Tingkatkan Nilai Tambah Produk Ekspor, Kemendag Teken MoU dengan Dekranasda DKI Jakarta dan UMN

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Mei 2019 - 16:20 WIB

Penandaanganan Perjanjian Kerja Sama Kemendag-Dekranasda DKI Jakarta-UMN
Penandaanganan Perjanjian Kerja Sama Kemendag-Dekranasda DKI Jakarta-UMN

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Perdagangan melalui Indonesia Design Development Center (IDDC) berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dalam meningkatkan nilai tambah produk ekspor.

Kolaborasi ini dikukuhkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilaksanakan di Auditorium Kemendag, Jakarta pada hari ini, Kamis (9/5) yang disaksikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Arlinda.

"Kerja sama Kemendag dengan Dekranasda DKI Jakarta dan UMN melalui IDDC akan berlangsung selama dua tahun ke depan. IDDC merupakan wadah yang tepat untuk memfasilitasi dan memberikan pelayanan terkait pengembangan desain komunikasi visual. Kerja sama ini diharapkan akan semakin mendorong kinerja ekspor Indonesia," kata Arlinda.

Penandatanganan kerja sama Kemendag dengan Dekranasda Provinsi DKI Jakarta dilakukan oleh Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag, Ari Satria dan Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati. 

Kemendag dan Dekranasda DKI Jakarta akan memberikan pendampingan bagi para pelaku usaha binaan Dekranasda DKI Jakarta melalui konsultasi pada kegiatan Klinik Desain di IDDC.

Apabila Dekranasda DKI Jakarta melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan produk berbasis desain produk dan komunikasi visual, maka Kemendag akan merekomendasikan tenaga ahli desainer yang ada di basis data IDDC.

"Kerja sama Kemendag dan Dekranasda DKI Jakarta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta pengembangan produk berbasis desain dan komunikasi visual antar-kedua belah pihak," ujar Arlinda.

Sementara itu, penandatangan perjanjian kerja sama antara Kemendag dan UMN dilakukan oleh Ari Satria dan Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama, Muliawati G. Siswanto.

Kerja sama dengan UMN yaitu memberikan pendampingan dalam peningkatan nilai tambah produk ekspor melalui desain komunikasi visual. UMN melalui Program Studi Desain Komunikasi Visual akan memberikan rekomendasi kepada Kemendag berupa desainer komunikasi visual untuk pelaksanaan kegiatan Klinik Desain di IDDC.

Arlinda menyampaikan, program Klinik Konsultasi Desain sudah berjalan sejak 2017. Sedangkan untuk para desainer dari UMN yang bertugas di Klinik Konsultasi Desain telah dilakukan mulai bulan Februari 2019.

"Bagi pelaku usaha yang ingin berkonsultasi desain komunikasi visual dapat dilakukan setiap hari Kamis. Dari hasil konsultasi tersebut diharapkan akan menghasilkan minimal 10 purwarupa produk," imbuhnya.

Ari Satria menjelaskan, Kemendag dan UMN juga akan melakukan kerja sama riset untuk 
mengembangkan produk ekspor melalui desain komunikasi visual. Riset tersebut dilakukan dengan menggunakan data dan informasi dari basis data IDDC atau Euro Monitor dan Stylus yang dapat diakses di IDDC. 

Sebagai salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat, akan diterapkan unit design center yang merupakan hub untuk menghubungkan IDDC dengan Program Studi Desain Komunikasi Visual UMN yang melayani para pelaku usaha di wilayah Provinsi Banten.

Partisipasi UMN dalam membuat hub akan dapat memotong mata rantai jarak konsultasi para UKM yang berada jauh dari IDDC terutama bagi para UKM berdomisili di seputar Banten tempat lokasi kampus berada. 

"Dengan adanya unit design center ini, maka para pelaku usaha di Banten dan sekitarnya yang lokasinya jauh dari IDDC mendapatkan kemudahan dalam melakukan konsultasi desain komunikasi visual tanpa harus mendatangi IDDC yang berada di Jakarta," jelas Ari.

Selain itu, untuk mendukung terselenggaranya program-program kerja sama ini, juga akan 
dilakukan workshop dan berbagi informasi terkait manajemen pengelolaan IDDC.

"Kerja sama, kolaborasi dan jejaring yang dilakukan IDDC dengan berbagi pemangku kepentingan dapat memenuhi kebutuhan para pelaku usaha di era industri 4.0 khususnya dalam pengembangan desain komunikasi visual, dan diharapkan dapat terus berlanjut di masa depan," pungkas Ari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…