Aplikasi AyoJagaTPS Ikut Bantu Penghitungan Suara Pemilu 2019

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 April 2019 - 11:07 WIB

Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin memperlihatkan hasil pengiriman data relawan
Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin memperlihatkan hasil pengiriman data relawan

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Meski bukan termasuk lembaga survey resmi, aplikasi Ayo Jaga TPS ikut membantu pihak pihak yang ingin mengetahui hasil hitung cepat secara akurat dengan berdasarkan Laporan dari mereka yang sudah membuka aplikasi Ayo Jaga TPS dan mendaftar sebagai relawan. Demikian dikatakan oleh Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin saat merilis hasil  penghitungan suara Pilpres 2019 melalui aplikasi AyoJagaTPS.com. di Cikini, Rabu, 17 April sekitar pukul 15.00 wib.

“Kami memang bukan lembaga survey resmi. Kami hanya masyarakat biasa yang ingin membantu pihak pihak yang berkeneptingan terhadap hasil pemilu lewat keberadaan relawan ayo jaga TPS di seluruh Indonesia,” kata James.

Megenai tingkat ke akuratan aplikasi yang dibuatnya bersama teman temannya, James menjamin hasilnya akurat. “Karena masing –masing relawan hanya melaporkan hasil plano C1 dan kami juga tidak mengolah hanya menambahkan dan membuat grafiknya saja. Bahkan kalau kami ragu terhadap hasil laporan satu TPS kami bisa langsung menelepon relawan yang mengirimkan untuk menjaga ke akuratannya,” kata James.

Hanya saja, ujar James, sejak pagi tanggal 17 April, Telepon genggamnya mendapat serangan dari penelepon tidk dikenal dengan panggilan dari beberapa ota di luar negeri. “Padahal kami ini bukan bentuka TKN 01 maupun BPN 02. Bahkan kami tidak diperintahkan oleh siapa pun untuk membuat  aplikasi ini. Ini murni kreasi anak bangsa yang ingin memanfaatkan tehnologi internet untuk membantu percepatan penghitungan suara,” kata James.

Hingga malam hari, saat dihubungi Industry.co id  James mengaku masih mendapat serangan hingga sangat mengganggu proses penghitungan suara melalui aplikasi AyoJagaTPS.com. Pasalnya, telepon itu  terhambat masuknya penghitungan suara dari relawan-relawan yang berada dilapangan. “Tapi ini menjadi tanggungjawab kami. Dan kami tetap mengabarkan setiap15 menit,” katanya.

Akibat lain dari gangguan tersebut adalah adanya  gangguan untuk  penghitungan suara untuk wilayah Indonesia Timur . “Kemungkinan kami banyak kehilangan info dari Indonesia Timur,” imbuhnya.

Namun walaupun ada gangguan cyber, aplikasi AyoJagaTPS.com telah merilis dari jumlah 4.511 TPS yang berada di wilayah Jawa. Dari hasil jumlah TPS tersebut, James mengungkapkan Jokowi-Amin 40, 26% dan Prabowo-Sandi 59,74 %.

Dari hasil presentase itu, pungkas James, tentu ada perbedaan-perbedaan presentase dari lembaga survey pada saat ini. Tetapi, dirinya menyebutkan hal tersebut hal yang lumrah terjadi. Karena validitasi dan legitimasi tetap acuan akhirnya ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Hasil yang valid dan legitimate tetap berada di tangan  KPU,” katanya. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:59 WIB

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

epat di akhir bulan Mei 2019, Lois Jeans mengadakan acara “LOIS ngARTbuburit”. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini acara Ngartbuburit diadakan di basecamp Rumah Harapan Indonesia…

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:44 WIB

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Depok 25 Mei 2019, Seluruh umat muslim di dunia menyambut suka-cita datangnya bulan penuh berkah, Ya tentu saja bulan Ramadhan begitu dinanti semua umat islam. Dengan menyambutnya bulan Ramadhan…

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:20 WIB

FJGS 2019 Resmi Dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta

akarta, 25 Mei 2019 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE yang tahun ini mengangkat tema SHOPPING SPIRIT. Opening Ceremony diadakan…

Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak disambut hangat oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia yang diwakili oleh Harry Rusmana Irawan, Economic Counsellor Embassy of The Republic of Indonesia.

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:04 WIB

Bukalapak Luncurkan BukaGlobal di Malaysia

Masih dalam rangkaian peluncuran inisiatif terbaru Bukalapak, BukaGlobal, yang menghubungkan lebih dari 4 juta pelapak Indonesia dengan regional konsumen di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan…

Direksi Mandiri Syariah bersama anak Yatim

Minggu, 26 Mei 2019 - 22:58 WIB

Mandiri Syariah Ajak 1000 Anak Yatim Belanja

Jakarta — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyelenggarakan program Sahabat Belanja Yatim dengan mengajak 1000 anak yatim berbelanja pakaian lebaran untuk menyambut Idul Fitri 1440…