Ketum HKI: Pemindahan Ibu kota Baru Harus Dapat Berikan Nilai Tambah Strategis

Oleh : Ridwan | Rabu, 01 Mei 2019 - 10:05 WIB

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar
Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta harus dapat memberikan nilai tambah strategis bagi negara, bangsa, dan masyarakat.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar mengatakan, pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta harus mencakup beberapa aspek, antara lain Pertama, aspek dari segi pemerataan ekonomi. Menurutnya, pemindahan Ibu Kota dari Jakarta harus memperhatikan orientasi jangka panjang yang berlandaskan pada pemerataan dalam konteks keseluruhan wilayah Indonesia. 

"Dengan demikian sebaiknya pemindahannya ke Luar Jawa dan dari posisi geografis dan tingkat kepadatan jumlah penduduknya, serta penempatan di Pulau Kalimantan perlu dipertimbangkan untuk dipilih," kata Sanny kepada Industry.co.id di Jakarta, Rabu (1/5).

Ditambahkan Sanny, pemindahan Ibu Kota di Luar Jawa secara otomatis akan berdampak positif terhadap pertumbuhan pusat ekonomi baru. "Nantinya sebagai Ibu Kota baru secara otomatis akan menumbuhkan pusat ekonomi baru," terangnya.

Tak hanya menjadi pusat ekonomi baru, tambah Sanny, pemindahan Ibu Kota juga akan meningkatkan petumbuhan industri-industri manufaktur dan pengembangan kawasan industri berikut infrastruktur dan utilitas industri, area komersial, serta perumahan.

"Apabila dilihat dari sisi kemaritiman, pemindahan Ibu Kota akan menumbuhkan pusat-pusat pelabuhan dan logistik baru yang sejalan pula dengan konsep pengangkutan barang melalui 'tol laut' yang telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo dalam pemerintahannya yang sudah berjalan sekitar 4,5 tahun," papar Sanny yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi.

Selanjutnya, Kedua, aspek Sosial, Politik, dan Budaya. Menurut Sanny, pemindahan Ibu Kota juga dapat menggeser pola pikir yang selama ini hanya berorientasi pada Jawa-Sentris akan menjadi Indonesia-Sentris, serta menjaga keutuhan Negara Republik Kesatuan Indonesia (NKRI), dan memperluas wawasan kebangsaan terhadap keberagaman etnis dan budaya Indonesia. 

"Pemindahan Ibu Kota berarti akan memisahkan antara pusat pemerintahan dan pusat bisnis juga akan mengurangi dampak negatif terhadap aktivitas ekonomi dan bisnis jika terjadi ketegangan atau kegaduhan dan aksi demonstrasi di pusat pemerintahan," tutup Sanny.

Seperti diketahui, dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo teklah memutuskan untuk memindahkan Ibukota Indonesia dari Jakarta ke Luar Pulau Jawa atau Pulau Kalimantan. Adapun tiga kota alternatif pilihan Presiden adalah Palangkaraya, Tanah Bumbu, Panajam. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pastikan Warga Wamena Terima PKH, Kemensos Sisir Korban Kerusuhan dan Warga Miskin

Selasa, 22 Oktober 2019 - 04:00 WIB

Pastikan Warga Wamena Terima PKH, Kemensos Sisir Korban Kerusuhan dan Warga Miskin

Kementerian Sosial terus melakukan validasi data bagi masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH), baik reguler maupun adaptif yang merupakan korban kerusuhan Wamena 23 September 2019…

Satgas Yonif 411 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Waga di Bivak Papua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 03:00 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Warga di Bivak Papua

Tidak hanya melaksanakan tugas pokoknya dalam menjaga keutuhan NKRI, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad juga memberikan layanan kesehatan kepada…

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…