Kidventure Academy Membawa Pendidikan Finlandia-Asia ke Jakarta

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 Mei 2019 - 14:19 WIB

Kidventure Academy Membawa Pendidikan Finlandia-Asia ke Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)
Kidventure Academy Membawa Pendidikan Finlandia-Asia ke Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kidventure Academy dan ACE Edventure Group dari Malaysia mengumumkan kolaborasinya di Indonesia yang akan dimulai dengan Kidventure Academy Preschool di Kensington Royal Suites, Kelapa Gading. Program ini merupakan pendidikan perpaduan Finlandia-Asia non-konvensional yang berbasis kewirausahaan untuk anak-anak usia 2-6 tahun.

ACE EdVenture didirikan pada tahun 1955 oleh seorang guru, CEO, dan edupreneur, Anne Tham yang hingga saat ini masih mengelola beberapa pusat bahasa dan dua sekolah internasional, Sri Emas International School dan Dwi Emas International School (Malaysia's first ever entrepreneurial school).

Pendidikan entrepreneurial, yang diajarkan kepada anak-anak melalui Program Powerpreneur, merupakan keistimewaan dari gerakan pendidikan ini dengan keyakinan bahwa keterampilan entrepreneurial adalah yang dibutuhkan untuk kemajuan anak-anak di masa depan. Yulianti Gunawan, ibu dari 4 anak dan juga CEO Kidventure Academy menambahkan, “Entrepreneurship adalah sebuah keahlian dan cara berpikir. Kami sangat bersemangat dalam memberdayakan anak-anak untuk berinovasi, berkreasi dan menggali potensi mereka.”

Dengan 25 tahun rekam jejak yang sukses, ACE EdVenture merupakan pelopor dalam pendidikan non-konvensional yang mengutamakan kegembiraan dan keterlibatan siswanya sekaligus menyiapkan mereka untuk menghadapi ujian yang ketat, sebuah elemen yang masih penting dalam pendidikan di Asia.

Saat diwawancara tentang kolaborasi antara Jakarta dan Finlandia ini, Anne berkata, “Pendidikan di Finlandia yang melibatkan banyak permainan diakui sebagai yang terbaik di dunia, namun konsep ini masih begitu asing untuk orang tua di Asia. Kami (ACE EdVenture) memiliki keahlian dalam pendekatan yang menyenangkan dan holistik untuk pelajaran-pelajaran akademik yang serius tanpa melupakan nilai-nilai Asia. Disinilah kami datang. Bersama-sama, kami membentuk sebuah perpaduan dengan menggabungkan hal-hal terbaik dari kedua pihak. Kami merasa kolaborasi ini akan dapat diterima dengan baik oleh keluarga Asia yang mencari pendidikan berkualitas yang dapat memperlengkapi anak-anak mereka untuk menyongsong masa depan.”

“Melalui sekolah ini diharapkan banyak orang tua mengerti bahwa entrepreneurship mindset dan teknologi bisa diajarkan sejak dini,” tambah Yulianti yang biasa disapa Iyoel.

Komponen-komponen Finlandia yang dapat diharapkan orang tua dari Kidventure Academy adalah pedagogi inti TinyApp (yang dikembangkan oleh Taina Mikkola dan Rintakorpi Kati) dan asisten pedagogis pintar mereka yang membantu guru dan orang tua untuk memvisualisasi pembelajaran dan perkembangan anak mereka.

Selain itu, ada juga Kide Science, sebuah program yang mengajarkan sains melalui permainan untuk anak-anak usia 3 hingga 8 tahun. Sebagai tambahan, pedagogi TinyApp juga akan melibatkan EdTech, seperti mengajarkan anak-anak coding melalui LEGO Education, yang dimulai sejak awal mereka sekolah di Kidventure Academy.

Kidventure Academy Preschool merupakan yang pertama dalam melakukan gerakan kolaborasi ini sebagai suatu bentuk reinvent education di Jakarta. Orangtua dapat menantikan Kidventure Academy untuk SD dan SMP dengan program Finlandia-Asia berbasis entrepreneurial dalam tiga tahun ke depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Ferrari SF90 Stradale (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 15:00 WIB

Tur Eksklusif Ferrari Menjelajahi Capri Pantai Amalfi

Lebih dari 100 mobil Ferrari dari seluruh dunia bertemu di Campania untuk mengikuti Ferrari Cavalcade edisi ke-8

Tifanny Meilianti, Project Manager E-Learning GMT Institute

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:37 WIB

Menguasai Property Management Melalui E-Learning

Di era digitalisasi yang semakin berkembang, kebutuhan akan konsep suatu pembelajaran berbasis teknologi mulai diminati oleh banyak kalangan, mulai dari pendidik hingga pebisnis. 

Ilustrasi Bitcoin (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:00 WIB

Libra Bitcoin

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menjadi pembicara dalam salah satu forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berjudul Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) Day 2019 yang diselenggarakan…

Bedah rumah Kementerian PUPR

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:48 WIB

Tahun 2019, Bedah Rumah Kementerian PUPR Sasar 3.000 Rumah MBR di Bali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki program peningkatan kualitas hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Bantuan Stimulan Stimulan Perumahan…

Panen padi (Ist)

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:35 WIB

Berbagai Cara Petani Siasati Kekeringan

Jakarta - Beberapa wilayah sentra produksi pangan mulai menghadapi ancaman kekeringan dan gagal panen. Namun petani punya cara sendiri menyiasati agar padi yang mereka sudah tanam bisa tetap…