Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Oleh : Nina | Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina
Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

INDUSTRY.co.id - Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik mata dan klinik telinga hidung dan tenggorokan (THT) ini merupakan salah satu bantuan dari masyarakat Indonesia yang diamanahkan melalui BAZNAS. Alhamdulillah bantuan kita diresmikan langsung oleh Prince Hassan,” ujar anggota BAZNAS, Irsyadul Halim, dalam keterangan tertulis usai peresmian di Al Talbiyeh Camp, Distrik Jizah, Yordania, Ahad (21/4/2019). 

Turut hadir Duta Besar RI untuk Yordania dan Negara Palestina, Andy Rachmianto serta sejumlah pejabat Kerajaan Hasyimiyah Yordania dan Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO). Sementara, Irsyadul Halim didampingi Manajer Penghimpunan Digital BAZNAS, Hafiza Elfira Novitariani.

Menurut Irsyad, lebih dari 2 juta warga Palestina menjadi pengungsi di Yordania. Mereka tersebar di beberapa titik lokasi yang dikelola lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang didedikasikan untuk memberikan perlindungan dan pelayanan bagi pengungsi Palestina. 

“Mereka tinggal dengan bantuan yang diberikan oleh lembaga-lembaga kemanusiaan. Yordania sebagai negara dengan jumlah pengungsi Palestina terbanyak, juga memiliki lembaga untuk memberikan bantuan bagi program-program sosial, khususnya untuk pengungsi Palestina. Institusi ini bernama Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO),” ucap Irsyadul Halim. 

BAZNAS, tandas dia, memberikan bantuan bagi pengungsi Palestina dalam bentuk penyaluran dana zakat sebesar 150.000 dolar AS melalui JHCO dan 150.000 dolar AS melalui UNRWA pada 2018. “Kini beberapa program telah diimplementasikan seperti bantuan obat-obatan dan sarana pendidikan bagi anak-anak pengungsi Palestina,” kata dia. 

Irsyad menjelaskan, lokasi bantuan BAZNAS berada di empat tempat pengungsian di Yordania yang dikerjasamakan dengan JHCO. Yaitu, Hettien Camp yang dibangun pada 1968, berlokasi di Provinsi Zarka dan ditinggali oleh 54.876 pengungsi. 

“Para pengungsi tidak memiliki pendapatan yang cukup, sehingga sangat bergantung pada bantuan dari luar. Terdapat empat klinik di mana dua di antaranya dikelola UNRWA dan dua klinik lainnya dikelola Jordan Medical Aid for Palestinians (JMAP).  Bantuan BAZNAS untuk kamp ini dalam bentuk obat-obatan,” kata Irsyad. 

Kemudian, lanjut Irsyad, Gaza Camp yang dibangun tahun 1968, terletak di Provinsi Jerash dan ditinggali 37.000 pengungsi. Para pengungsi di sini tergolong sangat miskin dibandingkan dengan pengungsi di kamp lainnya.
 
“Masih minimnya akses pendidikan dan layanan publik dan juga minimnya infrastruktur dan layanan lainnya, mengakibatkan kualitas hidup yang kurang baik. Terdapat dua klinik yang dibangun UNRWA dan JMAP di sana. Bantuan BAZNAS diberikan di kamp ini dalam bentuk obat-obatan,” ujar Irsyad.

Selanjutnya, papar dia, Alwehdat Camp yang dibangun tahun 1955, berlokasi di Provinsi Amman dan ditinggali oleh 58.311 pengungsi, sehingga tempat ini dikenal sebagai kamp dengan jumlah pengungsi terbanyak di Yordania. 

“Terdapat dua klinik dan 19 klinik swasta, satu pusat rehabilitasi untuk difabel yang mayoritas anak-anak, serta klinik pendengaran untuk memberikan bantuan alat pendengaran. Bantuan BAZNAS diberikan di kamp ini khususnya untuk pusat rehabilitasi dan klinik pendengaran dalam bentuk peralatan dan bahan untuk klinik seperti matras, perban, otoskop, papan braille dan sebagainya,” kata Irsyad.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapolri Jenderal Polisi, Idham Azis (Foto Ist)

Minggu, 07 Juni 2020 - 13:00 WIB

Enam Ton Lebih Narkotika Berhasil Disita Korps Bhayangkara

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menegaskan bahwa Korps Bhayangkara berkomitmen untuk memberantas narkoba sekaligus memeranginya.

Arya Sinulingga Stafsus Menteri BUMN (idntimes.com)

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:45 WIB

Garuda PHK Ratusan Pilot, Anak Buah Erick Thohir: Kita Maklum, Kondisi Lagi Berat

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mempercepat masa kontrak kerja 135 pilotnya sebagai akibat beratnya dampak pandemi Covid-19 terhadap maskapai plat merah tersebut. Terkait kebijakan Garuda…

Paranormal Ki Gendeng Pamungkas (Foto:indowarta.com)

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:28 WIB

Paranormal Terkenal Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar duka dari Ki Gendeng Pamungkas. Paranormal bernama asli Isan Massardi, itu,meninggal dunia pada Sabtu (6/6/2020) sekitar pukul 15.00 di Rumah Sakit Mulia Pajajaran, Kota Bogor

President University Menerapkan Kampus Merdeka

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

Rektor Jony Haryanto Jelaskan Bagaimana President University Menerapkan Kampus Merdeka

Jony mengungkapkan bahwa konsep Kampus Merdeka telah diterapkan President University sejak lama. Target lulusan President University yang berkarya dengan pengembangan karakter, keterampilan,…

Nur Isny Kepala Kampung perbatasan Indonesia Papua Nugini

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

Luar Biasa, Nur Isny Willa Istri Prajurit TNI Menjadi Kepala Kampung di Perbatasan RI-Papua Nugini

Isny Willa salah satu anggota Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII dari Kodim 1707/Merauke perlu di contoh dan menjadi inspiratif bagi anggota Persit maupun wanita…