Aplikasi AyoJagaTPS Ikut Bantu Penghitungan Suara Pemilu 2019

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 April 2019 - 11:07 WIB

Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin memperlihatkan hasil pengiriman data relawan
Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin memperlihatkan hasil pengiriman data relawan

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Meski bukan termasuk lembaga survey resmi, aplikasi Ayo Jaga TPS ikut membantu pihak pihak yang ingin mengetahui hasil hitung cepat secara akurat dengan berdasarkan Laporan dari mereka yang sudah membuka aplikasi Ayo Jaga TPS dan mendaftar sebagai relawan. Demikian dikatakan oleh Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin saat merilis hasil  penghitungan suara Pilpres 2019 melalui aplikasi AyoJagaTPS.com. di Cikini, Rabu, 17 April sekitar pukul 15.00 wib.

“Kami memang bukan lembaga survey resmi. Kami hanya masyarakat biasa yang ingin membantu pihak pihak yang berkeneptingan terhadap hasil pemilu lewat keberadaan relawan ayo jaga TPS di seluruh Indonesia,” kata James.

Megenai tingkat ke akuratan aplikasi yang dibuatnya bersama teman temannya, James menjamin hasilnya akurat. “Karena masing –masing relawan hanya melaporkan hasil plano C1 dan kami juga tidak mengolah hanya menambahkan dan membuat grafiknya saja. Bahkan kalau kami ragu terhadap hasil laporan satu TPS kami bisa langsung menelepon relawan yang mengirimkan untuk menjaga ke akuratannya,” kata James.

Hanya saja, ujar James, sejak pagi tanggal 17 April, Telepon genggamnya mendapat serangan dari penelepon tidk dikenal dengan panggilan dari beberapa ota di luar negeri. “Padahal kami ini bukan bentuka TKN 01 maupun BPN 02. Bahkan kami tidak diperintahkan oleh siapa pun untuk membuat  aplikasi ini. Ini murni kreasi anak bangsa yang ingin memanfaatkan tehnologi internet untuk membantu percepatan penghitungan suara,” kata James.

Hingga malam hari, saat dihubungi Industry.co id  James mengaku masih mendapat serangan hingga sangat mengganggu proses penghitungan suara melalui aplikasi AyoJagaTPS.com. Pasalnya, telepon itu  terhambat masuknya penghitungan suara dari relawan-relawan yang berada dilapangan. “Tapi ini menjadi tanggungjawab kami. Dan kami tetap mengabarkan setiap15 menit,” katanya.

Akibat lain dari gangguan tersebut adalah adanya  gangguan untuk  penghitungan suara untuk wilayah Indonesia Timur . “Kemungkinan kami banyak kehilangan info dari Indonesia Timur,” imbuhnya.

Namun walaupun ada gangguan cyber, aplikasi AyoJagaTPS.com telah merilis dari jumlah 4.511 TPS yang berada di wilayah Jawa. Dari hasil jumlah TPS tersebut, James mengungkapkan Jokowi-Amin 40, 26% dan Prabowo-Sandi 59,74 %.

Dari hasil presentase itu, pungkas James, tentu ada perbedaan-perbedaan presentase dari lembaga survey pada saat ini. Tetapi, dirinya menyebutkan hal tersebut hal yang lumrah terjadi. Karena validitasi dan legitimasi tetap acuan akhirnya ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Hasil yang valid dan legitimate tetap berada di tangan  KPU,” katanya. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno (ketiga dari kanan) didampingi oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kanan) dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan siswa berprestasi

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:59 WIB

Telkom Berikan Bantuan CSR Peduli Pendidikan Nasional bagi Sekolah di Wilayah 3T

Jakarta – Sebagai bagian dari rangkaian peringatan 54 tahun PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Ririek…

Agoda Mix and Save (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:00 WIB

Agoda “Mix and Save” Membantu Wisatawan Menemukan Penawaran Akomodasi yang Lebih Baik

Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, hari ini meluncurkan fitur "Mix and Save"bagi para pelancong dengan budget terbatas. Fitur ini memungkinkan…

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:36 WIB

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Jaringan Pemuda & Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) bekerjasama dengan Tawaf TV DMI Adakan Pelatihan Video Jurnalistik Dasar di Centennial Tower, Sebagai bentuk pengkayaan keilmuan dan kemampuan…

Bank BRI. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:19 WIB

Bank BRI Garap Bisnis DPLK

Jakarta - Belum banyak orang yang mempersiapkan kebutuhan finansialnya di masa mendatang, terutama kebutuhan di hari tua saat usia tidak produktif lagi. Bank BRI sebagai salah satu lembaga keuangan…

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 10:30 WIB

Jimny, Mobil Legendaris dengan Segudang Cerita

Selama lebih dari 40 tahun berkiprah di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), berhasil meluncurkan produk yang melekat di hati masyarakat, salah satunya adalah Jimny.