Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 30 April 2019 - 04:00 WIB

Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia
Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia Website Awards (IWA) dengan sukses digelar penyedia layanan cloud hosting Exabytes dengan menggandeng UpCloud perusahaan asal Finlandia sebagai Co-Organizer pada Sabtu (27/4/2019). Ajang penghargaan ini menghasilkan tiga pemenang dari kategori E-Commerce, Komersial (UKM) dan Personal.

Menurut Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan, partisipasi Indonesia Website Awards terjadi peningkatan signifikan sebesar 96% dibanding tahun lalu. Tak hanya peningkatan jumlah partisipasi, namun dari segi kualitas website juga meningkat, dimana beberapa nama beken seperti Bank BRI, aplikasi HR Sleekr dan ShopAtVelvet juga ikut bergabung.

UpCloud yang merupakan Co-organizer dari IWA 2018 sendiri melihat besarnya potensi industri website di Indonesia dan memutuskan untuk hadir di Indonesia sejak sepuluh bulan yang lalu.

“Acara IWA sangat bagus karena event ini sejalan dengan strategi pendekatan UpCloud yang lebih mengutamakan interaksi human to human”, tutur Safwah selaku regional manager UpCloud Indonesia.

UpCloud juga percaya dengan bergabung di acara IWA 2018 bisa mendekatkan diri dengan komunitas web developer di Indonesia. Selain menyegarkan kembali industri website, dengan adanya IWA juga dapat berkontribusi terhadap kemajuan industri e-commerce di Indonesia.

Data Google-Temasek Report menunjukan Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi internet terbesar dan tercepat dalam tiga tahun terakhir di Asia Tenggara. Dalam laporan yang sama menyatakan  bahwa E-commerce adalah industri yang paling pesat pertumbuhannya. Sejalan dengan ini, Indra Hartawan menuturkan, “Website merupakan suatu keharusan bagi UKM yang sudah melek digital, terutama bagi mereka yang ingin bersaing di pasar global”. Sependapat dengan data Google-Temasek, Safwah juga menyatakan, “Bisnis startup dan UKM sudah sepatutnya menggunakan pendekatan internet first”.

Di sisi lain, survei dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menunjukkan bahwa pada 2016 sudah ada sekitar 28% dari pelaku UKM yang memasarkan produknya melalui website. Dengan data ini, Indra optimis di 2019 jumlah UKM yang menggunakan website sudah meningkat dengan pesat.

Untuk menjamin kualitas pemenang, Exabytes selaku penyelenggara IWA meningkatkan sistem penilaian website dan melibatkan 15 juri yang terdiri dari web designer dan web developer profesional. Kriteria penilaian pun sudah ditetapkan seperti desain, SEO friendly, kecepatan akses, performa dan tentu saja konten. Exabytes juga menggandeng perusahaan teknologi Blockchain asal Singapura, Tezos sebagai mitra penyelenggara IWA 2018.

 Indonesia Website Awards 2018 menganugerahkan bank BRI (bri.co.id) sebagai pemenang untuk kategori komersial. Sedangkan Eirudo (eirudo.com) dinobatkan sebagai juara untuk kategori personal. Adapun pemenang untuk kategori e-commerce jatuh pada website Shopatvelvet (shopatvelvet.com).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Jaya Real Property, Trisna Muliadi (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 20 November 2019 - 15:01 WIB

Bangun Pasar Senen Blok 1 dan 2, Jaya Real Property Siap Gelontorkan Dana Sebesar Rp 900 Miliar

Sebelumnya pembangunan Pasar Senen ini direncanakan dilakukan untuk blok 5, namun karena alasan urgensi akibat kebakaran pada blok 1 dan blok 2 maka diputuskan untuk membangun blok tersebut…

Terowongan NYIIA

Rabu, 20 November 2019 - 14:30 WIB

Sambut Libur Nataru, Kementerian PUPR Kebut Pengerjaan Dua Underpass di Yogyakarta

Keberadaan 2 underpass ini sudah sangat dinantikan masyarakat karena dinilai akan memperlancar arus lalu lintas di sekitar bandara baru NYIA dan menuju ke Kaliurang.

Kementerian PUPR Bangun Kampus Masa Depan Penelitian Peradaban Islam

Rabu, 20 November 2019 - 14:12 WIB

Kementerian PUPR Bangun Kampus Masa Depan Penelitian Peradaban Islam

Pemerintah tengah membangun Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sebagai kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk…

Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University

Rabu, 20 November 2019 - 12:07 WIB

Teknologi Blockchain dan Marketing Digital di Industri 4.0

Era industri saat ini para pakar teknologi memprediksi bahwa industry apapun akan terdisrupsi oleh system yang bernama blockchain.

Donny Marshal

Rabu, 20 November 2019 - 11:55 WIB

Persaingan Bisnis Kian Sengit di Generasi Milenial

Milenial ada kelompok demografi setelah generasi X. Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an…