Kota Dumai Bakal Punya Sistim Penyedian Air Minum Kapasitas 450 LPD

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 April 2019 - 10:43 WIB

Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.
Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Kota Dumai yang terletak di Propinsi Riau, pernah dikenal sebagai kota Minyak. Karena banyak perusahaan minyak asing yang beroperas di sana. Namun masa kejayaan itu ternyata tidak meninggalkan jejak di sistim penyediaan air minum. Itu sebabnya Pemerintah kota Dumai menggandeng BUMN PT Adhi Karya (Persero) dan PT Adaro Tirta Mandiri untuk membentuk PT Dumai Tirta Mandiri.

Lalu PT Dumai Tirta Persada sendiri  melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai dalam rangka pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sistem penyediaan air minum Kota Dumai dengan kapasitas 450 Ipd. Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur  Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari Surat Penunjukan Pemenang Lelang yang diterbitkan oleh PDAM Tirta Dumai Bersemai pada tanggal 18 Januari 2019 |alu. Dari penandatanganan perjanjian tersebut, PT Dumai Tirta Persada dan PDAM Tirta Dumai Bersemai berkomitmen untuk memberikan akses air bersih kepada 20.300 sambungan rumah (SR).

Proyek Investasi Penyediaan Air Minum Kota Dumai ini merupakan proyek dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha pertama di Indonesia. Total investasi proyek ini diperkirakan sebesar Rp. 489 miliar dengan masa konsesi selama 25 tahun dan dibangun secara bertahap, yakni tahap I.A sebesar 5O lpd, tahap LB sebesar 200 lpd, dan tahap ll sebesar 200 Ipd.

Selama prosesnya, PDAM Tirta Dumai Bersemai melibatkan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memfasilitasi persiapan dan transaksi proyek.

Penandatanganan ini merupakan Iangkah konkrit dari kedua belah pihak dalam mendukung Program Pemerintah, yaitu Program 100 0 100 untuk peningkatan akses air minum masyarakat Indonesia.

Walikota Dumai, Zulkifli AS mengatakan pihaknya sanagt gembira akhirnya bisa menggandeng pihak BUMN dan Swasta untuk membanguun dan mengembangkan infrastruktur penyediaan air minum bagi masyarakat kota Dumai. “Masyarakat kota Dumai sangat mendambakan adanya fasilitas penyediaan air minum yang memadai. Semoga tidak lama lagi hal itu bakal terwujud dengan ditandatanganinya kerjasama hari ini, “ kata Zulkifli yang menjabat untuk keduakalinya sebagai walikota Dumai. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penthouse mewah Skye by Crown Group

Senin, 18 November 2019 - 16:30 WIB

Crown Group Luncurkan Penthouse Mewah Seharga Rp 45 Miliar di Skye by Crown Group

Pengembang ternama di Australia, Crown Group resmi meluncurkan Penthouse mewah di Skye by Crown Group. Penthouse yang menakjubkan ini menawarkan gaya hidup resor perkotaan yang mewah dan nyaman,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 18 November 2019 - 16:00 WIB

Kinerja Emiten Selama 9 bulan Rendah, Bahana Pangkas Proyeksi Indeks 2019

Hampir keseluruhan emiten yang sudah melantai di bursa efek Indonesia (BEI) telah melaporkan kinerja keuangan selama sembilan bulan tahun ini, beberapa emiten masih memperlihatkan kinerja positif,…

Untouchables, Pameran Bersama Nunung WS-Natisa Jones

Senin, 18 November 2019 - 16:00 WIB

Untouchables, Pameran Bersama Nunung WS-Natisa Jones Ciptadana Art Program 2019

Memutarbalikkan yang tak tersentuh dalam jangkauan kita adalah inti dari kreativitas dan merupakan wilayah dari seniman yang ditampilkan dalam Pameran Program Seni 2019 dan Kalendar Seni 2020…

Industri mainan anak (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 18 November 2019 - 15:45 WIB

Kemenperin Bakal Rebut Pasar Mainan Anak di AS

Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China menjadi peluang bagi industri mainan anak dalam negeri untuk memperluas pasar ekspor ke AS.

Mesin Setor Tarik (CRM) BCA Pecahkan Rekor MURI

Senin, 18 November 2019 - 15:30 WIB

Mesin Setor Tarik (CRM) BCA Pecahkan Rekor MURI

Berkat performa yang solid dan transformasi digital mutakhir yang dibangun, BCA diapresiasi melalui penganugerahan Rekor Muri sebagai ”Bank Swasta Nasional yang Memiliki Jumlah Mesin ATM Setor…