Catat! Tren Jual - Beli Properti Bergeser ke Online

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 14 Mei 2019 - 10:08 WIB

Jajaran manajemen OLX dalam acara dinamika industri properti di era Industri 4.0
Jajaran manajemen OLX dalam acara dinamika industri properti di era Industri 4.0

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Head of Real Estate Category OLX Indonesia, Ignasius Ryan mengatakan saat ini para pencari properti lebih cendrung memanfaatkan mesin digital atau sudah bergesar ke arah online.  Hal tersebut dikarenakan lebih menjangkau ke berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

“Tren jual beli properti jaman sekarang sudah mulai bergeser ke online, contohnya ketika masyarakat ingin membeli rumah, maka dia akan memulai browsing ke internet dan mencari properti yang diinginkan,” kata Ignasius di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Ia pun menambahkan, selain pola konsumen yang banyak mencari informasi di situs online, pergeseran tren jual beli properti juga terlihat dari data yang dikumpulkan oleh OLX itu sendiri.

Menurut data hasil riset yang dilakukan OLX menunjukkan, dalam sebulan, rata-rata terdapat 335 ribu iklan properti baru yang dipasang oleh 92 ribu penjual.

Maka artinya baru sekitar 10 persen dari iklan yang masuk adalah iklan properti. Dari jumlah iklan tersebut, ada 610 ribu calon pembeli properti setiap bulannya dengan jumlah yang terjual sebanyak 72 ribu.

Sedangkan dari segi behavior (Perilaku), Ignasius mengatakan sudah ada sekitar 81 persen calon pembeli yang menggunakan fitur pencarian, sisanya menggunakan fitur filter baik dari kota, harga hingga filter yang lebih spesifik terhadap properti tersebu.

Salah satunya adalah pencarian kata rumah murah, sedangkan untuk kategori harga rumah yang paling banyak dilihat oleh para konsumen berada di kisaran Rp200 hingga 900 juta per unit.

"Rumah murah menjadi salah satu kata kunci yang paling dicari saat ini oleh para konsumen OLX," ujar Ignasius

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suryadi Willim, Marcomm Manager Evercoss

Senin, 19 Agustus 2019 - 13:41 WIB

Evercoss Optimis Validasi IMEI Berdampak Positif Terhadap Pertumbuhan Industri Ponsel Tanah Air

EVERCOSS brand smartphone nasional yang masih eksis di pasaran optimis terhadap rencana validasi IMEI akan berdampak positif terhadap industri smartphone tanah air.

Said meminta pemerintah agar mengurungkan niatnya membuat kebijakan tax amnesty jilid II ini

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:53 WIB

Wakil Banggar DPR RI Meminta Pemerintah Menyiapkan Grand Strategi Mengantisipasi Dampak Perang Dagang AS dan China

Jakarta-Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah memperkirakan tekanan terhadap nilai tukar rupiah masih belum mereda sebagai dampak dari kondisi ekonomi global yang belum membaik.

Keyboard Gaming G813 LIGHTSYNC RGB 

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:20 WIB

Logitech G Hadirkan Keyboard Gaming Dimensi Baru di Dunia Game G813 LIGHTSYNC RGB 

Logitech G sebuah brand dari Logitech, inovator terkemuka dari produk dan teknologi gaming mengumumkan keyboard gaming dengan performa tinggi, Logitech G813 LIGHTSYNC RGB Mechanical Gaming Keyboard.…

Pameran Foto Rekam Jakarta

Senin, 19 Agustus 2019 - 11:52 WIB

OPPO Kolaborasi Dengan Pewarta Foto Gelar Pameran Foto Rekam Jakarta

OPPO, vendor smartphone yang dikenal melalui inovasi teknologi dan desain, mendukung Pewarta Foto Indonesia Jakarta untuk menyelenggarakan “Rekam Jakarta”, sebuah pameran foto tahunan…

BRI apresiasi Paskibraka

Senin, 19 Agustus 2019 - 11:42 WIB

BRI Apresiasi Prestasi Para Paskibraka Nasional

Jakarta – Bank BRI kembali memberikan apresiasi kepada Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2019 yang telah mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara pada…