Aplikasi AyoJagaTPS Ikut Bantu Penghitungan Suara Pemilu 2019

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 April 2019 - 11:07 WIB

Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin memperlihatkan hasil pengiriman data relawan
Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin memperlihatkan hasil pengiriman data relawan

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Meski bukan termasuk lembaga survey resmi, aplikasi Ayo Jaga TPS ikut membantu pihak pihak yang ingin mengetahui hasil hitung cepat secara akurat dengan berdasarkan Laporan dari mereka yang sudah membuka aplikasi Ayo Jaga TPS dan mendaftar sebagai relawan. Demikian dikatakan oleh Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin saat merilis hasil  penghitungan suara Pilpres 2019 melalui aplikasi AyoJagaTPS.com. di Cikini, Rabu, 17 April sekitar pukul 15.00 wib.

“Kami memang bukan lembaga survey resmi. Kami hanya masyarakat biasa yang ingin membantu pihak pihak yang berkeneptingan terhadap hasil pemilu lewat keberadaan relawan ayo jaga TPS di seluruh Indonesia,” kata James.

Megenai tingkat ke akuratan aplikasi yang dibuatnya bersama teman temannya, James menjamin hasilnya akurat. “Karena masing –masing relawan hanya melaporkan hasil plano C1 dan kami juga tidak mengolah hanya menambahkan dan membuat grafiknya saja. Bahkan kalau kami ragu terhadap hasil laporan satu TPS kami bisa langsung menelepon relawan yang mengirimkan untuk menjaga ke akuratannya,” kata James.

Hanya saja, ujar James, sejak pagi tanggal 17 April, Telepon genggamnya mendapat serangan dari penelepon tidk dikenal dengan panggilan dari beberapa ota di luar negeri. “Padahal kami ini bukan bentuka TKN 01 maupun BPN 02. Bahkan kami tidak diperintahkan oleh siapa pun untuk membuat  aplikasi ini. Ini murni kreasi anak bangsa yang ingin memanfaatkan tehnologi internet untuk membantu percepatan penghitungan suara,” kata James.

Hingga malam hari, saat dihubungi Industry.co id  James mengaku masih mendapat serangan hingga sangat mengganggu proses penghitungan suara melalui aplikasi AyoJagaTPS.com. Pasalnya, telepon itu  terhambat masuknya penghitungan suara dari relawan-relawan yang berada dilapangan. “Tapi ini menjadi tanggungjawab kami. Dan kami tetap mengabarkan setiap15 menit,” katanya.

Akibat lain dari gangguan tersebut adalah adanya  gangguan untuk  penghitungan suara untuk wilayah Indonesia Timur . “Kemungkinan kami banyak kehilangan info dari Indonesia Timur,” imbuhnya.

Namun walaupun ada gangguan cyber, aplikasi AyoJagaTPS.com telah merilis dari jumlah 4.511 TPS yang berada di wilayah Jawa. Dari hasil jumlah TPS tersebut, James mengungkapkan Jokowi-Amin 40, 26% dan Prabowo-Sandi 59,74 %.

Dari hasil presentase itu, pungkas James, tentu ada perbedaan-perbedaan presentase dari lembaga survey pada saat ini. Tetapi, dirinya menyebutkan hal tersebut hal yang lumrah terjadi. Karena validitasi dan legitimasi tetap acuan akhirnya ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Hasil yang valid dan legitimate tetap berada di tangan  KPU,” katanya. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yusuf Rony Kabarjay Lulus jadi TNI AD

Senin, 25 Mei 2020 - 22:47 WIB

Terharu, Cita-cita Yusuf Rony Kabarjay Menjadi Prajurit TNI AD Akhirnya Tercapai

Perjalanan panjang Yusuf Rony Kabarjay (20 th) seorang putra asli Papua dari Kampung Toray, Distrik Sota, akhirnya bisa lulus menjadi anggota TNI AD dalam pengumuman rekrutmen Secata PK Gel…

Arief pegawai Kemenag

Senin, 25 Mei 2020 - 19:40 WIB

Kisah Arief ASN Kemenag Buka Usaha Cukur Gratis plus Berbagi Sembako

Arief berencana meneruskan kegiatan amalnya ini usai lebaran dan selama pandemi. ASN yang akan segera memasuki masa pensiun ini ingin berkhidmah kepada masyarakat sesuai keahlian yang dimilikinya.…

Stefano Cugurra Pelatih Bali United (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 25 Mei 2020 - 18:00 WIB

Bali United Tim Sampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Sebulan sudah umat Islam seluruh dunia menjalankan ibadah puasa sebelum menyambut hari raya kemenangan sukacita yang dimaknai dengan sebutan Idul Fitri. Tahun ini menjadi hari raya Idul Fitri…

Evan Dimas Persija

Senin, 25 Mei 2020 - 17:30 WIB

Evan Dimas Nikmati Ketupat Opor Ayam Saat Lebaran di Surabya

Gelandang Persija Jakarta Evan Dimas merasa senang bisa merayakan Lebaran bersama keluarganya di Surabaya, Jawa Timur.

Ruchman Basori (Kepala Subdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis)

Senin, 25 Mei 2020 - 17:15 WIB

KIP Kuliah dan Perluasan Akses Pendidikan Tinggi

Beasiswa menjadi keharusan untuk memperluas akses anak bangsa mengenyam pendidikan tinggi. Salah satunya melalui beasiswa miskin dan berprestasi (Bidikmisi). Mulai tahun 2020, pemerintah telah…