Kredit Pintar Dorong Literasi Keuangan di Kalangan Pelajar Melalui Edukasi Fintech di Kota Mataram

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 20 April 2019 - 17:22 WIB

Randy Santoso, Senior Business Development Manager Kredit Pintar
Randy Santoso, Senior Business Development Manager Kredit Pintar

INDUSTRY.co.id - Mataram – Platform Peer-to-peer/P2P lending yang memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dalam penilaian kredit, Kredit Pintar turut mendukung misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencapai inklusi keuangan sebesar 75% di Indonesia pada tahun 2019, melalui partisipasi dalam acara edukasi FinTech di Universitas Mataram, Sabtu (20/4/2019). 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong pelajar dalam memainkan perannya melalui industri FinTech guna meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Sebagai perusahaan FinTech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan Peraturan OJK (POJK) No. 77 Tahun 2016, Kredit Pintar memberikan tempat berbagi pengetahuan, pandangan, dan perkembangan dari Peer-to-Peer Lending agar pelajar dapat menggunakan FinTech yang legal dan terdaftar di OJK sebagai platform dalam melakukan pemenuhan kebutuhan keuangan.

“Melalui kegiatan edukasi ini, Kredit Pintar ikut berbagi ilmu mengenai financial technlogy (fintech) kepada mahasiswa disini dan menjadi tempat pemenuhan kebutuhan untuk kalangan pelajar. Selain partisipasi dari pelajar juga dapat mendorong inklusi keuangan di Indonesia, Kredit Pintar juga ingin memberikan semangat kewirausahaan agar dapat lebih banyak orang yang berkontribusi secara positif ke industri ini.” kata Randy Santoso, Senior Business Development Manager Kredit Pintar

Pada April 2019, OJK telah mencantumkan 106 perusahaan FinTech yang sudah terdaftar/legal pada Laman resmi OJK. Menurut OJK, pada 2018 lalu, perusahaan FinTech di Indonesia telah mengumpulkan total transaksi dari industri FinTech mencapai Rp 26 Triliun.

“Melihat dari total transaksi dari industri FinTech, hal ini tentu merupakan bukti bahwa industri FinTech semakin diminati. Hal tersebut menjadi salah satu faktor untuk kami dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih memahami dan lebih cermat dalam menggunakan FinTech, khususnya penggunaan platform kredit multiguna," ungkap Randy.

Randy mengungkapkan, pihaknya bersama pelaku FinTech yang lain yang telah terdaftar oleh OJK terus berupaya untuk memaksimalkan edukasi mengenai FinTech ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya pelajar.

“Dengan adanya acara seperti ini, kami berharap partisipasi dari kalangan pelajar dalam mendukung perkembangan dari industri FinTech agar ekosistem ini dapat tumbuh secara berkelanjutan,” tutup Randy.

Hingga saat ini, Kredit Pintar terus mendorong pemerataan tingkat kesejahteraan masyarakat dengan melayani lebih dari 1 juta nasabah masyarakat Indonesia dengan meyalurkan pinjaman lebih dari 3 Triliun hingga saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…