Kota Dumai Bakal Punya Sistim Penyedian Air Minum Kapasitas 450 LPD

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 April 2019 - 10:43 WIB

Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.
Penandatangan Perjanjian antara Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Kota Dumai yang terletak di Propinsi Riau, pernah dikenal sebagai kota Minyak. Karena banyak perusahaan minyak asing yang beroperas di sana. Namun masa kejayaan itu ternyata tidak meninggalkan jejak di sistim penyediaan air minum. Itu sebabnya Pemerintah kota Dumai menggandeng BUMN PT Adhi Karya (Persero) dan PT Adaro Tirta Mandiri untuk membentuk PT Dumai Tirta Mandiri.

Lalu PT Dumai Tirta Persada sendiri  melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai dalam rangka pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sistem penyediaan air minum Kota Dumai dengan kapasitas 450 Ipd. Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur  Utama PDAM Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan bersama Direktur Utama dan Direktur PT Dumai Tirta Persada, Vivi Simampo dan M. Arief Taufiqurrahman.

Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari Surat Penunjukan Pemenang Lelang yang diterbitkan oleh PDAM Tirta Dumai Bersemai pada tanggal 18 Januari 2019 |alu. Dari penandatanganan perjanjian tersebut, PT Dumai Tirta Persada dan PDAM Tirta Dumai Bersemai berkomitmen untuk memberikan akses air bersih kepada 20.300 sambungan rumah (SR).

Proyek Investasi Penyediaan Air Minum Kota Dumai ini merupakan proyek dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha pertama di Indonesia. Total investasi proyek ini diperkirakan sebesar Rp. 489 miliar dengan masa konsesi selama 25 tahun dan dibangun secara bertahap, yakni tahap I.A sebesar 5O lpd, tahap LB sebesar 200 lpd, dan tahap ll sebesar 200 Ipd.

Selama prosesnya, PDAM Tirta Dumai Bersemai melibatkan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memfasilitasi persiapan dan transaksi proyek.

Penandatanganan ini merupakan Iangkah konkrit dari kedua belah pihak dalam mendukung Program Pemerintah, yaitu Program 100 0 100 untuk peningkatan akses air minum masyarakat Indonesia.

Walikota Dumai, Zulkifli AS mengatakan pihaknya sanagt gembira akhirnya bisa menggandeng pihak BUMN dan Swasta untuk membanguun dan mengembangkan infrastruktur penyediaan air minum bagi masyarakat kota Dumai. “Masyarakat kota Dumai sangat mendambakan adanya fasilitas penyediaan air minum yang memadai. Semoga tidak lama lagi hal itu bakal terwujud dengan ditandatanganinya kerjasama hari ini, “ kata Zulkifli yang menjabat untuk keduakalinya sebagai walikota Dumai. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Duta New Normal Dokter Reisa

Selasa, 07 Juli 2020 - 07:28 WIB

Tiga Langkah Penting Aman COVID-19 dari Duta New Normal Dokter Reisa

Penularan virus SARS-CoV-2 masih terjadi hingga hari ini di wilayah nusantara. Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Nasional dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan bahwa dinamika perubahan…

Progres Rusun Pasar Jumat Jakarta Capai Hampir Seratus Persen

Selasa, 07 Juli 2020 - 07:00 WIB

Progres Rusun Pasar Jumat Jakarta Capai Hampir Seratus Persen

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau progres pembangunan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Jumat, DKI Jakarta, Senin (6/7/2020). Pembangunan rusun disamping untuk…

 Panglima TNI-Dirut BRI Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Selasa, 07 Juli 2020 - 06:00 WIB

Panglima TNI-Dirut BRI Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto dan Kapusku TNI Marsma TNI Gladly Mailoa, S.E., menerima audiensi Direktur Utama (Dirut)…

Latihan Pratugas Satgasmar PAM Puter XXIV Wil Barat Teluk Ratai Ditinjau Kepala Staf Korps Marinir

Selasa, 07 Juli 2020 - 05:30 WIB

Latihan Pratugas Satgasmar PAM Puter XXIV Wil Barat Teluk Ratai Ditinjau Kepala Staf Korps Marinir

Kepala Staf Korps Marinir (KS) Kormar, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah M.Tr. (Han) bersama Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Ahmad Fajar meninjau langsung…

Prajurit Yonif 1 Marinir Sidoarjo Ikuti MTT

Selasa, 07 Juli 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Yonif 1 Marinir Sidoarjo Ikuti MTT

Dalam rangka Mobile Training Team (MTT) Mortir 81 mm Tahun 2020 yang digelar Brigif 2 Marinir, Batalyon Infanteri 1 Marinir menyiapkan satu Peleton Mortir 81 mm yang terdiri dari 3 pucuk di…