Terinspirasi RA Kartini, Ini Kisah Perempuan dibalik Marketplace Jakmall.com

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 April 2019 - 12:59 WIB

Michella dan Livia Jakmall.com
Michella dan Livia Jakmall.com

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Banyak hal menarik yang menjadi pembahasan tentang emansipasi perempuan pada hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 kemarin. Emansipasi dan sosok R.A. Kartini memang tidak bisa terlepas karena banyaknya kisah yang menginspirasi perempuan sekarang dari berbagai macam industri.

Salah satunya mengenai andil perempuan dalam emansipasi termasuk yang ada di perusahaan marketplace. Dua perempuan ini memiliki kisah bekerja di perusahaan marketplace Jakmall.com.
Menjadi Dosen dan menjadi perantara di tim teknologi
Livia Ashianti, Informatic Technology Project Manager Jakmall.com membagikan cerita dimana perempuan yang akrab disapa Livia memimpin 20 orang yang mayoritasnya laki-laki.

Bagi Livia, menjadi bagian dari tim yang mayoritas laki-laki merupakan hal yang menarik karena tugas yang beragam dari menjadi perantara antara divisi sampai mencairkan suasana disaat ketegangan berlangsung di divisi IT. Selain menjadi IT Project Manager, perempuan kelahiran mei 1992 ini juga berpofesi sebagai dosen di jurusan Programmer TI Binus University.

Manajemen waktu merupakan hal yang penting untuk Livia, bagaimana harus menjalankan kewajibannya sebagai dosen dan tetap mengatur tim sebagai project manager. “Karena jam masuk kantor itu 09.00 WIB, jadi sebelum itu ngasih kelas dulu di Binus. Beruntungnya karena jarak kantor dan kampus tempat mengajar dekat jadi gk masalah untuk hal itu. Dijalanin pun menyenangkan,” ujar Livia.

Bagi Livia, menjadi perempuan yang mandiri dan mampu mengerjakan banyak hal merupakan bagian dari emansipasi wanita masa kini.

“Jika RA. Kartini menyampaikan dengan pandangan dan buku, kita menyampaikan hal itu dengan tindakan dan karya. Karena karya yang akan menjadikan kita ada. Kadang kita melihat sesuatu begitu berat, tapi akan berbeda jika sudah dijalani dan itu yang harus dimiliki oleh perempuan Indonesia.” pungkas Livia.

Kreativitas dan Menyamakan Frekuensi Tim
Lain hal dengan Michella Yosephin Tedjo atau perempuan yang akrab disapa Michella. Menjabat sebagai Creative Director Jakmall.com menuntut Michella untuk mampu mempimpin yang sama seperti Livia dengan mayoritas timnya laki-laki.

Bagi Michella keberadaan perempuan dijaman sekarang sudah seharusnya mendapat  suara dan wajib untuk diperhitungkan. “Jika ada problem, sebagai perempuan patut menerapkan pikiran seperti seorang laki-laki, dengan begitu segala permasalahan dapat teratasi karena ada frekuensi yang sama,” ujar Michella.

Bagi perempuan kelahiran 1 Juni 1992 ini, tidak ada Batasan bagi perempuan untuk sebuah pekerjaan, ntah dia di industri teknologi maupun industri lain. Perempuan sudah seharusnya berifikir logic dan mau bergerak maju.

“Ketika ragu terhadap sesuatu, yakini bahwa keraguan itu akan memberikan hal, jadi tiada jalan selain mencoba, dengan mencoba kita bisa mendapatkan jawaban dari keraguan tersebut. Teruslah bergerak maju untuk perempuan Indonesia dari kami Jakmall.com,” pungkas Michella.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…