BISKOM dan APTIKNAS Gelar ‘Indonesia Innovation Award 2019’

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 26 April 2019 - 08:06 WIB

Innovation Award 2019 Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan dan Pemerintah Daerah di Indonesia
Innovation Award 2019 Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan dan Pemerintah Daerah di Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Setiap organisasi bisnis dan organisasi pemerintah harus bisa melakukan adaptasi terhadap perkembangan jaman, hal tersebut dapat dicapai dengan cara selalu menciptakan inovasi.

Untuk memacu dan meningkatkan langkah tersebut, majalah Biskom dan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) meggelar  ‘Indonesia Innovation Award 2019’ pada Kamis, 25 April 2019 di Grand Ballroom, Hotel Fairmont Jakarta, Pukul 18.00 -22.00 WIB

Indonesia Innovation Award 2019 didukung oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Akademisi (ICT Institute), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan lembaga market research PT Alvara, serta beberapa lembaga lainnya.

Ir. Soegiharto Santoso alias Hoky selaku Ketua Panitia Penyelenggara IIA 2019 mengatakan, “Tujuan yang ingin dicapai dari Indonesia Innovation Award 2019 adalah meningkatkan daya saing perusahaan, mendorong produktifitas dan efisiensi perusahaan serta menumbuh kembangkan budaya inovasi dan kreatifitas”.

Selain itu memberikan apresiasi kepada korporasi yang Inovatif, mempublikasikan kepada pihak-pihak terkait, misalnya perusahaan, investor, lembaga keuangan, pemerintah dan diharapkan dapat mendukung program pemerintah.

Lebih lanjut  Hoky yang juga CEO/Pimpinan Umum Majalah Biskom menambahkan, “Saya kebetulan menjabat sebagai Ketum APTIKNAS yang sampai dengan saat ini telah mempunyai 27 DPD APTIKNAS se Indonesia dan memiliki 3 program kerja yaitu smart city, e-commerce dan digital talent”.

Tentu hal tersebut merupakan potensi yang sangat besar untuk melakukan sinergi dengan berbagai pihak, baik dengan pihak swasta/pebisnsis maupun pemerintah dan juga dunia pendidikan.

“Apalagi saat ini para Ketua-Ketua DPD APTIKNAS telah mulai aktif, khususnya dalam kesempatan ini Pak Fanky Christian selaku Ketua DPD APTIKNAS DKI Jakarta yang sangat aktif dan juga terlibat dalam kepantiaan ini, sehingga potensi di APTIKNAS dapat dioptimalkan serta yakin akan banyak hal positif yang dapat diduplikasi oleh teman-teman DPD APTIKNAS yang telah tersebar dari Aceh hingga Papua,” jelasnya.

Sementara itu  Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti DR. Ir. Ophirtus Sumule, DEA selaku Ketua Dewan Juri menambahkan, “Sebelum penganugerahan ‘Indonesia Innovation Award 2019’ telah dilakukan serangkaian acara seperti Shortlist perusahaan dan penyusunan kuesioner untuk peserta 5 Januari-5 Februari 2019, Pengisian kuesioner oleh kandidat pemenang 5-20 Maret 2019”.

Pengembalian formulir konfirmasi kandidat pemenang 20 Maret 2019, Pengembalian jawaban kuesioner dilakukan 25 Maret 2019, dan kemudian pemenang diputuskan lewat sidang pleno dewan panelis yang dilakukan pada tanggal 28 Maret 2019 dan 1 April 2019 dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti serta pengumuman pemenang dilaksanakan pada 25 April 2019. Disampaikan pula bahwa para panelis juri berasal dari; Kemenristekdikti, APTIKNAS, APEKSI, Badan Inovasi Center (BIC), Information Communication Technology (ICT) Institute dan Dewan Riset Nasional (DRN).

