Lion Air Siapkan 20.150 Extra Flight untuk Lebaran 2019

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 10 Mei 2019 - 10:35 WIB

Lion Air (Dok Industry.co.id)
Lion Air (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Maskapai Lion Air Group yang mengoperasikan Wings Air, Batik Air dan Lion Air akan mempersiapkan 20.150 kursi penerbangan tambahan (extra flight) selama masa angkutan Lebaran 2019 dan liburan mendatang khusus untuk layanan domestik.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air bersiap menyediakan tambahan 62 penerbangan terdiri 11.718 kursi, Batik Air 35 penerbangan terdiri 5.840 kursi dan Wings Air 36 penerbangan terdiri dari 2.592 kursi. Lion Air Group akan menjalankan extra flight yang direncanakan efektif mulai 29 Mei – 20 Juli 2019.

"Periode tersebut dinilai sebagai musim puncak atau ramai (peak season) untuk arus mudik dan arus balik serta tren millennials traveling," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (9/5/2019).

Manajemen fokus melayani jaringan ke destinasi popular berdasarkan tingginya permintaan jasa angkutan udara dan memproyeksikan pertumbuhan tahun ini setara dengan 10-15% dari total kapasitas operasional regular atau regular flight maskapai.

Dalam menentukan kota tujuan, Lion Air Group mempertimbangkan berdasarkan hasil analisis pasar untuk rute terbaik yang memiliki permintaan tinggi, frekuensi terbang serta jam operasional bandar udara keberangkatan dan kedatangan.

Dari sisi operasional, guna meningkatkan kualitas pelayanan, Lion Air Group memperkuat sumber daya manusia di bandar udara yang menjadi bagian extra flight. Setiap operasional Lion Air Group telah mengimplementasikan budaya keselamatan serta tetap mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Strategi pengaturan mekanisme operasi pesawat, Lion Air Group mempunyai utilisasi 8-9 jam per hari rata-rata enam pesawat menjalani perawatan berjadwal serta rata-rata lima pesawat sebagai cadangan.

Untuk jenis pesawat yang dioperasikan akan menyesuaikan dengan peningkatan trafik pada season ini. Armada Lion Air Group sudah dibekali teknologi modern dan fitur-fitur yang memberikan kenyamanan setiap travelers ketika berada di kabin.

Lion Air mengoperasikan 66 Boeing 737-900ER terdiri atas 215 kelas ekonomi, 38 Boeing 737-800NG terdiri atas 189 kelas ekonomi dan tiga Airbus 330-300 terdiri atas 440 kelas ekonomi.

Kekuatan jajaran Wings Air saat ini terdiri 45 ATR 72-600 dan 19 ATR 72-500 yang mengutamakan sebagai feeder. Terbang bersama ATR diharapkan bisa menjadikan sensasi travelers jadi berkesan.

Pesawat turboprop asal Perancis yang berkapasitas 72 penumpang dalam kelas ekonomi terdapat beberapa keuntungan antara lain serasa menikmati jet pribadi karena konfigurasi kursi tata letak 2-2, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja lebih leluasa atau hanya sekadar menikmati pemandangan memukau dari ketinggian, daya tarik bahwa pesawat mampu terbang rendah.

Batik Air mengandalkan 43 Airbus 320-200CEO terdiri atas 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi, enam Boeing 737-900ER terdiri atas 12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi serta delapan Boeing 737-800NG terdiri atas 12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi.

Lion Air Group akan terus menjalankan koordinasi dan kerjasama yang baik antara Lion Air Group dengan regulator, pengelola bandar udara dan berbagai pihak dalam proses persiapan layanan penerbangan. Sinergitas ini diharapkan memberikan nilai lebih kepada travelers dalam mempermudah dan mempercepat hingga sampai di kota atau daerah tujuan

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:59 WIB

Kualitas dan Harga Jagung Lokal Lebih Bagus

Jakarta - Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai harga jagung lokal lebih bagus dibandingkan harga jagung impor adalah wajar. Pasalnya, saat ini jagung…

Sarang burung walet (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:57 WIB

Kementan Kawal Ekspor Sarang Burung Walet Jateng

Semarang - Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengajak para pelaku usaha sarang burung walet (SBW) di Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas produksinya agar dapat mengambil peluang…

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…