Kota Dumai Bakal Punya Sistim Penyedian Air Minum Kapasitas 450 LPD

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 April 2019 - 10:43 WIB

Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.
Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Kota Dumai yang terletak di Propinsi Riau, pernah dikenal sebagai kota Minyak. Karena banyak perusahaan minyak asing yang beroperas di sana. Namun masa kejayaan itu ternyata tidak meninggalkan jejak di sistim penyediaan air minum. Itu sebabnya Pemerintah kota Dumai menggandeng BUMN PT Adhi Karya (Persero) dan PT Adaro Tirta Mandiri untuk membentuk PT Dumai Tirta Mandiri.

Lalu PT Dumai Tirta Persada sendiri  melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai dalam rangka pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sistem penyediaan air minum Kota Dumai dengan kapasitas 450 Ipd. Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur  Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari Surat Penunjukan Pemenang Lelang yang diterbitkan oleh PDAM Tirta Dumai Bersemai pada tanggal 18 Januari 2019 |alu. Dari penandatanganan perjanjian tersebut, PT Dumai Tirta Persada dan PDAM Tirta Dumai Bersemai berkomitmen untuk memberikan akses air bersih kepada 20.300 sambungan rumah (SR).

Proyek Investasi Penyediaan Air Minum Kota Dumai ini merupakan proyek dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha pertama di Indonesia. Total investasi proyek ini diperkirakan sebesar Rp. 489 miliar dengan masa konsesi selama 25 tahun dan dibangun secara bertahap, yakni tahap I.A sebesar 5O lpd, tahap LB sebesar 200 lpd, dan tahap ll sebesar 200 Ipd.

Selama prosesnya, PDAM Tirta Dumai Bersemai melibatkan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memfasilitasi persiapan dan transaksi proyek.

Penandatanganan ini merupakan Iangkah konkrit dari kedua belah pihak dalam mendukung Program Pemerintah, yaitu Program 100 0 100 untuk peningkatan akses air minum masyarakat Indonesia.

Walikota Dumai, Zulkifli AS mengatakan pihaknya sanagt gembira akhirnya bisa menggandeng pihak BUMN dan Swasta untuk membanguun dan mengembangkan infrastruktur penyediaan air minum bagi masyarakat kota Dumai. “Masyarakat kota Dumai sangat mendambakan adanya fasilitas penyediaan air minum yang memadai. Semoga tidak lama lagi hal itu bakal terwujud dengan ditandatanganinya kerjasama hari ini, “ kata Zulkifli yang menjabat untuk keduakalinya sebagai walikota Dumai. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Connie Nurlita (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Connie Nurlita Ajak Masyarakat Dukung Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih

Artis Nasional Connie Nurlita sebagai pribadi dan anggota masyarakat mendukung pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin 20 Oktober mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:15 WIB

Industri 4.0 Bawa RI Jadi Pemimpin di ASEAN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri, dengan ditandai teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan…

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:50 WIB

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Dunia teknologi terus berkembang, tidak ada batasan yang mampu menghambatnya. Begitupun dalam bidang smartphone, khususnya kamera. Semakin ke sini, orang semakin membutuhkan smartphone dengan…

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:46 WIB

Senada dengan Mendag, Hermawan Kartajaya Harap Atase di Luar Negeri Harus Piawai Marketing

Di tengah isu ekonomi global terkait kemungkinan resesi serta perang dagang AS dan China, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa atase-atase Kementerian Perdagangan di luar…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:15 WIB

Airlangga Tuangkan Kisah Bangun Industri Lewat Buku "Merajut Asa"

Sektor industri selama ini konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan…