Mau Tahu Hasil Pemilu Real Time, Cek Aplikasi Ayo Jaga TPS

Oleh : Wiyanto | Selasa, 16 April 2019 - 16:27 WIB

Ilustrasi TPS Pemilu serentak
Ilustrasi TPS Pemilu serentak

INDUSTRY.co.id -Jakarta - Hingar bingar Pilpres dan Pileg sudah diujung tanduk, berbagai kalangan menanti siapa yang akan menjadi calon presiden mendatang. Lembaga survei resmi dilarang mengunggah hasil quick count sebelum jam 15:00, berdasarkan keputusan MK.

Untuk mengantisipasi kehausan publik tentang hasil rekapitulasi C1 dan penghitungan manual di TPS di beberapa Provinsi dan Kabupaten secara real time, maka muncullah Aplikasi "Ayo Jaga TPS".

M. James Falahudin - Co-Founder Ayo Jaga TPS menuturkan, aplikasinya diyakini diluar apa yang dilarang Mahkamah Konstitusi. Sebab aplikasinya bukan lembaga survei.

"Kita bukan lembaga survei jadi enggak bisa dilarang," katanya pada diskusi Masyarakat Cinta Pemilu Damai "Cegah Pemilu Curang, Ayo Jaga TPS!" di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Ia menyebutkan, aplikasinya berfungsi sebagai informasi hasil pencoblosan di setiap TPS yang tersebar di 34 Provinsi dan 500 Kabupaten. Jumlah pendownlod aplikasi ini sebanyak 240 ribu yang siap mengawal dan mengabarkan hasil Pemilu Rabu 17 April 2019.

Adapun informasi secara internal di web Ayo Jaga TPS akan dilakukan setelah Jam 13:00. Mengingat Indonesian Timur saat itu baru masuk pukul 11:00. Namun untuk publikasi secara umum belum dipastikan jamnya. Jelasnya, hasil tabulasi penghitungan real C1 dan Penghitungan manual di TPS akan dikabarkan setiap 30 menit sekali.

"Kita masih buka pendownlod hingga pukul 11:00 besok, itu bagi yang mau berpartisipasi menjaga TPS dari kecurangan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

John Molloy (no 2 dari kiri) di salah satu Gerai "Floraiku" berbentuk Ryokan yang kini telah hadir di Indonesia.

Selasa, 25 Juni 2019 - 08:33 WIB

O Floraiku Parfum Yang Terinpirasi Dari Bunga Dan Puisi Jepang Hadir Di Indonesia

Industri wewangian atau parfum terus berkembang seiring sejalan dengan industri mode. Meski sudah banyak merek parfum dengan ribuan bau wangi diciptakan selalu saja ada yang ingin membuat terobosan…

Mentan Amran Sulaiman di tengah sawah

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:41 WIB

Kinerja Kementan Genjot Ekspor Pertanian, di Apresiasi DPD

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) dalam program kerjanya selama era pemerintahan Jokowi mampu secara baik meningkatkan produksi dan nilai tambah komoditas.

Mentan Amran Sulaiman

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:33 WIB

DPR : Ngurus Sektor Pertanian Butuh Pemimpin Kuat Seperti Amran

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama seluruh jajarannya telah terbukti mampu memenuhi target pembangunan sektor pertanian, termasuk kecukupan pangan masyarakat Indonesia dalam…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:14 WIB

Lirik Sembilan Saham, IHSG di Level 6257 - 6488

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (24/6/2019) berada di level 6257 - 6488. Cermati sembilan saham pilihan.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:10 WIB

IHSG Cenderung Melemah Hari Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal bergera break out moving average 5 hari dengan potensi kembali melakukan pengujian movinag average 50 hari dan menutup gap di kisaran…