Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)
Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

"Kita semua sudah melihat dengan mata kepala kita dan sekaligus melalui media massa bahwa proses pemungutan suara pada 17 April 2019 berlangsung aman, damai, dan lancar," kata Tito usai mengikuti rapat koordinasi khusus tingkat menteri tentang "Pengamanan Pemilu Pasca Pencoblosan" di Kantor Kemenko Pulhukam, Jakarta, Kamis (18/4/2019)

Tito mengakui ada beberapa laporan permasalahan, tetapi tidak terlalu signifikan, yakni, pertama penganiayaan anggota KPPS oleh anggota linmas karena berebut kunci kotak suara, di Sumatera Selatan.

"Kedua adalah peristiwa di Sampang karena ada rebutan mandat saksi sampai ada yang terluka, dari saksi satu partai politik. Ketiga adalah ada yang melarikan kotak suara di daerah Sampang juga, motifnya uang juga. Tetapi, semua sudah kita tangani," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan pencoblosan di beberapa daerah juga dilaporkan tertunda dengan penyebab yang beragam, tetapi tidak signifikan.

"Karena surat suara yang rusak, terlambat, ada yang tertukar karena DPD yang satu Kabupaten pindah ke yang lain, tapi itu sudah diselesaikan di tingkat lokal," katanya.

Untuk yang belum melaksanakan, kata dia, ada dua titik yang diberikan atensi khusus, yakni di Kepulauan Banggai, Sulawesi, karena habis diguncang gempa bumi.

Namun, Tito menjelaskan sudah dilakukan rapat melibatkan KPU, Bawaslu, dan forkompinda yang sepakat akan menyelesaikan pemungutan suara di tujuh kecamatan.

Kedua, kata dia, di Tolikara, Papua, karena ada beberapa distrik yang surat suaranya belum terdistribusi karena kendala cuaca, termasuk di Yahukimo.

"Problem utama adalah cuaca. Kita tahu karena daerah gunung, tergantung penerbangan, kalau cuacanya tidak baik, ya susah mendarat, otomatis surat suaranya terlambat. Dibicarakan dengan panitia pemilu dan pengawasnya. Saya kira semua berjalan baik dan lancar," katanya seperti dilansir Antara.

Tito menjelaskan kesuksesan penyelenggaraan pemilu serentak di Indonesia tidak terlepas dari kerja sama seluruh pihak, baik penyelenggara, pengawas, peserta pemilu, aparat keamanan, dan pemilih.

"Ini salah satu pemilihan terbesar di dunia yang diselenggarakan dalam satu hari. Pemilu 2019 ini juga salah satu pemilu yang paling kompleks karena ada Pilpres dan Pileg uang serempak. Dan itu kita laksanakan sukses," kata Tito.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Obat Kloroquin (foto - Antara)

Senin, 01 Juni 2020 - 19:52 WIB

Sudah Dilarang WHO, Anggota DPR Ini Pertanyakan Alasan Pemerintah yang Masih Menggunakan Klorokuin untuk Obati Pasien Covid-19

Anggota Komisi IX DPR RI Ashabul Kahfi mempertanyakan alasan Pemerintah yang masih menggunakan obat Klorokuin dalam pengobatan pasien terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)

Senin, 01 Juni 2020 - 18:30 WIB

Pengusaha Menjerit 'Enggak Kuat', Apindo Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM, Listrik & Gas untuk Industri

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan pemerintah agar menurunkan harga BBM industri, listrik dan gas yang dibebankan kepada dunia usaha.

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Senin, 01 Juni 2020 - 18:00 WIB

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Kolonel Inf Bangun Nawoko mensosialisasikan “New Normal” bersama Komunitas Road Bike Kabupaten Merauke dengan menikmati keindahan…

Leonard Tupamahu Bali United FC

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Leonard Tupamahu Berharap Putrinya Jadi Atlet

Leonard Tupamahu, salah satu pemain belakang senior berkualitas milik Bali United adalah salah satu dari sekian banyak pemain yang sudah merasakan berbagai tim di Indonesia. Sepanjang kariernya,…

Marc Anthony Klok

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Nomor 10 Idola Marc Anthony Klok

Bagi seorang pesepakbola, nomor punggung adalah sesuatu hal yang cukup penting. Karena dari nomor tersebut seorang pemain terkadang semakin dikenal dan bisa menjadi identitas bagi mereka.