Kemenperin Nobatkan Mufidah Jusuf Kalla Jadi Ibu Kerajinan Nasional

Oleh : Ridwan | Selasa, 23 April 2019 - 13:35 WIB

Ibu Wapres RI Mufidah Jusuf Kalla bersama Ketua Dewan Penasihat Darmawanita Persatuan Kementerian Perindustrian Yantie Airlangga dan Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih (Foto:Ridwan)
Ibu Wapres RI Mufidah Jusuf Kalla bersama Ketua Dewan Penasihat Darmawanita Persatuan Kementerian Perindustrian Yantie Airlangga dan Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih (Foto:Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mempromosikan produk-produk industri kecil dan menengah (IKM) agar lebih berdaya saing, baik di dalam negeri maupun di pasar global.

Dalam hal ini, Kemenperin berkerjasama dengan Yayasan Perempuan Untuk Negeri (PUN) menyelenggarakan "Pameran Produk Unggulan Indonesia" di Plasa Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Pameran yang diikuti oleh lebih dari 54 peserta dari para perajin kerajinan, tekstil, dan fashion di seluruh Indonesia tersebut dibuka secara resmi oleh Ibu Wakil Presiden RI Mufidah Jusuf Kalla.

Pada kesempatan tersebut, Kementerian Perindustrian bersama Darmawanita Persatuan Kemenperin menobatkan Mufidah Jusuf Kalla sebagai Ibu Kerajinan Indonesia. 

Yantie Airlangga selaku Ketua Dewan Penasihat Darmawanita Persatuan Kemenperin menilai beliau (Mufidah Jusuf Kalla) sangat pantas dinobatkan sebagai Ibu Kerajinan Nasional, karena peranannya yang sangat besar bagi kemajuan industri kerajinan nasional. 

"Beliau saangat pantas untuk jadi Ibu Kerajinan Nasional. Oleh karena itu, pameren ini menjadi bentuk apresiasi kami untuk beliau (Mufidah Jusuf Kalla)," kata Yantie saat pembukaan "Pameran Produk Unggulan Indonesia" di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (23/4).

Menurut Yantie, kerja keras yang telah dilakukan Mufidah Jusuf Kalla telah mampu meningkatkan kualitas produk-produk kerajina  dalam negeri, sehingga mampu bersaing di pasar nasional maupun global.

"Saya bangga dengan kerja keras beliau yang mampu mendongkrak produk kerajinan dalam negeri lebih berdaya saing," jelasnya.

Sementara itu, Mufidah Jusuf Kalla mengapresiasi kepada Kemenperin dan Darmawanita Persatuan Kemenperin yang telah mendedikasikan kegiatan pameran ini untuk dirinya.

"Sebuah acara yang sangat berkesan yang dibalut nuansa minang, sehingga saya berasa berada di kampung halaman," canda Mufidah.

Dalam kesempatan tersebut, Mufidah Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranas memberikan aprwsiasi setinggi-tingginya kepada Kemenperin yang telah membina para perajin nasional sehingga mampu meningkatkan kualitas produknya.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi kerajinan yang sangat besar dengan kearifan lokal yang melimpah dari para perajin di tengah keterbatasan yanh mereka miliki terutama dalam hal permodalan dan pemasaran.

"Oleh karena itu, saya mengajak sekaligus mempromosikan ke masyarakat luas untuk mencintai hasil kerajinan dan tenun dari para perajin Indonesia," terang Mufidah.

Kemenperin mencatat nilai ekspor dari produk kriya nasional pada Januari-November 2018 mampu mencapai USD 823 juta, naik dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD 820 juta. Industri kerajinan di Indonesia jumlahnya cukup banyak, yakni lebih dari 700 ribu unit usaha. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…