Ini 5 Caleg Kaltim Berpotensi ke Senayan

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 25 April 2019 - 11:55 WIB

Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)
Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)

INDUSTRY.co.id , JAKARTA–Partai Golkar menduduki posisi teratas perolehan suara sementara pemilihan legislatif (Pileg) Daerah Pemilihan Kalimantan Timur tahun 2019. Dikutip dari website KPU hingga pukul 24.04 Rabu (24/4), perolehan suara sementara Partai Golkar di Kaltim mencapai 22%, mengungguli PDI Perjuangan di posisi kedua dengan perolehan suara 20%.

Jika trend keunggulan ini berlanjut hingga perhitungan resmi KPU berakhir pada 22 Mei mendatang, maka Partai Golkar Kaltim berpeluang besar meraih tiga kursi DPR RI. Lima caleg yang berpeluang merebut tiga kursi itu ialah Hetifah, Pahlevi Pangerang, Rudi Masud, Adi Darma, dan Dewi Sartika.

Vani Tambajong, pengamat politik dari Kaltim, menyampaikan ucapan selamatnya kepada Pahlevi Pangerang setelah mencermati data suara yang masuk hingga Rabu (24/4/2019).

Menurut Vani, sosok Pahlevi Pangerang adalah wakil bendahara DPP Partai Golkar. Ia juga duduk di Pimpinan Paripurna Dewan Koperasi Indonesia dan memiliki jaringan koperasi yang kuat di Kaltim.

“Kaltim, Kukar, Samarinda, Bontang, Kubar, Balikpapan 6751 TPS. Semoga Kaltim dapat mengutus 3 putra-putri Beringin ke Senayan,” papar Vani yang juga kader Partai Golkar Kaltim, Kamis  (25/4/2019).

Dengan total daftar pemilih tetap (DPT) 2,4 juta orang yang tersebar di 10 kabupaten/kota dan 103 kecamatan, Kaltim mendapat jatah 8 kursi DPR RI dan 55 kursi DPRD Kaltim. Kaltim sendiri hanya memiliki satu Dapil dengan total TPS sebanyak 10.909 TPS. Dapil Kaltim mencakup 10 kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang, Kota Balikpapan, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kota Samarinda, Kabupaten Mahulu, Kabupaten Panajam Pasir Utara, dan Kabupaten Berau.  

Raihan sementara Partai Golkar Kaltim ini merupakan lompatan prestasi. Sebab, dalam Pileg tahun 2014, Golkar Kaltim hanya bisa menempatkan 2 kadernya di Senayan, yaitu Mahyudin dan Hetifah. Nama terakhir merupakan PAW untuk Neni yang terpilih sebagai walikota Bontang dalam Pilkada 2018.

Sebelumnya, nama Hetifah dan Pahlevi Pangerang pernah disebut khusus oleh Dr. H. Muhammad Zainul Majid (TGB) dalam acara Konsolidasi Partai Golkar Provinsi Kaltim di Gedung Putri Karang Melenu Tenggarong, Rabu (13/2/2019).

Optimisme Partai Golkar Kaltim untuk Pileg 2019 sudah dihembuskan oleh TGB dalam acara Konsolidasi bulan Februari itu. TGB bahkan menyebut angka 4 kader, bukan 3 kader yang ke Senayan. “Representasi 2 kader yang berhasil pada Pileg 2014 yang lalu, semoga ada pertambahan bukan tiga tetapi 4 kader menuju Senayan,” ujar mantan Gubernur NTB itu yang disambut tepuk tangan seluruh kader ‘beringin’ yang hadir saat itu, seperti dikutip dari kabargolkar.com, Rabu (13/2/2019).

Secara nasional, PDIP masih mendominasi dengan perolehan suara 19,55%, disusul Partai Golkar di posisi kedua dengan perolehan sebesar 14,12%. Empat partai lainnya yang masuk enam besar sementara perolehan suara di Kaltim masing-masing Gerindra 11,23%, Nasdem 10,03%, Demokrat 8,04%, PKB 7,96%. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…