Road to World Class Stadium, Jakpro Sosialisasi Konsep Desain Jakarta International Stadium Berstandar FIFA

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 01 Mei 2019 - 13:29 WIB

Jakpro Selenggarakan Works Shop “Road to World Class Stadium” Jakarta International Stadium (JIS)
Jakpro Selenggarakan Works Shop “Road to World Class Stadium” Jakarta International Stadium (JIS)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Proses mewujudkan stadion bertaraf internasional memasuki tahap sosialisasi desain, paralel dengan pekerjaan soil test di lapangan pra pondasi.  Sosialisasi bertajuk “Road to World Class Stadium” diselenggarakan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) sebagai Project Owner Jakarta International Stadium (JIS) pada hari Selasa (30/04/2019).

Dalam kesempatan ini, Jakpro menghadirkan assessor FIFA (Federation Internationale de Football Association) Chris Jopson, Basic Designer Team dari PT Jakarta Konsultindo, anak usaha Jakpro, dan Project Director JIS, Iwan Takwin.  

Pasca Kick off Pembangunan JIS oleh Gubernur DKI Jakarta (15/32019), dalam dua pekan pertama tim proyek memastikan perangkat administratif memenuhi Good Corporate Governance (GCG). Mulai 25 April 2019 proyek dikawal oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Tim Pengawal dan Pengamanan Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D).  Dua pekan berikutnya di lokasi pembangunan, tenaga analis menyisir lahan melakukan soil test.  Tahap ini sangat penting sebelum pelaksanaan pekerjaan pondasi yang dijadwalkan Juni 2019. “Tanah di Jakarta Utara memiliki karakter khas. Di bawah tanah yang siap dibangun stadion harus dipastikan betul kondisinya. Kami melakukan test secara rinci,” ujar Iwan Takwin, Project Director JIS.

Sejalan pekerjaan analisa, sosialisasi konsep desain dikomunikasikan sejak dini.  Tujuannya, guna menyelaraskan kerangka berpikir bagi segenap pemangku kepentingan untuk memetakan peran-peran terbaik mewujudkan impian bersama stadion kelas dunia. Sosialisasi perdana ini dihadiri jajaran SKPD Pemprov DKI Jakarta terkait pembangunan stadion, beberapa Direksi BUMD DKI Jakarta, manajemen PSSI, para potensi mitra kerja (kontraktor, supplier, vendor), perwakilan komunitas pecinta bola, komunitas budaya, pegiat lingkungan dan para awak media. 

Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan bahwa megaproyek ini disiapkan menjadi stadion ramah lingkungan.

“Kami menargetkan Greenship Building grade platinum. Konservasi air, energi, siklus material, kualitas udara, manajemen gedung, mengacu para standar internasional,” jelasnya. Penerapan resettlement action plan mendapat perhatian besar Dwi untuk memastikan pembangunan stadion memberikan benefit bagi kawasan sekitar.

Acara sosialisasi dibuka oleh Direktur Pengembangan Bisnis Jakpro, Moh. Hanief A. Setianto yang membidangi pembangunan stadion visioner ini. “Pembangunan di kawasan utara merupakan implementasi polisentrik untuk wujudkan wajah baru Jakarta yang tersebar di seluruh wilayah ibukota.  Stadion merupakan ikon di tengah kawasan seluas 22 hektare, diproyeksikan menjadi magnet untuk Jakarta makin bahagia. Kita wujudkan quote Gubernur DKI Jakarta: pemainnya juara, supporternya teladan, dan InsyaAllah, stadionnya kelas dunia,” papar Hanief.

Stadion internasional berkapasitas 82.000 penonton ini merupakan megastructure yang akan menyedot daya dukung mitra kerja skala besar dalam proses pembangunan fisiknya.  Sejalan aktivitas proyek di lapangan, aktivitas-aktivitas

“membangun jiwa” dihidupkan dengan mengajak potensi-potensi positif komunitas dari mulai pecinta bola, pegiat sosial, edukasi, lingkungan hingga industri kreatif. 

Stadion bertaraf internasional diamanatkan dibangun oleh Jakpro melalui Pergub No 14 Tahun 2019 untuk diselesaikan pada Juni 2021.  Jakpro merupakan BUMD DKI Jakarta yang baru-baru ini (29/4/2019) menerima penghargaan dari penilai independen sebagai Top BUMD of The Year 2019.  Selain itu, 3 (tiga) penghargaan lainnya meliputi Top BUMD 2019 All Criteria, Top BUMD 2019 Sector, dan khusus Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto mendapat apresiasi berdasarkan penilaian karakter dan kompetensi sebagai “Top CEO BUMD 2019”.

