Road to World Class Stadium, Jakpro Sosialisasi Konsep Desain Jakarta International Stadium Berstandar FIFA

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 01 Mei 2019 - 13:29 WIB

Jakpro Selenggarakan Works Shop “Road to World Class Stadium” Jakarta International Stadium (JIS)
Jakpro Selenggarakan Works Shop “Road to World Class Stadium” Jakarta International Stadium (JIS)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Proses mewujudkan stadion bertaraf internasional memasuki tahap sosialisasi desain, paralel dengan pekerjaan soil test di lapangan pra pondasi.  Sosialisasi bertajuk “Road to World Class Stadium” diselenggarakan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) sebagai Project Owner Jakarta International Stadium (JIS) pada hari Selasa (30/04/2019).

Dalam kesempatan ini, Jakpro menghadirkan assessor FIFA (Federation Internationale de Football Association) Chris Jopson, Basic Designer Team dari PT Jakarta Konsultindo, anak usaha Jakpro, dan Project Director JIS, Iwan Takwin.  

Pasca Kick off Pembangunan JIS oleh Gubernur DKI Jakarta (15/32019), dalam dua pekan pertama tim proyek memastikan perangkat administratif memenuhi Good Corporate Governance (GCG). Mulai 25 April 2019 proyek dikawal oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Tim Pengawal dan Pengamanan Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D).  Dua pekan berikutnya di lokasi pembangunan, tenaga analis menyisir lahan melakukan soil test.  Tahap ini sangat penting sebelum pelaksanaan pekerjaan pondasi yang dijadwalkan Juni 2019. “Tanah di Jakarta Utara memiliki karakter khas. Di bawah tanah yang siap dibangun stadion harus dipastikan betul kondisinya. Kami melakukan test secara rinci,” ujar Iwan Takwin, Project Director JIS.

Sejalan pekerjaan analisa, sosialisasi konsep desain dikomunikasikan sejak dini.  Tujuannya, guna menyelaraskan kerangka berpikir bagi segenap pemangku kepentingan untuk memetakan peran-peran terbaik mewujudkan impian bersama stadion kelas dunia. Sosialisasi perdana ini dihadiri jajaran SKPD Pemprov DKI Jakarta terkait pembangunan stadion, beberapa Direksi BUMD DKI Jakarta, manajemen PSSI, para potensi mitra kerja (kontraktor, supplier, vendor), perwakilan komunitas pecinta bola, komunitas budaya, pegiat lingkungan dan para awak media. 

Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan bahwa megaproyek ini disiapkan menjadi stadion ramah lingkungan.

“Kami menargetkan Greenship Building grade platinum. Konservasi air, energi, siklus material, kualitas udara, manajemen gedung, mengacu para standar internasional,” jelasnya. Penerapan resettlement action plan mendapat perhatian besar Dwi untuk memastikan pembangunan stadion memberikan benefit bagi kawasan sekitar.

Acara sosialisasi dibuka oleh Direktur Pengembangan Bisnis Jakpro, Moh. Hanief A. Setianto yang membidangi pembangunan stadion visioner ini. “Pembangunan di kawasan utara merupakan implementasi polisentrik untuk wujudkan wajah baru Jakarta yang tersebar di seluruh wilayah ibukota.  Stadion merupakan ikon di tengah kawasan seluas 22 hektare, diproyeksikan menjadi magnet untuk Jakarta makin bahagia. Kita wujudkan quote Gubernur DKI Jakarta: pemainnya juara, supporternya teladan, dan InsyaAllah, stadionnya kelas dunia,” papar Hanief.

Stadion internasional berkapasitas 82.000 penonton ini merupakan megastructure yang akan menyedot daya dukung mitra kerja skala besar dalam proses pembangunan fisiknya.  Sejalan aktivitas proyek di lapangan, aktivitas-aktivitas

“membangun jiwa” dihidupkan dengan mengajak potensi-potensi positif komunitas dari mulai pecinta bola, pegiat sosial, edukasi, lingkungan hingga industri kreatif. 

Stadion bertaraf internasional diamanatkan dibangun oleh Jakpro melalui Pergub No 14 Tahun 2019 untuk diselesaikan pada Juni 2021.  Jakpro merupakan BUMD DKI Jakarta yang baru-baru ini (29/4/2019) menerima penghargaan dari penilai independen sebagai Top BUMD of The Year 2019.  Selain itu, 3 (tiga) penghargaan lainnya meliputi Top BUMD 2019 All Criteria, Top BUMD 2019 Sector, dan khusus Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto mendapat apresiasi berdasarkan penilaian karakter dan kompetensi sebagai “Top CEO BUMD 2019”.

