Kolaborasi dengan Fintech, LPDB Pastikan Bunga Kredit Tetap Rendah

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 03 Mei 2019 - 13:39 WIB

Foto Kiri ke kanan: Direktur Utama LPDB KUMKM, Braman Setyo dan Direktur Pembiayaan Syariah LPDB KUMKM Syariah Jaenal Aripin
Foto Kiri ke kanan: Direktur Utama LPDB KUMKM, Braman Setyo dan Direktur Pembiayaan Syariah LPDB KUMKM Syariah Jaenal Aripin

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) memastikan akan tetap memberikan bunga rendah meskipun dalam penyaluran dananya menggandeng financial technology  (fintech).

"Masyarakat tidak  perlu khawatir, bunga pinjaman LPDB itu tetap jauh di bawah bunga pinjaman yang diberikan oleh perusahaan fintech yang beredar saat ini yaitu di bawah 10-15 persen efektif" kata Dirut LPDB Braman Setyo, usai menghadiri pembukaan Rakornas Kemenkop dan UKM di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (2/5/2019) malam.

Braman Setyo menambahkan, pihaknya sudah sepakat dengan salah satu vendor fintech terkait patokan  bunga pinjaman tersebut. Dalam kesepakatan itu, tambahnya.

Ia menjelaskan, sebenarnya tujuan LPDB menggandeng fintech semata-mata untuk mempermudah dan mempercepat proses pengajuan dana bergulir oleh calon mitra.

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjut Braman Setyo, pihaknya akan mengadakan pendampingan bagi calon mitra. Ia mengakui, untuk biaya para pendamping itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab LPDB.

"Bagi para pendamping, nanti akan kita biayai sendiri. Dana bagi pendamping itu akan diambilkan dari modal LPDB, tidak kita masukkan di dalam akumulasi dari  biaya UKM itu sendiri," jelasnya

Terkait adanya kekhawatiran akan terseretnya nama besar LPDB menjadi negatif karena menggandeng fintech yang diibaratkan rentenir modern, menurut Braman Setyo, stigma negatif itu tidak akan muncul selama bunga yang diberikan LPDB tetap kompetitif.

"Tidak usah khawatir, jaminannya saya," katanya menegaskan. Ia juga memastikan, kerjasama dengan satu fintech itu untuk tahap awal akan bisa mencapai angka Rp100 miliar.

"Tahap awal ya 100 miliar dulu. Jumlah itu nantinya bisa meningkat sesuai kebutuhan masyarakat," katanya.

Sementara itu, terkait pencairan pendanaan di Bangka Belitung, Braman Setyo mengakui, jumlah serapannya masih sangat rendah.

Karena itu, lanjut Braman Setyo, melalui Rakornas kali ini pihaknya berharap bakal mendorong pelaku-pelaku usaha di Bangka Belitung agar berani memanfaatkan pendanaan dengan bunga rendah dari LPDB.

Sehingga, target LPDB yang akan menggulirkan dana sekitar Rp 100 miliar pada tahun ini untuk pelaku usaha di Bangka Belitung bisa terwujud.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perusahaan logistik Anteraja

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:37 WIB

Kuartal I-2020, Laba Adi Sarana Armada Turun Tipis Menjadi Rp26,05 Miliar

PT Adi Sarana Armada Tbk (“ASSA”), mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 38% sepanjang kuartal pertama tahun 2020 menjadi sebesar Rp701,62 miliar dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya…

Teh Pucuk Harum Buat UMKM Terdampak Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:30 WIB

Teh Pucuk Harum Buat UMKM Terdampak Covid-19

Guna membantu para pelaku UMKM terutama dibidang kuliner yang terkena dampak pandemi Coronavirus (COVID-19), Teh Pucuk Harum menghelat program bertajuk #WaktunyaKebaikan pada Bulan Suci Ramadhan…

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:20 WIB

Tanpa SIKM 6.364 Kendaraan Gagal Masuk Jakarta, Kadishub: Jangan Balik Dulu, Silahkan Anda Disana Dulu Bangun kampung

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, berdasarkan data hingga Rabu (37/5) malam ada sebanyak 6.364 kendaraan yang telah diputar-balikkan ketika hendak masuk…

Game Drive 2 TB The Last of Us Part II

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:10 WIB

The Last Of Us Part II Segera Hadir dengan Seagate Game Drive

Seagate memperkenalkan Seagate Game Drive 2 TB The Last of Us Part II Edisi Terbatas Berlisensi Resmi, yang akan diluncurkan bersama gim-nya di PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 4 Pro (PS4…

Kantor Kementerian BUMN. (Istimewa)

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:07 WIB

Kementerian BUMN Siapkan Program Mencari CEO Muda Rumah BUMN

Pemilihan CEO Muda Rumah BUMN akan melalui proses terlebih dahulu dan karyawannya akan direkrut dari masing-masing BUMN.