PTPN X Perluas Area Kebun Tembakau 510 Hektar

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 Mei 2019 - 17:00 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Perkebunan Nusantara X (Persero) menargetkan areal tanam tembakau pada 2019 seluas 510 hektare dengan jumlah produksi diproyeksikan 9.460 ton dan produktivitas rata-rata 18,55 ton per hektare.

Kegiatan tanam perdana tembakau dilakukan Direktur Operasional PTPN X Aris Toharisman di Kebun Ajong Gayasan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (11/5/2019)

Acara tanam perdana daun hijau (sebutan tembakau) ini sebelumnya didahului dengan sebar pillen yang telah dilakukan pada 4 April 2019.

Menurut Aris Toharisman, PTPN X tahun ini melakukan sejumlah perbaikan pola budi daya yang ditunjang dengan inovasi-inovasi pada sisi pemasaran. Keseluruhan perbaikan itu mengacu pada evaluasi kinerja produksi tahun 2018.

“Perbaikan dan inovasi akan diterapkan di segala hal, baik di sisi on farm (tanaman), pengolahan, manajemen, hingga pemasaran,” kata Aris dalam keterangan tertulisnya.

Hingga triwulan pertama 2019, PTPN X mampu menjual tembakau sejumlah 742 ton ke pasar ekspor dengan membukukan nilai penjualan sebesar Rp109 miliar.

Produk tembakau untuk bahan cerutu itu dikirim ke negara-negara Eropa dan Amerika. Pada tahun ini juga akan ada beberapa pasar baru untuk pengiriman tembakau PTPN X, yaitu Hungaria, Jerman dan Turki.

Aris optimistis target yang dicanangkan perusahaan akan tercapai, karena didukung dengan kualitas tembakau yang selalu terjaga dan sesuai dengan permintaan pasar.

“PTPN X selalu berupaya menjaga kualitas produk tembakaunya, sehingga tembakau yang dihasilkan selalu sesuai dengan permintaan pasar. Saya optimistis target-target tahun 2019 ini mampu tercapai bahkan terlampaui,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Terkait areal tanam, tembakau rencananya ditanam di Kebun Ajong Gayasan dan Kertosari, Jember, seluas 500 hektare dan di Kebun Klaten seluas 10 hektare.

Tembakau yang ditanam adalah jenis Tembakau Bawah Naungan (TBN). Sedangkan untuk target kualitas NW masing-masing Kebun Ajong Gayasan dan Kertosari adalah sebesar 35 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…