Komut Garuda: Keuangan Garuda Membaik Lima Tahun Terakhir

Oleh : Herry Barus | Kamis, 25 April 2019 - 08:00 WIB

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)
Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk Agus Santoso mengklaim bahwa keuangan perusahaan terus membaik selama lima tahun terakhir.

Agus dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (24/4/2019) , mengatakan pernyataan tersebut meluruskan adanya anggapan pihak tertentu yang menyatakan bahwa perusahaan maskapai milik BUMN itu morat marit terus mengalami kerugian.

Agus mengaku kinerja keuangan perusahaan tahun 2014 waktu pergantian pemerintahan memang tidak begitu bagus, tetapi perseroan terus melakukan upaya perbaikan.

"Dalam RUPS tahun 2015 untuk kinerja operasi dan keuangan tahun buku 2014, Garuda mewarisi kinerja keuangan dari era pemerintahan yang lalu yang mencatat kerugian sebesar 371.4 juta dollar AS,” ujar Agus.

Kondisi itu, kata dia, tidak membuat para pimpinan perusahaan menjadi patah arang karena setelah Direksi di bawah pimpinan Dirut Arif Wibowo bekerja, mulai terlihat adanya perbaikan, di mana pada 2015 tercatat untung 76,48 juta dollar AS kemudian pada 2016 Garuda mencatat untung 9,4 juta dollar AS.

Sayangnya, lanjut dia, pada masa direksi dengan Dirut Pahala Mansury tercatat Garuda pada 2017 rugi 213.4 juta dollar AS, di antaranya karena Garuda menyelesaikan masalah masa lalunya yang diselesaikan dengan membayar “tax amnesty” dan denda pengadilan Australia 145,8 juta dolar AS atau rugi riel nya 67,6 juta dollar AS. 

"Rugi ini terjadi sebagian, karena Garuda menyelesaikan masalah utang pajak masa lalu-nya dengan ikuti program tax amnesty," tutur Agus.

Lalu, pimpinan perusahaan yang baru dilantik oleh Menteri BUMN Rini Soemarno pada 2018, yakni Dirut Ari Askhara dan Komisaris Utama Agus Santoso mewarisi pekerjaan besar untuk menyelesaikan beban kerugian tiga triwulan di tahun 2018 (Kuartal 1+ Kuartal 2 + Kuartal 3) hingga 110 juta dollar AS.

"Namun dalam tiga bulan berjalan kami memimpin Garuda mencatat untung 115,250 juta dolar sehingga selama 2018 pun masih ada keuntungan 5, 018 juta dolar. Dan dalam tahun 2019 Kuartal Pertama (Q1) saja sudah untung 19,738 juta dolar," tutur Agus.

Agus mengatakan akibat perubahan lingkungan bisnis baik karena persaingan yang semakin ketat, naiknya harga bahan bakar dan nilai tukar dan ada fluktuasi untung dan rugi.

Dia menambahkan dengan kinerja operasional yang terus meningkat baik dan pendapatan di 2018 revenue mencapai 4,373 miliar dolar AS, tertinggi selama 16 tahun terakhir.

"Saya melihat Garuda ke depannya akan lebih untung lagi dengan terus meningkatkan efisiensi serta pengembangan bisnis-bisnis multiplier effect dan peningkatan bisnis non angkutan penumpang seperti marchandise peralatan-peralatan, service onboard, pengembangan cargo bersama BUMN lainnya. Selain juga pengembangan maintance (GMF), efektivitas penggunaan pesawat, efektivitas rute-rute, penambahan rute potensial domestik, dan lain-lain," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…