pariwisata, SBD Terus Percantik Diri

Selasa, 28 Januari 2020 - 12:00 WIB

Tingkatkan Industri Pariwisata, SBD Terus Percantik Diri

Kabupaten Sumba Barat Daya atau biasa disingkat SBD adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan ibukota Tambolaka, terkenal memiliki banyak pantai pasir putih yang masih…

Metrodata (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 28 Januari 2020 - 11:18 WIB

Penjualan Capai Rp 15 Triliun, Metrodata Kian Optimis Memasuki Tahun 2020

Bertepatan dengan ulang tahun ke 45 ini, MTDL terus bertransformasi menjadi Digital Solution & Distribution Company, yang bermitra dengan lebih dari 100 merek produk TIK terkemuka. Hal ini sejalan…