Dongkrak Laju Bisnis di Tahun 2019, PT Fujitsu Indonesia Bidik Dua Sektor Strategis

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 April 2019 - 11:30 WIB

 Director Fujitsu Indonesia, Odi Handoko (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Director Fujitsu Indonesia, Odi Handoko (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pendidikan dan kesehatan masih menjadi dua sektor penting yang harus diperhatikan di Indonesia. Kurikulum pendidikan dan sistem pengelolaan rumah sakit yang masih belum terorganisir dengan baik membuat Indonesia jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga lainnya.

Hingga saat ini, pemerintah masih terus berupaya menyempurnakan sistem kurikulum dan pengelolaan rumah sakit di Indonesia, salah satunya dengan menggandeng pihak swasta untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dengan negara lainnya.

Disisi lain, jika dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa, kedua sektor ini memiliki pasar yang sangat luar biasa. Peluang besar inilah yang diambil oleh PT Fujitsu Indonesia dengan memfokuskan kedua sektor tersebut sebagai target market perusahaan di tahun 2019. 

"Kedua sektor tersebut (Pendidikan dan Rumah Sakit) menjadi target kami di tahun 2019. Kami akan membawa teknologi mutakhir dari Jepang untuk menyempurnakan sistem kurikulum dan pengelolaan rumah sakit di Indonesia," kata Odi Handoko selaku Managing Director PT Fujisu Indonesia kepada Industry.co.id di Jakarta (18/4).

Ditambahkan Odi, pendidikan menjadi sektor yang tidak akan ada habisnya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Menurutnya, pendidikan menjadi kunci utama untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang lebih berdaya saing. "Maka dari itu, kami menciptakan solusi teknologi tertkini untuk diadopsi dalam kurikulum pendidikan di Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, nantinya teknologi kurikulum tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia. "Kami punya teknologi dari Jepang yang nantinya akan disesuiakan dengan kebutuhan kurikulum pendidikan di Indonesia," jelas Odi.

Hal serupa pun akan dirancang oleh PT Fujitsu Indonesia untuk sistem pengelolaan rumah sakit di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak ditemukan sejumlah rumah sakit yang masih belum menggunakan sistem komputerisasi. 

"Sama halnya seperti sektor pendidikan, kesehatan pun menjadi fokus kami di tahun 2019. Oleh karena itu, kami akan merancang satu solusi yang akan membuat sistem pengelolaan rumah sakit menjadi lebih sempurna," ungkapnya.

Odi menjelaskan, solusi yang dinamakan Healthcare tersebut nantinya akan disesuiakan dengan kebutuhan sistem kesehatan di Indonesia. "Kami sudah ada pembicaraan dengan BPJS, nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan sistem kesehatan di Indonesia," tutur Odi.

Odi berharap solusi Helathcare akan bisa diperkenalkan pada kahir tahun 2019 di Indonesia. "saya berharap akan segera rilis di akhir tahun ini. Pasalnya, selain menjadi fokus kami, kedua sektor tersebut juga memiliki market yang sangat besar di Indonesia. Sehingga nantinya akan mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis kami di Indonesia," tutup Odi.

Sekedar informasi, PT Fujitsu merupakan perusahaan asal Jepang yang mengkhususkan diri dalam semikonduktor, komputer, (super komputer, komputer pribadi, server), telekomunikasi, dan jasa, dan bermarkas di Tokyo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)

Senin, 01 Juni 2020 - 18:30 WIB

Pengusaha Menjerit 'Enggak Kuat', Apindo Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM, Listrik & Gas untuk Industri

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan pemerintah agar menurunkan harga BBM industri, listrik dan gas yang dibebankan kepada dunia usaha.

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Senin, 01 Juni 2020 - 18:00 WIB

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Kolonel Inf Bangun Nawoko mensosialisasikan “New Normal” bersama Komunitas Road Bike Kabupaten Merauke dengan menikmati keindahan…

Leonard Tupamahu Bali United FC

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Leonard Tupamahu Berharap Putrinya Jadi Atlet

Leonard Tupamahu, salah satu pemain belakang senior berkualitas milik Bali United adalah salah satu dari sekian banyak pemain yang sudah merasakan berbagai tim di Indonesia. Sepanjang kariernya,…

Marc Anthony Klok

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Nomor 10 Idola Marc Anthony Klok

Bagi seorang pesepakbola, nomor punggung adalah sesuatu hal yang cukup penting. Karena dari nomor tersebut seorang pemain terkadang semakin dikenal dan bisa menjadi identitas bagi mereka.

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menandatangani prasasasti peresmian Modern Broadband City Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Senin, 01 Juni 2020 - 16:44 WIB

Percepatan Digitalisasi Indonesia, Telkom Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tetap mengoptimalkan operasional network, salah satunya fiberisasi jaringgan demi mendukung terwujudnya pengalaman…