Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 30 April 2019 - 04:00 WIB

Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia
Sukses Gelar IWA 2018, Exabytes dan UpCloud Targetkan Website Indonesia Mendunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia Website Awards (IWA) dengan sukses digelar penyedia layanan cloud hosting Exabytes dengan menggandeng UpCloud perusahaan asal Finlandia sebagai Co-Organizer pada Sabtu (27/4/2019). Ajang penghargaan ini menghasilkan tiga pemenang dari kategori E-Commerce, Komersial (UKM) dan Personal.

Menurut Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan, partisipasi Indonesia Website Awards terjadi peningkatan signifikan sebesar 96% dibanding tahun lalu. Tak hanya peningkatan jumlah partisipasi, namun dari segi kualitas website juga meningkat, dimana beberapa nama beken seperti Bank BRI, aplikasi HR Sleekr dan ShopAtVelvet juga ikut bergabung.

UpCloud yang merupakan Co-organizer dari IWA 2018 sendiri melihat besarnya potensi industri website di Indonesia dan memutuskan untuk hadir di Indonesia sejak sepuluh bulan yang lalu.

“Acara IWA sangat bagus karena event ini sejalan dengan strategi pendekatan UpCloud yang lebih mengutamakan interaksi human to human”, tutur Safwah selaku regional manager UpCloud Indonesia.

UpCloud juga percaya dengan bergabung di acara IWA 2018 bisa mendekatkan diri dengan komunitas web developer di Indonesia. Selain menyegarkan kembali industri website, dengan adanya IWA juga dapat berkontribusi terhadap kemajuan industri e-commerce di Indonesia.

Data Google-Temasek Report menunjukan Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi internet terbesar dan tercepat dalam tiga tahun terakhir di Asia Tenggara. Dalam laporan yang sama menyatakan  bahwa E-commerce adalah industri yang paling pesat pertumbuhannya. Sejalan dengan ini, Indra Hartawan menuturkan, “Website merupakan suatu keharusan bagi UKM yang sudah melek digital, terutama bagi mereka yang ingin bersaing di pasar global”. Sependapat dengan data Google-Temasek, Safwah juga menyatakan, “Bisnis startup dan UKM sudah sepatutnya menggunakan pendekatan internet first”.

Di sisi lain, survei dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menunjukkan bahwa pada 2016 sudah ada sekitar 28% dari pelaku UKM yang memasarkan produknya melalui website. Dengan data ini, Indra optimis di 2019 jumlah UKM yang menggunakan website sudah meningkat dengan pesat.

Untuk menjamin kualitas pemenang, Exabytes selaku penyelenggara IWA meningkatkan sistem penilaian website dan melibatkan 15 juri yang terdiri dari web designer dan web developer profesional. Kriteria penilaian pun sudah ditetapkan seperti desain, SEO friendly, kecepatan akses, performa dan tentu saja konten. Exabytes juga menggandeng perusahaan teknologi Blockchain asal Singapura, Tezos sebagai mitra penyelenggara IWA 2018.

 Indonesia Website Awards 2018 menganugerahkan bank BRI (bri.co.id) sebagai pemenang untuk kategori komersial. Sedangkan Eirudo (eirudo.com) dinobatkan sebagai juara untuk kategori personal. Adapun pemenang untuk kategori e-commerce jatuh pada website Shopatvelvet (shopatvelvet.com).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jejeran Unit Produksi Astra Daihatsu Motor di Fasilitas Logistik

Minggu, 18 April 2021 - 08:27 WIB

Permintaan Mobil Melonjak, Tak Nyangka, Daihatsu Lakukan Ini..

Jakarta-Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan…

Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah Menjadi Bahan Bakar Alternatif Berupa Refused Derived Fuel (Photo by BUMN)

Minggu, 18 April 2021 - 08:15 WIB

Ini Dia Terobosan Keren, Gerakan Sedekah Sampah Berbasis Masjid

Jakarta– Pendekatan keagamaan sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengelola sampah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa nomor 47/2014 tentang pengelolaan…

Pengisian LPG 3kg

Minggu, 18 April 2021 - 08:15 WIB

Kabar dari Pertamina Ini Bakal Bikin Warga Bandung Raya Tenang Selama Ramadan

Untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan tahun ini. PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat menambah pasokan LPG subsidi 3 kilogram (Kg) secara…

Dodi Susanto, Direktur Operasional Asuransi Jasindo,

Minggu, 18 April 2021 - 07:30 WIB

Rogoh Rp1 Miliar, Jasindo Penuhi Janji Pembayaran Klaim Batu Split PPM

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo membayarkan klaim untuk PT Papua Putra Mandiri (PPM) sebesar Rp 1 miliar .  Pembayaran klaim asuransi bidang kelautan (marine) Asuransi Jasindo…

Pemeriksaan Genose di Pelabuhan

Minggu, 18 April 2021 - 06:30 WIB

Bapak Ibu Tolong di Catat! Biaya Pemeriksaan GeNose C19 di Pelabuhan Rp30 Ribu, Berlaku Minggu Ini...

Layanan pemeriksaan cepat untuk deteksi dini Covid-19 dengan menggunakan alat Ge-Nose C19 mulai tersedia di sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo…