200 Daerah Ikuti Trisakti Tourist Award Juni 2019

Oleh : Herry Barus | Kamis, 09 Mei 2019 - 11:00 WIB

Kuta Mandalika
Kuta Mandalika

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebanyak 200 daerah, baik kota maupun kabupaten, di Indonesia siap mengikuti Trisakti Tourism Award yang akan digelar pada akhir Juni 2019.

"Kami sudah mengundang 200 daerah, baik wali kota maupun bupati, mudah-mudahan terjaring 15 pemenang dari 200 daerah tersebut," ujar Ketua Yayasan Kusuma Pertiwi Wiryanti Sukamdani sebagai pihak penyelenggara di Jakarta, Rabu (8/5/2019)

Dia menjelaskan bahwa Trisakti Tourism Award ini terdiri dari tiga acara, yaitu pertama acara award atau penghargaan untuk daerah-daerah atau pemimpin daerah yang memiliki destinasi wisata dan saling berkompetisi memperebutkan sejumlah kategori penghargaan dalam ajang tersebut.

"Penghargaan itu untuk daerah-daerah atau kepala daerah, wali kota maupun bupati yang memiliki destinasi pariwisata untuk ikut berlomba dalam lima kategori dengan setiap kategori terdapat tiga piala," katanya.

Anggota DPR-RI Komisi X tersebut juga menambahkan bahwa rencananya penghargaan tersebut akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri.

Trisakti Tourism Award merupakan ajang penghargaan yang baru pertama kali diadakan untuk pemerintah daerah di Indonesia.

Penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang berprestasi dalam membangun, mengelola, dan mengembangkan sektor pariwisata melalui semangat Trisakti Bung Karno.

Sejumlah kategori yang dilombakan dalam Trisakti Tourism Award ini ialah Kategori Wisata Bahari, Ekowisata, Wisata Warisan Budaya dan Sejarah, Wisata Petualang serta Wisata Belanja dan Kuliner.

Pemerintah kabupaten atau kota yang akan ikut serta harus melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir registrasi dan mengirimkan atau mengunggah video profil (dokumentasi) pariwisata ke situs http://trisaktiaward.com.

Video profil itu berisi visi dan misi pemerintah daerah, implementasi pembangunan pariwisata, keunggulannya, atraksi, aksesibilitas, serta amenitas berdurasi tiga menit. Kemudian seleksi dilakukan melalui wawancara dan kunjungan.

Selain itu, Trisakti Tourism Award juga akan dimeriahkan oleh Destinasi Indonesia Expo yang akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Acara lainnya yang turut memeriahkan ajang ini ialah Destinasi Indonesia Conference dengan tema "Destinasi Pariwisata Indonesia dalam Era Ekonomi 4.0" yang akan menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan sebagai keynote speaker, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai honorable speaker.

Trisakti Tourism Award akan diselenggarakan pada 27-29 Juni 2019, di Jakarta Convention Center (JCC).(Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arc by Crown Group

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:30 WIB

Dua Menara Megah Crown Group Sabet Penghargaan Bergengsi dalam UDIA NSW Awards 2019

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group berhasil meraih penghargaan bergengsi untuk dua proyek huniannya di Sydney pada perhelatan UDIA NSW Awards for Excellence 2019, akhir…

Suryadi Willim, Marcomm Manager Evercoss

Senin, 19 Agustus 2019 - 13:41 WIB

Evercoss Optimis Validasi IMEI Berdampak Positif Terhadap Pertumbuhan Industri Ponsel Tanah Air

EVERCOSS brand smartphone nasional yang masih eksis di pasaran optimis terhadap rencana validasi IMEI akan berdampak positif terhadap industri smartphone tanah air.

Said meminta pemerintah agar mengurungkan niatnya membuat kebijakan tax amnesty jilid II ini

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:53 WIB

Wakil Banggar DPR RI Meminta Pemerintah Menyiapkan Grand Strategi Mengantisipasi Dampak Perang Dagang AS dan China

Jakarta-Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah memperkirakan tekanan terhadap nilai tukar rupiah masih belum mereda sebagai dampak dari kondisi ekonomi global yang belum membaik.

Keyboard Gaming G813 LIGHTSYNC RGB 

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:20 WIB

Logitech G Hadirkan Keyboard Gaming Dimensi Baru di Dunia Game G813 LIGHTSYNC RGB 

Logitech G sebuah brand dari Logitech, inovator terkemuka dari produk dan teknologi gaming mengumumkan keyboard gaming dengan performa tinggi, Logitech G813 LIGHTSYNC RGB Mechanical Gaming Keyboard.…

Pameran Foto Rekam Jakarta

Senin, 19 Agustus 2019 - 11:52 WIB

OPPO Kolaborasi Dengan Pewarta Foto Gelar Pameran Foto Rekam Jakarta

OPPO, vendor smartphone yang dikenal melalui inovasi teknologi dan desain, mendukung Pewarta Foto Indonesia Jakarta untuk menyelenggarakan “Rekam Jakarta”, sebuah pameran foto tahunan…