Kredit Pintar Dorong Literasi Keuangan di Kalangan Pelajar Melalui Edukasi Fintech di Kota Mataram

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 20 April 2019 - 17:22 WIB

Randy Santoso, Senior Business Development Manager Kredit Pintar
Randy Santoso, Senior Business Development Manager Kredit Pintar

INDUSTRY.co.id - Mataram – Platform Peer-to-peer/P2P lending yang memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dalam penilaian kredit, Kredit Pintar turut mendukung misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencapai inklusi keuangan sebesar 75% di Indonesia pada tahun 2019, melalui partisipasi dalam acara edukasi FinTech di Universitas Mataram, Sabtu (20/4/2019). 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong pelajar dalam memainkan perannya melalui industri FinTech guna meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Sebagai perusahaan FinTech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan Peraturan OJK (POJK) No. 77 Tahun 2016, Kredit Pintar memberikan tempat berbagi pengetahuan, pandangan, dan perkembangan dari Peer-to-Peer Lending agar pelajar dapat menggunakan FinTech yang legal dan terdaftar di OJK sebagai platform dalam melakukan pemenuhan kebutuhan keuangan.

“Melalui kegiatan edukasi ini, Kredit Pintar ikut berbagi ilmu mengenai financial technlogy (fintech) kepada mahasiswa disini dan menjadi tempat pemenuhan kebutuhan untuk kalangan pelajar. Selain partisipasi dari pelajar juga dapat mendorong inklusi keuangan di Indonesia, Kredit Pintar juga ingin memberikan semangat kewirausahaan agar dapat lebih banyak orang yang berkontribusi secara positif ke industri ini.” kata Randy Santoso, Senior Business Development Manager Kredit Pintar

Pada April 2019, OJK telah mencantumkan 106 perusahaan FinTech yang sudah terdaftar/legal pada Laman resmi OJK. Menurut OJK, pada 2018 lalu, perusahaan FinTech di Indonesia telah mengumpulkan total transaksi dari industri FinTech mencapai Rp 26 Triliun.

“Melihat dari total transaksi dari industri FinTech, hal ini tentu merupakan bukti bahwa industri FinTech semakin diminati. Hal tersebut menjadi salah satu faktor untuk kami dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih memahami dan lebih cermat dalam menggunakan FinTech, khususnya penggunaan platform kredit multiguna," ungkap Randy.

Randy mengungkapkan, pihaknya bersama pelaku FinTech yang lain yang telah terdaftar oleh OJK terus berupaya untuk memaksimalkan edukasi mengenai FinTech ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya pelajar.

“Dengan adanya acara seperti ini, kami berharap partisipasi dari kalangan pelajar dalam mendukung perkembangan dari industri FinTech agar ekosistem ini dapat tumbuh secara berkelanjutan,” tutup Randy.

Hingga saat ini, Kredit Pintar terus mendorong pemerataan tingkat kesejahteraan masyarakat dengan melayani lebih dari 1 juta nasabah masyarakat Indonesia dengan meyalurkan pinjaman lebih dari 3 Triliun hingga saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapolri Jenderal Polisi, Idham Azis (Foto Ist)

Minggu, 07 Juni 2020 - 13:00 WIB

Enam Ton Lebih Narkotika Berhasil Disita Korps Bhayangkara

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menegaskan bahwa Korps Bhayangkara berkomitmen untuk memberantas narkoba sekaligus memeranginya.

Arya Sinulingga Stafsus Menteri BUMN (idntimes.com)

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:45 WIB

Garuda PHK Ratusan Pilot, Anak Buah Erick Thohir: Kita Maklum, Kondisi Lagi Berat

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mempercepat masa kontrak kerja 135 pilotnya sebagai akibat beratnya dampak pandemi Covid-19 terhadap maskapai plat merah tersebut. Terkait kebijakan Garuda…

Paranormal Ki Gendeng Pamungkas (Foto:indowarta.com)

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:28 WIB

Paranormal Terkenal Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar duka dari Ki Gendeng Pamungkas. Paranormal bernama asli Isan Massardi, itu,meninggal dunia pada Sabtu (6/6/2020) sekitar pukul 15.00 di Rumah Sakit Mulia Pajajaran, Kota Bogor

President University Menerapkan Kampus Merdeka

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

Rektor Jony Haryanto Jelaskan Bagaimana President University Menerapkan Kampus Merdeka

Jony mengungkapkan bahwa konsep Kampus Merdeka telah diterapkan President University sejak lama. Target lulusan President University yang berkarya dengan pengembangan karakter, keterampilan,…

Nur Isny Kepala Kampung perbatasan Indonesia Papua Nugini

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

Luar Biasa, Nur Isny Willa Istri Prajurit TNI Menjadi Kepala Kampung di Perbatasan RI-Papua Nugini

Isny Willa salah satu anggota Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII dari Kodim 1707/Merauke perlu di contoh dan menjadi inspiratif bagi anggota Persit maupun wanita…