Catat! Ini Waktu Perpanjangan Larangan Operasi Truk Barang di Mudik Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 09 Mei 2019 - 11:21 WIB

Ilustrasi truk angkutan barang. (Foto: IST)
Ilustrasi truk angkutan barang. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah kembali menerapkan pembatasan operasional angkutan barang dan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di sejumlah jalur saat momentum Lebaran 2019 demi mengurangi kemacetan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah memberlakukan pembatasan operasional angkutan barang sumbu tiga atau lebih pada arus mudik dan arus balik. 

Direktur Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyebutkan semula larangan operasional angkutan barang pada arus mudik akan dilaksanakan mulai H-3 lebaran (31 Juni dan 1 - 2 Juni 2019). Namun, berdasarkan masukan dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) pembatasan angkutan akan dilakukan lebih dini mulai H+4 (30 Juni 2019).

Pada arus balik, larangan operasional angkutan barang akan dilakukan pada 8 - 10 Mei 2019.

"Pembatasan kendaraan barang ini dirasakan betul oleh teman-teman Jasa Marga akan sangat membantu. Mobil barang itu kan jalannya lambat, tambah lagi kelebihan muatan. Kalau lamban kan dampaknya akan sampai ke belakang," ujar Budi, Rabu (8/5).

Kemenhub dan Korlantas juga berencana menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di sejumlah jalur demi mengurangi kemacetan. 

Rencananya, sistem satu arah untuk arus mudik akan diberlakukan pada Tol Jakarta-Cikampek di KM29 Cibitung hingga KM 262 Brebes Barat pada 30 - 31 Mei 2019 dan 1-2 Juni 2019. Selanjutnya, untuk arus balik akan diberlakukan di KM189 Palimanan hingga KM 25 atau 29 Cibitung pada 8 - 10 Juni 2019.

Untuk mendukung kelancaran mudik di jalur Tol Lampung - Terbanggi Besar dan Terbanggi besar - Kayuagung (fungsional), Kemenhub saat ini tengah memantau kondisi jalur keluar tol yang tersambung ke jalan kabupaten atau provinsi. Pasalnya, kondisi jalan kabupaten dan provinsi di Lampung tidak sebagus di Jawa sehingga menghambat perjalanan.

"Untuk jalan di Terbanggi Besar, jalanan sudah mulai diuruk tetapi belum diaspal. Itu minimal sudah mengurangi (kemacetan). Tadinya, keluar jalan tol kecepatan 5 - 10 km per jam sekarang bisa 20 hingga 30 km per jam," ujarnya. 

Dengan menjalankan serangkaian strategi tersebut ditambah gelaran mudik gratis, Budi berharap mudik tahun ini berjalan lancar dan lebih baik dari tahun lalu

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN akan menjaga laju bisnis perseroan tetap on track hingga akhir 2019

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:56 WIB

Aset BTN Tumbuh Tertinggi di Antara 15 Bank Besar

akarta-Bisnis PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. yang terus melaju positif sukses mengantarkan perseroan mencatatkan diri sebagai bank dengan pertumbuhan aset tertinggi di antara 15 entitas…

Arc by Crown Group

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:30 WIB

Dua Menara Megah Crown Group Sabet Penghargaan Bergengsi dalam UDIA NSW Awards 2019

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group berhasil meraih penghargaan bergengsi untuk dua proyek huniannya di Sydney pada perhelatan UDIA NSW Awards for Excellence 2019, akhir…

Suryadi Willim, Marcomm Manager Evercoss

Senin, 19 Agustus 2019 - 13:41 WIB

Evercoss Optimis Validasi IMEI Berdampak Positif Terhadap Pertumbuhan Industri Ponsel Tanah Air

EVERCOSS brand smartphone nasional yang masih eksis di pasaran optimis terhadap rencana validasi IMEI akan berdampak positif terhadap industri smartphone tanah air.

Said meminta pemerintah agar mengurungkan niatnya membuat kebijakan tax amnesty jilid II ini

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:53 WIB

Wakil Banggar DPR RI Meminta Pemerintah Menyiapkan Grand Strategi Mengantisipasi Dampak Perang Dagang AS dan China

Jakarta-Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah memperkirakan tekanan terhadap nilai tukar rupiah masih belum mereda sebagai dampak dari kondisi ekonomi global yang belum membaik.

Keyboard Gaming G813 LIGHTSYNC RGB 

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:20 WIB

Logitech G Hadirkan Keyboard Gaming Dimensi Baru di Dunia Game G813 LIGHTSYNC RGB 

Logitech G sebuah brand dari Logitech, inovator terkemuka dari produk dan teknologi gaming mengumumkan keyboard gaming dengan performa tinggi, Logitech G813 LIGHTSYNC RGB Mechanical Gaming Keyboard.…