Tips Agar Klaim Asuransi Tak Ditolak

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 April 2019 - 08:00 WIB

Sompo Insurance Luncurkan Layanan Car Claim Pointn(Foto Warta Ekonomi)
Sompo Insurance Luncurkan Layanan Car Claim Pointn(Foto Warta Ekonomi)

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Memiliki rumah dan kendaraan bermotor adalah impian banyak orang. Namun, aset yang Anda miliki belum tentu bebas risiko. Karenanya banyak perusahaan menawarkan produk asuransi properti dan kendaraan bermotor untuk melindungi aset Anda. Persoalannya, meskipun terlindungi asuransi, risiko yang tidak diinginkan bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun. Jika hal ini menimpa, tentu Anda akan mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

“Anda sebagai pemilik aset harus mengerti dan memahami prosedur klaim dan manfaat asuransi yang benar. Jika tidak, bukan tidak mungkin klaim yang Anda ajukan tidak dapat di proses. Akibatnya, Anda yang akan dirugikan karena harus membiayai perbaikan rumah atau mobil dari kantong sendiri,” Olivia Dharma Malinda Corporate Communications Officer PT. Sompo Insurance Indonesia, Senin (29/4/2019) 

Sompo Insurance, salah satu perusahaan asuransi kerugian di Indonesia menawarkan kemudahan klaim bagi Nasabah melalui berbagai kanal. Salah satunya dengan ketersediaan layanan call center Sompo Care 14051. Tidak hanya itu, Sompo Insurance juga menawarkan layanan melalui surat elektronik ke [email protected], WhatsApp 081-113-14051, hingga fitur live chat yang tersedia di www.sompo.co.id yang seluruhnya dapat diakses dengan mudah selama 24 Jam dalam 7 hari seminggu. Di jam operasional kerja, Nasabah bahkan dapat mengunjungi kantor cabang terdekat, termasuk car claim point di Mega Hyper Mall Bekasi khusus bagi Nasabah yang memegang polis asuransi kendaraan bermotor.

Proses klaimnya pun terbilang mudah dan cepat. Terbukti rata-rata waktu penyelesaian klaim yang dilakukan Sompo Insurance maksimal 14 hari kerja. Klaim asuransi kendaraan bermotor, misalnya, maksimal 3 hari kerja untuk 1-3 panel. Untuk 4-8 panel akan memakan waktu 7 hari kerja, di atas 8 panel membutuhkan maksimal 14 hari kerja, Namun perlu diperhatikan, waktu hari kerja ini akan berpengaruh apabila stok spare part habis dan harus order terlebih dahulu.

Sementara itu, untuk proses klaim asuransi properti tanpa melibatkan Loss Adjuster, perkiraan waktunya antara 1 minggu hingga maksimal 1 bulan. Contoh, apabila Anda mengajukan klaim, saat notifikasi diterima dari tertanggung, tim klaim segera bekerja menindaklanjuti laporan maksimal H+1. Kemudian, tim Customer Contact Centre Sompo Insurance akan berdiskusi dengan Nasabah untuk mengatur jadwal survei ke lokasi. Jika kerugian yang ditaksir melebihi Rp100 juta, maka tim klaim akan menunjuk Loss Adjuster dan periode penyelesaian klaim menjadi bergantung pada kinerja Loss Adjuster dalam mengelola dokumen.

Setelah dokumen lengkap, tim klaim akan mengirimkan surat penawaran ganti rugi kepada tertanggung. Jika tertanggung sepakat dan mengembalikan surat beserta inovice, maka Sompo Insurance akan memproses pembayaran di sistem. Apabila credit note selesai ditanda tangani, maksimal 10 hari kerja tim klaim akan menerima bukti transfer bahwa klaim telah dibayarkan. Namun, patut diingat, jangka waktu proses klaim tersebut sangat bergantung pada kerusakan yang dialami masing-masing aset yang diasuransikan.

Setelah Anda memahami prosedur di atas, kini giliran Anda untuk menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Untuk klaim asuransi kendaraan bermotor, siapkan fotokopi SIM, fotokopi STNK, fotokopi polis, termasuk surat keterangan kepolisian (untuk kasus pencurian). Untuk klaim asuransi properti, pastikan Anda menyiapkan formulir klaim, surat laporan kepolisian (untuk kasus kebakaran dan pencurian), surat lapor klaim ke asuransi, kronologi kejadian, rincian klaim, invoice, invoice pembelian untuk stock, stock opname, gambar kerusakan, atau dokumen lainnya.

Kendala umum yang ditemui dalam proses klaim adalah ketidaktersediaan barang yang menjadi obyek kerugian. Contoh, dalam klaim kebakaran pabrik, mesin yang ikut menjadi obyek pertanggungan harus didatangkan dari luar negeri sehingga membutuhkan waktu penyelesaian klaim yang lebih lama. Atau tertanggung membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan invoice dari kerugian yang terjadi dan penyampaiannya kepada tim klaim pun tertunda sehingga berdampak pada proses penyelesaian klaim yang akan melebihi batas waktu maksimal.

Kunci dari klaim yang valid dan pasti diterima tentunya pelaporan klaim yang jujur dan sesuai dengan ketentuan polis yang dibeli oleh Nasabah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membaca dengan detail apa yang di lindungi dan membaca ketentuan yang berlaku sehingga apa yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…