Ini 5 Caleg Kaltim Berpotensi ke Senayan

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 25 April 2019 - 11:55 WIB

Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)
Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)

INDUSTRY.co.id , JAKARTA–Partai Golkar menduduki posisi teratas perolehan suara sementara pemilihan legislatif (Pileg) Daerah Pemilihan Kalimantan Timur tahun 2019. Dikutip dari website KPU hingga pukul 24.04 Rabu (24/4), perolehan suara sementara Partai Golkar di Kaltim mencapai 22%, mengungguli PDI Perjuangan di posisi kedua dengan perolehan suara 20%.

Jika trend keunggulan ini berlanjut hingga perhitungan resmi KPU berakhir pada 22 Mei mendatang, maka Partai Golkar Kaltim berpeluang besar meraih tiga kursi DPR RI. Lima caleg yang berpeluang merebut tiga kursi itu ialah Hetifah, Pahlevi Pangerang, Rudi Masud, Adi Darma, dan Dewi Sartika.

Vani Tambajong, pengamat politik dari Kaltim, menyampaikan ucapan selamatnya kepada Pahlevi Pangerang setelah mencermati data suara yang masuk hingga Rabu (24/4/2019).

Menurut Vani, sosok Pahlevi Pangerang adalah wakil bendahara DPP Partai Golkar. Ia juga duduk di Pimpinan Paripurna Dewan Koperasi Indonesia dan memiliki jaringan koperasi yang kuat di Kaltim.

“Kaltim, Kukar, Samarinda, Bontang, Kubar, Balikpapan 6751 TPS. Semoga Kaltim dapat mengutus 3 putra-putri Beringin ke Senayan,” papar Vani yang juga kader Partai Golkar Kaltim, Kamis  (25/4/2019).

Dengan total daftar pemilih tetap (DPT) 2,4 juta orang yang tersebar di 10 kabupaten/kota dan 103 kecamatan, Kaltim mendapat jatah 8 kursi DPR RI dan 55 kursi DPRD Kaltim. Kaltim sendiri hanya memiliki satu Dapil dengan total TPS sebanyak 10.909 TPS. Dapil Kaltim mencakup 10 kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang, Kota Balikpapan, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kota Samarinda, Kabupaten Mahulu, Kabupaten Panajam Pasir Utara, dan Kabupaten Berau.  

Raihan sementara Partai Golkar Kaltim ini merupakan lompatan prestasi. Sebab, dalam Pileg tahun 2014, Golkar Kaltim hanya bisa menempatkan 2 kadernya di Senayan, yaitu Mahyudin dan Hetifah. Nama terakhir merupakan PAW untuk Neni yang terpilih sebagai walikota Bontang dalam Pilkada 2018.

Sebelumnya, nama Hetifah dan Pahlevi Pangerang pernah disebut khusus oleh Dr. H. Muhammad Zainul Majid (TGB) dalam acara Konsolidasi Partai Golkar Provinsi Kaltim di Gedung Putri Karang Melenu Tenggarong, Rabu (13/2/2019).

Optimisme Partai Golkar Kaltim untuk Pileg 2019 sudah dihembuskan oleh TGB dalam acara Konsolidasi bulan Februari itu. TGB bahkan menyebut angka 4 kader, bukan 3 kader yang ke Senayan. “Representasi 2 kader yang berhasil pada Pileg 2014 yang lalu, semoga ada pertambahan bukan tiga tetapi 4 kader menuju Senayan,” ujar mantan Gubernur NTB itu yang disambut tepuk tangan seluruh kader ‘beringin’ yang hadir saat itu, seperti dikutip dari kabargolkar.com, Rabu (13/2/2019).

Secara nasional, PDIP masih mendominasi dengan perolehan suara 19,55%, disusul Partai Golkar di posisi kedua dengan perolehan sebesar 14,12%. Empat partai lainnya yang masuk enam besar sementara perolehan suara di Kaltim masing-masing Gerindra 11,23%, Nasdem 10,03%, Demokrat 8,04%, PKB 7,96%. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…