Jakpro, nama popular PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sebuah entitas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta yang bergerak di sektor properti, infrastruktur dan utilitas. Kompetensi terpadu trisektor tersebut merupakan pegalaman panjang sejak Tahun 1960 kala Jakpro bermula mengelola Kawasan Pluit dengan nama Badan Pengelola Lingkungan (BPL) Provinsi DKI Jakarta.  Tahun 1997 didirikan PT Pembangunan Pluit Jaya dengan limpahan aset dari eks BPL Pluit. Setelah merger dengan PT Pembangunan Pantai Utara Jakarta, nama perusahaan menjadi PT Jakarta Propertindo disingkat Jakpro sejak tanggal 15 Desember 2000. Di jajaran BUMD se-Indonesia, Jakpro bergelar Top BUMD. Pada Tahun 2018, Jakpro merilis 3 (tiga) karya strategis iconic yang menjadi kebanggaan bangsa. Pertama, Light Rail Transit (LRT) Jakarta. Dua lainnya bersertifikasi internasional yang dibangun dalam rangka Asian Games 2018: Jakarta International Equestrian Park (Jakarta Equestrian) dan Jakarta International Velodrome (JIV) di Rawamangun, Jakarta Timur.  Menyusul kemudian tengah dimulai pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Jakarta Utara dan Intermediate Treatment Facility (ITF) yaitu pengelolaan sampah skala kota menjadi energi di Sunter, Jakarta Utara.

Jakpro mencatatkan aset dalam Laporan Keuangan Tahun 2017 senilai Rp16,7 Triliun dengan Laba Bersih Rp475,7 Miliar.  Audit oleh Kantor Akuntan Publik untuk Tahun Buku 2017 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian. Jakpro merupakan BUMD penyumbang deviden terbesar kedua kepada Pemprov DKI Jakarta Rp95,1 Miliar dari Laba Bersih 2017 yang dibukukan sebesar Rp475,7 Miliar.   Laporan Keuangan Tahun 2018 siap dirilis dalam Q2/2019.

Perseroan memiliki 5 anak usaha yaitu PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), PT Jakarta Utilitas Propertindo (JUP), PT Jakarta Konsultindo (Jakkon), PT Pulo Mas Jaya (PMJ) dan PT LRT Jakarta.  Perseroan juga memiliki penyertaan saham di 9 perusahaan afiliasi yaitu PT Trans Jakarta, PT Jakarta Tollroad Development, PT Cinere Serpong Jaya, PT MUJ ONWJ, PT Jakarta Realty, PT KEK Marunda, PT Jakarta Marga Jaya, PT Marga Lingkar Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya dan yang terkini adalah Joint Venture Company (JVC) yaitu PT Jakarta Solusi Lestari (JSL).

Dalam menyelenggarakan bisnis berorientasi keberlanjutan, Jakpro mengedepankan visi kota untuk manusia (city for human). Amanah penugasan dari Pemerintah Daerah dilaksanakan Jakpro dengan memerhatikan aspek kualitas terbaik dan good corporate governance. Untuk tujuan tersebut, Jakpro didukung berbagai entitas profesional. Awal Q1/2019 konsultan multinasional McKinsey & Company menyumbangkan kompetensinya melalui Jakpro guna membantu wujudkan visi menjadikan Jakarta lebih baik.

Mitra kerja badan usaha negara dari Finlandia, Fortum, juga menyiapkan dukungan melalui Jakpro untuk solusi sampah Jakarta menjadi listrik Waste to Energy (WtE) dalam proyek ITF (Intermediate Treatment Facility) yang dibangun dalam waktu dekat. Jakpro juga mendapat dukungan dari berbagai entitas/lembaga/dari Kodam Jaya/Jayakarta dengan pengikatan kesepakatan guna mendukung laju pembangunan di wilayah DKI Jakarta untuk kemanfaatan rakyat. Khusus Jakarta International Stadium (JIS), mitra kerja desain dasar PT Jakarta Konsultindo bersama Burohappold Engineering dari Inggris bekerja penuh dengan standard compliance yang didukung assessor FIFA, federasi sepakbola internasional. 


 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TP-Link Indonesia Edukasi Kemudahan Teknologi

Rabu, 24 Juli 2019 - 08:00 WIB

TP-Link Indonesia Edukasi Kemudahan Teknologi Lewat Roadshow

Awal 2019 TP-Link meluncurkan beberapa produk cerdas, mulai dari perangkat pendukung internet hingga pengisi daya portable. Sebagai upaya untuk mendekatkan diri dan mengedukasi masyarakat tentang…

SouthCity Penuhi Janji Serah Terima Ruko Tepat Waktu

Rabu, 24 Juli 2019 - 08:00 WIB

SouthCity Penuhi Janji Serah Terima Ruko Tepat Waktu

Pengembang SouthCity Square, PT Setiawan Dwi Tunggal memenuhi janjinya dalam pembangunan rukonya dengan dilaksanakannya serah terima unit ruko SouthCity Square pada hari ini, Selasa (23/7/2019).

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:47 WIB

Hari Ini IHSG Diwarnai Aksi Jual

Jakarta -Pergerakan IHSG secara teknikal mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan melemah menguji support moving Average 20 hari dan lower bollinger bands. Indikator Stochastic dan RSI pun…

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:38 WIB

Dorong Pelestarian Ekosistem Laut, Pertamina Dukung WASI Pecahkan Rekor Dunia Selam

Pemecahan tiga rekor dunia yaitu penyelaman massal bertarget 3000 penyelam, rantai manusia terpanjang di bawah air dan pembentangan bendera terbesar di bawah air.

DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:20 WIB

Jadi Episentrum Wirausaha Muda dan Industri Kreatif, DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta

Ajang yang hingga kini meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara daring pada 15 Mei lalu dihelat di Estubizi Business Center,…