Tujuan Innovation Award 2019

Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan dan Pemerintah Daerah di Indonesia yang telah berhasil berkreasi dan inovatif dalam meningkatkan layanan, kinerja dan daya saing produk yang paling banyak mendapatkan rekomendasi dari masyarakat atau konsumen.

Mendorong perusahaan dan pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan nasional.

Mendorong pemerintah kota untuk melakukan inovasi baik dalam hal kemudahan pelayanan publik, transparansi, dan efesiensi untuk peningkatan daya saing.

Meningkatkan perhatian pemerintah, perbankan nasional, dan lembaga kreditur/pembiayaan lainnya, untuk lebih mendorong pembiayaan infrastruktur di Indonesia.

Penilaian Innovation Award 2019

Fokus penilaian, pada kreativitas dan inovasi yang dilakukan dengan mengunakan bahan dasar lokal (TKDN) dan prospek bisnisnya ke depan.

Menggunakan dua metode penilaian sekaligus, yakni penilaian inovasi dan market research (survei konsumen).

Pemenang  Indonesia Innovation Award 2019

Perusahaan

1.PT Epson Indonesia

2.PT Asuransi Great Eastern

3.PT Asuransi Tugu Mandiri

4.PT Bank Nagari

5.PT Bank NTB Syariah

6.PT Bank OCBC NISP, Tbk

7.PT Barata Indonesia (Persero)

8.PT Indonesia Power

9.PT Industri Kereta Api (Persero)

10.PT Lippo General Insurance

11.PT Modern Land Tbk

12.PT Pelindo III (Persero)

13.PT Pindad (Persero)

14.PT Pos Indonesia (Persero)

15.PT. Privy Identitas Digital

16.PT Pupuk Sriwijaya

17. PT Sinergy Informatika Semen Indonesia

18. PT Sucofindo (Persero)

19. PT Visionet Internasional (OVO)

20. PT Wijaya Karya, Tbk

21. PT Biznet Networks

22. PT Perkebunan Nusantara VII

23. Perum Damri

Pemerintah Daerah

1.Kota Ambon

2.Kota Banda Aceh

3.Kota Bandung

4.Kota Banjarmasin

5.Kota Batam

6.Kota Batu

7.Kota Blitar

8.Kota Bontang

9.Kota Jambi

10.Kota Kupang

11.Kota Magelang

12.Kota Malang

13.Kota Manado

14.Kota Palangkaraya

15.Kota Pare Pare

16.Kota Pekalongan

17.Kota Salatiga

18.Kota SawahLunto

19.Kota Tual Maluku

20.Kota Samarinda

Acara ‘Indonesia Innovation Award 2019’ akan dihadiri oleh; Perwakilan dari Kemenristekdikti, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia dan berbagai asosiasi terkait.

Bahwa dalam kesempatan tersebut juga diluncurkan siaran Radio PAUD KAMI  (Koalisi Anak Madani Indonesia) yaitu Radionya Anak Generasi Titanium 5.0 yang dapat dimanfaatkan langsung di gawai kita masing-masing, Ungkap Hoky yang juga menjabat sebagai Sekjen KAMI.

Hadirnya Radio PAUD yang juga merupakan bagian dari produk Inovasi anak bangsa yang diharapkan dapat menjadi media bagi anak-anak untuk belajar dan hiburan mereka. Di Radio PAUD  telah tersedia 400 lagu anak-anak termasuk lagu wajib nasional, chitchat jenaka, mendongeng, sapa teman, kidz story telling, dan  anak-anak dapat bertukar pesan dengan sahabat-sahabat di seluruh Indonesia, serta terdapat program pembelajaran dari para pakar dan psikolog anak.

“Radio PAUD hadir untuk menimalisir ketergantungan anak-anak terhadap gawai yang selama ini diberikan secara bebas oleh orang tuanya. Radio PAUD sangat rekomen untuk ibu-ibu yang kesulitan mencari lagu anak-anak dan Aplikasi Radio PAUD telah dapat di download melalui  play store dengan icon Radio Paud KAMI,” pungkas Hoky.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin