Airbus 330-900NEO Perkuat Armada Lion Air

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Mei 2019 - 09:00 WIB

Lion Air (Dok Industry.co.id)
Lion Air (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Lion Air akan mendatangkan pesawat generasi modern kategori badan lebar (wide body) Airbus 330-900NEO yang memiliki daya tampung penumpang lebih banyak.

"Saat ini pesawat yang akan dioperasikan Lion Air memasuki tahap pengecatan (painting) dan proses pengerjaan lainnya di pabrikan Airbus," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro di Jakarta, Selasa (7/5/2019.

Perusahaan telah memesan 10 unit Airbus 330-900NEO dan mempunyai opsi memperoleh empat pesawat sejenis. Seluruh pesawat yang dipesan merupakan jenis armada berkapasitas lebih besar dan akan melengkapi kekuatan tiga wide body Lion Air Airbus 330-300 sekarang.

Kesepuluh pesawat direncanakan untuk pengiriman bertahap ke Lion Air Group pada 2019 dan 2020. Pada tahun ini, Lion Air akan menerima dua pesawat. Perusahaan mengharapkan pengiriman pesawat tersebut dapat berjalan lancar dan akan tiba sesuai waktu yang ditentukan.

Kedatangan A330-900NEO di Indonesia dijadwalkan dalam waktu dekat, sehingga akan menempatkan Lion Air sebagai bagian jajaran maskapai pertama yang menggunakan armada ini.

Dalam menyambut A330-900NEO, Lion Air sudah mempersiapkan secara optimal sejalan rencana pengoperasian antara lain sumber daya manusia (pilot, awak kabin, teknisi), layanan di darat (ground handling), pusat pelatihan dan hal-hal lain yang terkait.

Perusahaan akan memperkuat pengembangan bisnis penerbangan berkonsep low cost carrier (LCC), termasuk menambah layanan penerbangan jarak jauh (long haul). A330-900NEO dinilai tepat menjadi bagian pendukung model bisnis LCC dan mencerminkan keseriusan dalam memperluas jaringan secara efisien dengan tata letak kursi lorong ganda (double aisle) hingga 440 kursi penumpang.

Lion Air optimistis dapat melayani berbagai sektor pasar perjalanan yang membutuhkan waktu tempuh hingga lebih dari 15 jam. Pengoperasian A330-900NEO di waktu mendatang akan memberikan nilai tambah kepada penumpang, antara lain penerbangan ibadah (umrah) non-stop dari Makassar ke Madinah dan Jedddah, Balikpapan ke Jeddah, Surabaya ke Madinah, Solo tujuan Jeddah.

Selain itu perusahaan juga mempersiapkan ekspansi pasar wisata ke Asia Timur dan Asia Selatan ke beberapa kota di India.

“Setiap travelers (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin,” lanjut Danang Mandala Prihantoro.

Lion Air sangat senang menjalin kemitraan bersama Airbus untuk menyambut era baru penerbangan dari Indonesia. A330-900NEO menawarkan lebih mudah mengatur dan menyimpan barang bawaan di ruang penyimpanan di atas tempat duduk, karena kompartemen memiliki desain baru bagasi kabin (overhead bin). Kelebihan yang lain, travelers dapat menikmati tingkat kenyamanan dengan kabin paling senyap di kelasnya dan fitur utama dari kabin airspace.

Pengoperasian Airbus 330-900NEO antara lain menurunkan biaya operasi dengan mengadopsi teknologi A350 XWB yang terlihat pada lekukan ujung sayap (sharklets) rentang hingga 64 meter, penyempurnaan aerodinamis, keuntungan 25% lebih efisien dalam rasio penggunaan bahan bakar perkursi, mesin generasi terbaru Rolls-Royce Trent 7000. Untuk kinerja pilot, pesawat ini memanfaatkan sistem teknologi kokpit WI-FI Tablet EFB – layar head-up ganda dalam pencegahan runway overrun dan common type rating (lisensi pilot yang sama).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB

Selasa, 18 Juni 2019 - 10:00 WIB

Sutopo Purwo Nugroho Lanjutkan Berobat ke Guangzhou Tiongkok

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi mengatakan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Sutopo Purwo Nugroho berobat ke Guangzhou, Tiongkok,…

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar

Selasa, 18 Juni 2019 - 10:00 WIB

Ketum HKI Harap Permen Kawasan Industri Halal Rampung Akhir Tahun Ini

ementerian Perindustrian (Kemenperin) masih membahas rancangan Peraturan Menteri Perindustrian terkait Kawasan Industri Halal. Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar berharap…

Oppo Reno Series (Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 09:30 WIB

Lewat Reno Series, Oppo Kembali Jajahi Pasar High-end

Oppo akhirnya secara resmi memboyong ponsel seri Reno ke Indonesia. Ponsel yang masuk dalam segmen kelas atas dan mengedepankan fitur fotografi ini hadir di Tanah Air dalam dua model yaitu,…

OPPO Reno Series (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 09:15 WIB

Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Keunggulan OPPO Reno Series

Hadir dalam dua varian, yaitu Reno 10x Zoom dan Reno, kedua smartphone ini digadang-gadang sebagai perangkat high-end terbaru OPPO yang diklaim menggunakan penggabungan teknologi terkini dan…

Menko Polhukam Wiranto

Selasa, 18 Juni 2019 - 09:00 WIB

Wiranto Ajak Masyarakat Berpikir Rasional Terkait Sidang MK

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan bahwa sidang Mahkamah Konstitusi berjalan aman dan lancar. Hal ini dilaporkan oleh aparat Kepolisian dan aparat intelijen…