Ini Aturan Terbaru Penayangan Iklan Lembaga Jasa Keuangan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 16 April 2019 - 17:06 WIB

OJK
OJK

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatur tata nilai pembuatan dan penanyangan iklan oleh industri jasa keuangan baik di media cetak, online dan elektronik lainnya.

Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito menguraikan ada tiga hal yang sangat substansial dalam aturan OJK ini. Ditambah tokoh agama, pejabat pemerintah dan usia di bawah 7 tahun dilarang menjadi talent iklan.

"Tiga hal tersebut, jelas, akurat dan tidak menyesatkan," katanya di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Menurut dia, Lembaga Jasa Keuangan dilarang menggunakan kalimat superlatif atau satu - satunya kecuali disertai referensi yang akurat. Perlu dicata juga, iklan dilarang mengandung unsur iming - iming keuntungan untuk yang akan datang.

"Harus mencantumkan logo OJK, dan kalau syariah selain logo OJK juga logo IB, termasuk logo halal asal yang sudah mendapatkan sertifikatnya," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

John Molloy (no 2 dari kiri) di salah satu Gerai "Floraiku" berbentuk Ryokan yang kini telah hadir di Indonesia.

Selasa, 25 Juni 2019 - 08:33 WIB

O Floraiku Parfum Yang Terinpirasi Dari Bunga Dan Puisi Jepang Hadir Di Indonesia

Industri wewangian atau parfum terus berkembang seiring sejalan dengan industri mode. Meski sudah banyak merek parfum dengan ribuan bau wangi diciptakan selalu saja ada yang ingin membuat terobosan…

Mentan Amran Sulaiman di tengah sawah

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:41 WIB

Kinerja Kementan Genjot Ekspor Pertanian, di Apresiasi DPD

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) dalam program kerjanya selama era pemerintahan Jokowi mampu secara baik meningkatkan produksi dan nilai tambah komoditas.

Mentan Amran Sulaiman

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:33 WIB

DPR : Ngurus Sektor Pertanian Butuh Pemimpin Kuat Seperti Amran

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama seluruh jajarannya telah terbukti mampu memenuhi target pembangunan sektor pertanian, termasuk kecukupan pangan masyarakat Indonesia dalam…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:14 WIB

Lirik Sembilan Saham, IHSG di Level 6257 - 6488

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (24/6/2019) berada di level 6257 - 6488. Cermati sembilan saham pilihan.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:10 WIB

IHSG Cenderung Melemah Hari Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal bergera break out moving average 5 hari dengan potensi kembali melakukan pengujian movinag average 50 hari dan menutup gap di kisaran…