Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 30 April 2019 - 04:00 WIB

Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia
Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia Website Awards (IWA) dengan sukses digelar penyedia layanan cloud hosting Exabytes dengan menggandeng UpCloud perusahaan asal Finlandia sebagai Co-Organizer pada Sabtu (27/4/2019). Ajang penghargaan ini menghasilkan tiga pemenang dari kategori E-Commerce, Komersial (UKM) dan Personal.

Menurut Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan, partisipasi Indonesia Website Awards terjadi peningkatan signifikan sebesar 96% dibanding tahun lalu. Tak hanya peningkatan jumlah partisipasi, namun dari segi kualitas website juga meningkat, dimana beberapa nama beken seperti Bank BRI, aplikasi HR Sleekr dan ShopAtVelvet juga ikut bergabung.

UpCloud yang merupakan Co-organizer dari IWA 2018 sendiri melihat besarnya potensi industri website di Indonesia dan memutuskan untuk hadir di Indonesia sejak sepuluh bulan yang lalu.

“Acara IWA sangat bagus karena event ini sejalan dengan strategi pendekatan UpCloud yang lebih mengutamakan interaksi human to human”, tutur Safwah selaku regional manager UpCloud Indonesia.

UpCloud juga percaya dengan bergabung di acara IWA 2018 bisa mendekatkan diri dengan komunitas web developer di Indonesia. Selain menyegarkan kembali industri website, dengan adanya IWA juga dapat berkontribusi terhadap kemajuan industri e-commerce di Indonesia.

Data Google-Temasek Report menunjukan Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi internet terbesar dan tercepat dalam tiga tahun terakhir di Asia Tenggara. Dalam laporan yang sama menyatakan  bahwa E-commerce adalah industri yang paling pesat pertumbuhannya. Sejalan dengan ini, Indra Hartawan menuturkan, “Website merupakan suatu keharusan bagi UKM yang sudah melek digital, terutama bagi mereka yang ingin bersaing di pasar global”. Sependapat dengan data Google-Temasek, Safwah juga menyatakan, “Bisnis startup dan UKM sudah sepatutnya menggunakan pendekatan internet first”.

Di sisi lain, survei dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menunjukkan bahwa pada 2016 sudah ada sekitar 28% dari pelaku UKM yang memasarkan produknya melalui website. Dengan data ini, Indra optimis di 2019 jumlah UKM yang menggunakan website sudah meningkat dengan pesat.

Untuk menjamin kualitas pemenang, Exabytes selaku penyelenggara IWA meningkatkan sistem penilaian website dan melibatkan 15 juri yang terdiri dari web designer dan web developer profesional. Kriteria penilaian pun sudah ditetapkan seperti desain, SEO friendly, kecepatan akses, performa dan tentu saja konten. Exabytes juga menggandeng perusahaan teknologi Blockchain asal Singapura, Tezos sebagai mitra penyelenggara IWA 2018.

 Indonesia Website Awards 2018 menganugerahkan bank BRI (bri.co.id) sebagai pemenang untuk kategori komersial. Sedangkan Eirudo (eirudo.com) dinobatkan sebagai juara untuk kategori personal. Adapun pemenang untuk kategori e-commerce jatuh pada website Shopatvelvet (shopatvelvet.com).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rex Andrew Djohan, Pendiri Oloro Golf

Senin, 17 Januari 2022 - 20:34 WIB

Inilah Oloro Golf, Brand Golf Lokal yang Mampu Bersaing Hingga ke Singapura

Sekitar tahun 2014- 2015, brand Oloro Golf pertama kali diciptakan oleh Rex Djohan, Jeffry Thomas dan Ryan Fortunato yang sekaligus menjadi Founder untuk membuat sesuatu yang belum ada di Golf.…

Ilustrasi Perumahan

Senin, 17 Januari 2022 - 19:45 WIB

Keren! Bank BUMN Jawara KPR Ini Tancap Gas, Dalam Seminggu Catatkan Akad Kredit Sekitar 6.000 Unit

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk langsung tancap gas menyambut tahun 2022 dengan menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Ilustrasi Faktur Pajak

Senin, 17 Januari 2022 - 19:26 WIB

Kenalan dengan eFaktur Pajak, Solusi Mengelola Pajak untuk Makin Mudah

Setiap pengusaha pasti harus membayar pajak. Nah, ketika seorang pengusaha melakukan penyerahan JKP (Jasa Kena Pajak) atau BKP (Barang Kena Pajak), ia akan menerima bukti pungutan pajak PKP…

Mekari KlikPajak

Senin, 17 Januari 2022 - 18:21 WIB

Tips Lapor Pajak Online Di Rumah Aja dengan Mudah dan Cepat

Pembayaran pajak di era digital seperti sekarang ini semakin mudah dan praktis. Wajib pajak tidak perlu lagi datang ke kantor pajak untuk membayar kewajiban sebagai warga negara. Pasalnya, ada…

Pradesain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta - Twitter

Senin, 17 Januari 2022 - 18:12 WIB

IKN Bernama Nusantara, DPD RI Minta Pemerintah Berikan Penjelasan Utuh ke Publik Terkait Pemilihan Nama IKN

Jakarta-Wacana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan terus bergulir. Pemerintah bersama DPR RI dan DPD RI tengah melakukan pembahasan terkait Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara…