Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 30 April 2019 - 04:00 WIB

Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia
Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia Website Awards (IWA) dengan sukses digelar penyedia layanan cloud hosting Exabytes dengan menggandeng UpCloud perusahaan asal Finlandia sebagai Co-Organizer pada Sabtu (27/4/2019). Ajang penghargaan ini menghasilkan tiga pemenang dari kategori E-Commerce, Komersial (UKM) dan Personal.

Menurut Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan, partisipasi Indonesia Website Awards terjadi peningkatan signifikan sebesar 96% dibanding tahun lalu. Tak hanya peningkatan jumlah partisipasi, namun dari segi kualitas website juga meningkat, dimana beberapa nama beken seperti Bank BRI, aplikasi HR Sleekr dan ShopAtVelvet juga ikut bergabung.

UpCloud yang merupakan Co-organizer dari IWA 2018 sendiri melihat besarnya potensi industri website di Indonesia dan memutuskan untuk hadir di Indonesia sejak sepuluh bulan yang lalu.

“Acara IWA sangat bagus karena event ini sejalan dengan strategi pendekatan UpCloud yang lebih mengutamakan interaksi human to human”, tutur Safwah selaku regional manager UpCloud Indonesia.

UpCloud juga percaya dengan bergabung di acara IWA 2018 bisa mendekatkan diri dengan komunitas web developer di Indonesia. Selain menyegarkan kembali industri website, dengan adanya IWA juga dapat berkontribusi terhadap kemajuan industri e-commerce di Indonesia.

Data Google-Temasek Report menunjukan Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi internet terbesar dan tercepat dalam tiga tahun terakhir di Asia Tenggara. Dalam laporan yang sama menyatakan  bahwa E-commerce adalah industri yang paling pesat pertumbuhannya. Sejalan dengan ini, Indra Hartawan menuturkan, “Website merupakan suatu keharusan bagi UKM yang sudah melek digital, terutama bagi mereka yang ingin bersaing di pasar global”. Sependapat dengan data Google-Temasek, Safwah juga menyatakan, “Bisnis startup dan UKM sudah sepatutnya menggunakan pendekatan internet first”.

Di sisi lain, survei dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menunjukkan bahwa pada 2016 sudah ada sekitar 28% dari pelaku UKM yang memasarkan produknya melalui website. Dengan data ini, Indra optimis di 2019 jumlah UKM yang menggunakan website sudah meningkat dengan pesat.

Untuk menjamin kualitas pemenang, Exabytes selaku penyelenggara IWA meningkatkan sistem penilaian website dan melibatkan 15 juri yang terdiri dari web designer dan web developer profesional. Kriteria penilaian pun sudah ditetapkan seperti desain, SEO friendly, kecepatan akses, performa dan tentu saja konten. Exabytes juga menggandeng perusahaan teknologi Blockchain asal Singapura, Tezos sebagai mitra penyelenggara IWA 2018.

 Indonesia Website Awards 2018 menganugerahkan bank BRI (bri.co.id) sebagai pemenang untuk kategori komersial. Sedangkan Eirudo (eirudo.com) dinobatkan sebagai juara untuk kategori personal. Adapun pemenang untuk kategori e-commerce jatuh pada website Shopatvelvet (shopatvelvet.com).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…