BMKG Perkuat Koordinasi untuk Pengembangan Indonesia

Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 April 2019 - 08:39 WIB

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dr. Dwikorita Karnawati,  membuka kegiatan  Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) dan Rapat Koordinasi Pengembangan Nasional (RAKORBANGNAS) di Auditorium BMKG.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia.

Rakornas dan Rakorbangnas yang dilaksanakan dari Selasa (23/4/2019) hingga Jumat (26/4/2019) ini diikuti 482 peserta dari Kantor Pusat BMKG, Para Pejabat UPT/ Daerah, Dharma Wanita Persatuan Daerah dan Pusat, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

Kegiatan Rakorbangnas tahun ini mengangkat tema Menuju One Observation Policy, “Sinkronisasi dan Koordinasi Penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk Indonesia Selamat dan Sejahtera.” Sementara untuk tema dari Rakornas tahun ini, yaitu Smart SDM Menuju Global, “Dengan Spirit Socioenterpreneurship.”

Dwikorita menuturkan dalam Rancangan Teknoratik Rencana Pembangunan Jangka menengah 2020-2024 isu bencana dan perubahan iklim menjadi topic khsusu yang akan memberikan arahan bagi sektor dan regional dalam penyusunan rencana pembangunan untuk limat tahun ke depan.

Untuk tahun 2020 yang saat ini berlangsung, tambah Dwikorita isu bencana da perubahan iklim akan menjadi program prioritas yang sasarannya mewujudkan pembangunan ketahanan bencana dan pembangunan rendah karbon.

“Dengan tema tersebut, bermaksud untuk membangun sinergi antar lembaga kenegaraan untuk mengurangi potensi-potensi bencana yang mengancam pelaksnaaan pembangunan yang sedang kita jalankan,” ujar Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan konsilidasi dan koordinasi internal organisasi, melaksanakan implemnetasi restrukturisasi Program-Anggaran, menyusun rencana kerja BMKG 2020, mengintegrasi, sinkronisasi dan harmonisasi RKA-SK hasil Rakorwil 2019 untuk Anggaran Tahun 2020, menguatkan pelaksaan Reformasi Birokrasi di lingkungan BMKG, serta mengevaluasi pelaksanaan kegiatan 2018 dan monitoring kegiatan 2019.

Sementara, Menteri/ Kepala BAPPENAS, Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro, menuturkan jika lembaganya akan siap membantu BMKG dalam menyebarluaskan informasi.

“Bappenas siap mendukung BMKG menjadi terdepan dalam menyediakan layanan informasi berbasis maritime, tidak hanya berbasis terrestrial,” tutup Bambang.

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah optimalisasi perencanaan pembangunan Nasional. Khususnya yang berkaitan dengan Restrukturisasi Program dan Anggaran – Reformasi Birokrasi.  Selain itu, dalam memastikan profesionalitas manajemen pelayanan informasi MKG.

Untuk hal ini, peran strategis BMKG dalam perkembangan global pengamatan cuaca dan perubahan iklim sangat diperhatikan. Rakor ini juga diadakan karena telah berjalannya RB di lingkungan BMKG. Penyusunan implementasi kebijakan Ravalnas 2018 dan persiapan perencanaan pembangunantahun 2020-2024, menjadi dasar adanya kegiatan ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan…

OPPO Reno Unlock Your Creativity

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:08 WIB

OPPO Jaring Lebih Dari 1.000 Calon Pemilik Pertama OPPO Reno Melalui Unlock Your Creativity

Menjelang kehadiran resmi OPPO Reno Series (varian OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom) di Indonesia, OPPO bekerja sama secara eksklusif dengan Blibli.com untuk menyelenggarakan “Unlock Your…

Para Penggagas Konser Indonesia Bersatu (kiri ke kanan) David, Bayu Putra, Mujib Hermani, Koko Deteksi dan Iis Rodinda

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:02 WIB

Digagas, Konser Musik Yang Menyatukan Elemen Bangsa

Kondisi nyata bangsa Indonesia saat ini yang nyaris terbelah akibat Pemilihan Presiden (pilpres) telah mendorong sejumlah anggota masyarakat yakni David (pengusaha), Bayu Putra (Pengusaha Restoran…

QRIM Express (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:00 WIB

QRIM Express-GrabExpress untuk Layanan First Mile & Last Mile

Perusahaan jasa pengiriman yang tumbuh pesat Qrim Express, sebelumnya bernama Red Carpet Logistics (RCL), telah mencapai kesepakatan dengan layanan pengiriman paket on-demand milik Grab, GrabExpress,…

Aldila Warganda SH (kiri) dan Rheno Halomoan Setjo SH yang menjadi penjamin kepulangan Ratih (kerudung). TKW yang dua tahun terlantar di Dubai.

Selasa, 21 Mei 2019 - 09:27 WIB

Alasan Kemanusiaan, Aldila Warganda SH Jadi Penjamin Kepulangan TKW Ratih Dari Dubai

Aldila Warganda SH dari Kantor Pengacara Satria Tarigan & Aldila Warganda Legal Consultan menjadi penjamin kepulangan seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Ratih yang sudah dua tahun terlunta…