Kota Dumai Bakal Punya Sistim Penyedian Air Minum Kapasitas 450 LPD

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 April 2019 - 10:43 WIB

Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.
Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Kota Dumai yang terletak di Propinsi Riau, pernah dikenal sebagai kota Minyak. Karena banyak perusahaan minyak asing yang beroperas di sana. Namun masa kejayaan itu ternyata tidak meninggalkan jejak di sistim penyediaan air minum. Itu sebabnya Pemerintah kota Dumai menggandeng BUMN PT Adhi Karya (Persero) dan PT Adaro Tirta Mandiri untuk membentuk PT Dumai Tirta Mandiri.

Lalu PT Dumai Tirta Persada sendiri  melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai dalam rangka pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sistem penyediaan air minum Kota Dumai dengan kapasitas 450 Ipd. Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur  Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari Surat Penunjukan Pemenang Lelang yang diterbitkan oleh PDAM Tirta Dumai Bersemai pada tanggal 18 Januari 2019 |alu. Dari penandatanganan perjanjian tersebut, PT Dumai Tirta Persada dan PDAM Tirta Dumai Bersemai berkomitmen untuk memberikan akses air bersih kepada 20.300 sambungan rumah (SR).

Proyek Investasi Penyediaan Air Minum Kota Dumai ini merupakan proyek dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha pertama di Indonesia. Total investasi proyek ini diperkirakan sebesar Rp. 489 miliar dengan masa konsesi selama 25 tahun dan dibangun secara bertahap, yakni tahap I.A sebesar 5O lpd, tahap LB sebesar 200 lpd, dan tahap ll sebesar 200 Ipd.

Selama prosesnya, PDAM Tirta Dumai Bersemai melibatkan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memfasilitasi persiapan dan transaksi proyek.

Penandatanganan ini merupakan Iangkah konkrit dari kedua belah pihak dalam mendukung Program Pemerintah, yaitu Program 100 0 100 untuk peningkatan akses air minum masyarakat Indonesia.

Walikota Dumai, Zulkifli AS mengatakan pihaknya sanagt gembira akhirnya bisa menggandeng pihak BUMN dan Swasta untuk membanguun dan mengembangkan infrastruktur penyediaan air minum bagi masyarakat kota Dumai. “Masyarakat kota Dumai sangat mendambakan adanya fasilitas penyediaan air minum yang memadai. Semoga tidak lama lagi hal itu bakal terwujud dengan ditandatanganinya kerjasama hari ini, “ kata Zulkifli yang menjabat untuk keduakalinya sebagai walikota Dumai. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Air (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 September 2019 - 05:00 WIB

Wujudkan Mimpi Jelajahi Destinasi Wisata, WingsAir Layani Rute Manado-Morotai

Kabupaten Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku Utara (Malut) adalah salah satu pulau paling utara di Indonesia. Kawasan ini berlatar keunikan bahari yang berhadapan…

Harjunot Ali

Sabtu, 21 September 2019 - 21:00 WIB

Harjunot Ali Kembali Main Film Horor

Harjunot Ali dikenal sebagai bintang film drama mumpuni. Kalau kemudian Harjunot mau terlibat di film genre horor, karena ia melihat dari sutradara dan rumah produksi yang menggarapnya.

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Sabtu, 21 September 2019 - 19:59 WIB

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Bagi banyak orang, tanggal tua diwajibkan untuk menghemat pengeluaran. Tapi, kini Cashbac melepaskan kekhawatiran tersebut dengan menghadirkan Promo Tanggal Tua, Rasa Muda dengan memberikan…

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.