Dongkrak Laju Bisnis di Tahun 2019, PT Fujitsu Indonesia Bidik Dua Sektor Strategis

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 April 2019 - 11:30 WIB

 Director Fujitsu Indonesia, Odi Handoko (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Director Fujitsu Indonesia, Odi Handoko (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pendidikan dan kesehatan masih menjadi dua sektor penting yang harus diperhatikan di Indonesia. Kurikulum pendidikan dan sistem pengelolaan rumah sakit yang masih belum terorganisir dengan baik membuat Indonesia jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga lainnya.

Hingga saat ini, pemerintah masih terus berupaya menyempurnakan sistem kurikulum dan pengelolaan rumah sakit di Indonesia, salah satunya dengan menggandeng pihak swasta untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dengan negara lainnya.

Disisi lain, jika dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa, kedua sektor ini memiliki pasar yang sangat luar biasa. Peluang besar inilah yang diambil oleh PT Fujitsu Indonesia dengan memfokuskan kedua sektor tersebut sebagai target market perusahaan di tahun 2019. 

"Kedua sektor tersebut (Pendidikan dan Rumah Sakit) menjadi target kami di tahun 2019. Kami akan membawa teknologi mutakhir dari Jepang untuk menyempurnakan sistem kurikulum dan pengelolaan rumah sakit di Indonesia," kata Odi Handoko selaku Managing Director PT Fujisu Indonesia kepada Industry.co.id di Jakarta (18/4).

Ditambahkan Odi, pendidikan menjadi sektor yang tidak akan ada habisnya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Menurutnya, pendidikan menjadi kunci utama untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang lebih berdaya saing. "Maka dari itu, kami menciptakan solusi teknologi tertkini untuk diadopsi dalam kurikulum pendidikan di Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, nantinya teknologi kurikulum tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia. "Kami punya teknologi dari Jepang yang nantinya akan disesuiakan dengan kebutuhan kurikulum pendidikan di Indonesia," jelas Odi.

Hal serupa pun akan dirancang oleh PT Fujitsu Indonesia untuk sistem pengelolaan rumah sakit di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak ditemukan sejumlah rumah sakit yang masih belum menggunakan sistem komputerisasi. 

"Sama halnya seperti sektor pendidikan, kesehatan pun menjadi fokus kami di tahun 2019. Oleh karena itu, kami akan merancang satu solusi yang akan membuat sistem pengelolaan rumah sakit menjadi lebih sempurna," ungkapnya.

Odi menjelaskan, solusi yang dinamakan Healthcare tersebut nantinya akan disesuiakan dengan kebutuhan sistem kesehatan di Indonesia. "Kami sudah ada pembicaraan dengan BPJS, nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan sistem kesehatan di Indonesia," tutur Odi.

Odi berharap solusi Helathcare akan bisa diperkenalkan pada kahir tahun 2019 di Indonesia. "saya berharap akan segera rilis di akhir tahun ini. Pasalnya, selain menjadi fokus kami, kedua sektor tersebut juga memiliki market yang sangat besar di Indonesia. Sehingga nantinya akan mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis kami di Indonesia," tutup Odi.

Sekedar informasi, PT Fujitsu merupakan perusahaan asal Jepang yang mengkhususkan diri dalam semikonduktor, komputer, (super komputer, komputer pribadi, server), telekomunikasi, dan jasa, dan bermarkas di Tokyo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…