Kota Dumai Bakal Punya Sistim Penyedian Air Minum Kapasitas 450 LPD

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 April 2019 - 10:43 WIB

Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.
Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Kota Dumai yang terletak di Propinsi Riau, pernah dikenal sebagai kota Minyak. Karena banyak perusahaan minyak asing yang beroperas di sana. Namun masa kejayaan itu ternyata tidak meninggalkan jejak di sistim penyediaan air minum. Itu sebabnya Pemerintah kota Dumai menggandeng BUMN PT Adhi Karya (Persero) dan PT Adaro Tirta Mandiri untuk membentuk PT Dumai Tirta Mandiri.

Lalu PT Dumai Tirta Persada sendiri  melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai dalam rangka pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sistem penyediaan air minum Kota Dumai dengan kapasitas 450 Ipd. Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur  Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari Surat Penunjukan Pemenang Lelang yang diterbitkan oleh PDAM Tirta Dumai Bersemai pada tanggal 18 Januari 2019 |alu. Dari penandatanganan perjanjian tersebut, PT Dumai Tirta Persada dan PDAM Tirta Dumai Bersemai berkomitmen untuk memberikan akses air bersih kepada 20.300 sambungan rumah (SR).

Proyek Investasi Penyediaan Air Minum Kota Dumai ini merupakan proyek dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha pertama di Indonesia. Total investasi proyek ini diperkirakan sebesar Rp. 489 miliar dengan masa konsesi selama 25 tahun dan dibangun secara bertahap, yakni tahap I.A sebesar 5O lpd, tahap LB sebesar 200 lpd, dan tahap ll sebesar 200 Ipd.

Selama prosesnya, PDAM Tirta Dumai Bersemai melibatkan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memfasilitasi persiapan dan transaksi proyek.

Penandatanganan ini merupakan Iangkah konkrit dari kedua belah pihak dalam mendukung Program Pemerintah, yaitu Program 100 0 100 untuk peningkatan akses air minum masyarakat Indonesia.

Walikota Dumai, Zulkifli AS mengatakan pihaknya sanagt gembira akhirnya bisa menggandeng pihak BUMN dan Swasta untuk membanguun dan mengembangkan infrastruktur penyediaan air minum bagi masyarakat kota Dumai. “Masyarakat kota Dumai sangat mendambakan adanya fasilitas penyediaan air minum yang memadai. Semoga tidak lama lagi hal itu bakal terwujud dengan ditandatanganinya kerjasama hari ini, “ kata Zulkifli yang menjabat untuk keduakalinya sebagai walikota Dumai. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Olly Dondokambey *(Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 14:20 WIB

PDIP Sulut Tetapkan 23 Nama di Struktur DPD

PDIP rampungkan pembentukan struktur di tingkat Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Sulut. Posisi Ketua, Sekretaris Bendahara tak mengalami perubahan tetap trio, Olly Dondokambey, Franky Wongkar…

KH Abdullah Gymnastiar

Minggu, 21 Juli 2019 - 14:08 WIB

Aa Gym: Indonesia Harus Move-on

Salah satu cara bangkit terbaik menurut ulama yang biasa disapa Aa Gym ini adalah dengan tak henti-hentinya mendidik generasi muda Indonesia menjadi generasi yang jujur.

Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno (ketiga dari kanan) didampingi oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kanan) dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan siswa berprestasi

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:59 WIB

Telkom Berikan Bantuan CSR Peduli Pendidikan Nasional bagi Sekolah di Wilayah 3T

Jakarta – Sebagai bagian dari rangkaian peringatan 54 tahun PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Ririek…

Agoda Mix and Save (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:00 WIB

Agoda “Mix and Save” Membantu Wisatawan Menemukan Penawaran Akomodasi yang Lebih Baik

Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, hari ini meluncurkan fitur "Mix and Save"bagi para pelancong dengan budget terbatas. Fitur ini memungkinkan…

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:36 WIB

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Jaringan Pemuda & Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) bekerjasama dengan Tawaf TV DMI Adakan Pelatihan Video Jurnalistik Dasar di Centennial Tower, Sebagai bentuk pengkayaan keilmuan dan kemampuan…