Jakpro, nama popular PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sebuah entitas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta yang bergerak di sektor properti, infrastruktur dan utilitas. Kompetensi terpadu trisektor tersebut merupakan pegalaman panjang sejak Tahun 1960 kala Jakpro bermula mengelola Kawasan Pluit dengan nama Badan Pengelola Lingkungan (BPL) Provinsi DKI Jakarta.  Tahun 1997 didirikan PT Pembangunan Pluit Jaya dengan limpahan aset dari eks BPL Pluit. Setelah merger dengan PT Pembangunan Pantai Utara Jakarta, nama perusahaan menjadi PT Jakarta Propertindo disingkat Jakpro sejak tanggal 15 Desember 2000. Di jajaran BUMD se-Indonesia, Jakpro bergelar Top BUMD. Pada Tahun 2018, Jakpro merilis 3 (tiga) karya strategis iconic yang menjadi kebanggaan bangsa. Pertama, Light Rail Transit (LRT) Jakarta. Dua lainnya bersertifikasi internasional yang dibangun dalam rangka Asian Games 2018: Jakarta International Equestrian Park (Jakarta Equestrian) dan Jakarta International Velodrome (JIV) di Rawamangun, Jakarta Timur.  Menyusul kemudian tengah dimulai pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Jakarta Utara dan Intermediate Treatment Facility (ITF) yaitu pengelolaan sampah skala kota menjadi energi di Sunter, Jakarta Utara.

Jakpro mencatatkan aset dalam Laporan Keuangan Tahun 2017 senilai Rp16,7 Triliun dengan Laba Bersih Rp475,7 Miliar.  Audit oleh Kantor Akuntan Publik untuk Tahun Buku 2017 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian. Jakpro merupakan BUMD penyumbang deviden terbesar kedua kepada Pemprov DKI Jakarta Rp95,1 Miliar dari Laba Bersih 2017 yang dibukukan sebesar Rp475,7 Miliar.   Laporan Keuangan Tahun 2018 siap dirilis dalam Q2/2019.

Perseroan memiliki 5 anak usaha yaitu PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), PT Jakarta Utilitas Propertindo (JUP), PT Jakarta Konsultindo (Jakkon), PT Pulo Mas Jaya (PMJ) dan PT LRT Jakarta.  Perseroan juga memiliki penyertaan saham di 9 perusahaan afiliasi yaitu PT Trans Jakarta, PT Jakarta Tollroad Development, PT Cinere Serpong Jaya, PT MUJ ONWJ, PT Jakarta Realty, PT KEK Marunda, PT Jakarta Marga Jaya, PT Marga Lingkar Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya dan yang terkini adalah Joint Venture Company (JVC) yaitu PT Jakarta Solusi Lestari (JSL).

Dalam menyelenggarakan bisnis berorientasi keberlanjutan, Jakpro mengedepankan visi kota untuk manusia (city for human). Amanah penugasan dari Pemerintah Daerah dilaksanakan Jakpro dengan memerhatikan aspek kualitas terbaik dan good corporate governance. Untuk tujuan tersebut, Jakpro didukung berbagai entitas profesional. Awal Q1/2019 konsultan multinasional McKinsey & Company menyumbangkan kompetensinya melalui Jakpro guna membantu wujudkan visi menjadikan Jakarta lebih baik.

Mitra kerja badan usaha negara dari Finlandia, Fortum, juga menyiapkan dukungan melalui Jakpro untuk solusi sampah Jakarta menjadi listrik Waste to Energy (WtE) dalam proyek ITF (Intermediate Treatment Facility) yang dibangun dalam waktu dekat. Jakpro juga mendapat dukungan dari berbagai entitas/lembaga/dari Kodam Jaya/Jayakarta dengan pengikatan kesepakatan guna mendukung laju pembangunan di wilayah DKI Jakarta untuk kemanfaatan rakyat. Khusus Jakarta International Stadium (JIS), mitra kerja desain dasar PT Jakarta Konsultindo bersama Burohappold Engineering dari Inggris bekerja penuh dengan standard compliance yang didukung assessor FIFA, federasi sepakbola internasional. 


 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…