Dongkrak Laju Bisnis di Tahun 2019, PT Fujitsu Indonesia Bidik Dua Sektor Strategis

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 April 2019 - 11:30 WIB

 Director Fujitsu Indonesia, Odi Handoko (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Director Fujitsu Indonesia, Odi Handoko (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pendidikan dan kesehatan masih menjadi dua sektor penting yang harus diperhatikan di Indonesia. Kurikulum pendidikan dan sistem pengelolaan rumah sakit yang masih belum terorganisir dengan baik membuat Indonesia jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga lainnya.

Hingga saat ini, pemerintah masih terus berupaya menyempurnakan sistem kurikulum dan pengelolaan rumah sakit di Indonesia, salah satunya dengan menggandeng pihak swasta untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dengan negara lainnya.

Disisi lain, jika dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa, kedua sektor ini memiliki pasar yang sangat luar biasa. Peluang besar inilah yang diambil oleh PT Fujitsu Indonesia dengan memfokuskan kedua sektor tersebut sebagai target market perusahaan di tahun 2019. 

"Kedua sektor tersebut (Pendidikan dan Rumah Sakit) menjadi target kami di tahun 2019. Kami akan membawa teknologi mutakhir dari Jepang untuk menyempurnakan sistem kurikulum dan pengelolaan rumah sakit di Indonesia," kata Odi Handoko selaku Managing Director PT Fujisu Indonesia kepada Industry.co.id di Jakarta (18/4).

Ditambahkan Odi, pendidikan menjadi sektor yang tidak akan ada habisnya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Menurutnya, pendidikan menjadi kunci utama untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang lebih berdaya saing. "Maka dari itu, kami menciptakan solusi teknologi tertkini untuk diadopsi dalam kurikulum pendidikan di Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, nantinya teknologi kurikulum tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia. "Kami punya teknologi dari Jepang yang nantinya akan disesuiakan dengan kebutuhan kurikulum pendidikan di Indonesia," jelas Odi.

Hal serupa pun akan dirancang oleh PT Fujitsu Indonesia untuk sistem pengelolaan rumah sakit di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak ditemukan sejumlah rumah sakit yang masih belum menggunakan sistem komputerisasi. 

"Sama halnya seperti sektor pendidikan, kesehatan pun menjadi fokus kami di tahun 2019. Oleh karena itu, kami akan merancang satu solusi yang akan membuat sistem pengelolaan rumah sakit menjadi lebih sempurna," ungkapnya.

Odi menjelaskan, solusi yang dinamakan Healthcare tersebut nantinya akan disesuiakan dengan kebutuhan sistem kesehatan di Indonesia. "Kami sudah ada pembicaraan dengan BPJS, nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan sistem kesehatan di Indonesia," tutur Odi.

Odi berharap solusi Helathcare akan bisa diperkenalkan pada kahir tahun 2019 di Indonesia. "saya berharap akan segera rilis di akhir tahun ini. Pasalnya, selain menjadi fokus kami, kedua sektor tersebut juga memiliki market yang sangat besar di Indonesia. Sehingga nantinya akan mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis kami di Indonesia," tutup Odi.

Sekedar informasi, PT Fujitsu merupakan perusahaan asal Jepang yang mengkhususkan diri dalam semikonduktor, komputer, (super komputer, komputer pribadi, server), telekomunikasi, dan jasa, dan bermarkas di Tokyo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:30 WIB

Menhan Ryacudu Pastikan Kondisi Aksi 22 Mei Kondusif Stabil

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizad Ryacudu memastikan kondisi keamanan menjelang aksi 22 Mei 2019 berjalan kondusif dan stabil.

Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:20 WIB

Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Pemerintah mengabulkan harapan Ida Faridha (54) warga Kawarang untuk mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku telah menelusuri keberadaan…

Brigjen Pol Mohammad Iqbal Karopenmas Polri

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:03 WIB

Enam Sikap Masyarakat Jelang Pengumuman Resmi KPU Terkait Pilpres

Sehubungan dengan pengumuman terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024, terdapat masa-masa yang tidak menginginkan/menolak/makar terhadap Presiden terpilih nanti pada…

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Ridwan)

Selasa, 21 Mei 2019 - 19:20 WIB

Sambut Libur Lebaran, Kemenpar Luncurkan Gerakan #PesonaMudik2019

Sambut libur lebaran tahun ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan gerakan #PesonaMudik2019.

Cosmas Batubara Direktur Utama Agung Podomoro Land

Selasa, 21 Mei 2019 - 18:57 WIB

Soft Opening Pullman Hotel Ciawi Senilai Rp1 Triliun

Bogor - Beroperasinya Pullman Ciawi yang merupakan resort hotel bintang 5 pertama yang berada di kawasan Ciawi Bogor, sangat ditunggu oleh masyarakat Jakarta karena merupakan satu-satunya hotel…