Mau Tahu Hasil Pemilu Real Time, Cek Aplikasi Ayo Jaga TPS

Oleh : Wiyanto | Selasa, 16 April 2019 - 16:27 WIB

Ilustrasi TPS Pemilu serentak
Ilustrasi TPS Pemilu serentak

INDUSTRY.co.id -Jakarta - Hingar bingar Pilpres dan Pileg sudah diujung tanduk, berbagai kalangan menanti siapa yang akan menjadi calon presiden mendatang. Lembaga survei resmi dilarang mengunggah hasil quick count sebelum jam 15:00, berdasarkan keputusan MK.

Untuk mengantisipasi kehausan publik tentang hasil rekapitulasi C1 dan penghitungan manual di TPS di beberapa Provinsi dan Kabupaten secara real time, maka muncullah Aplikasi "Ayo Jaga TPS".

M. James Falahudin - Co-Founder Ayo Jaga TPS menuturkan, aplikasinya diyakini diluar apa yang dilarang Mahkamah Konstitusi. Sebab aplikasinya bukan lembaga survei.

"Kita bukan lembaga survei jadi enggak bisa dilarang," katanya pada diskusi Masyarakat Cinta Pemilu Damai "Cegah Pemilu Curang, Ayo Jaga TPS!" di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Ia menyebutkan, aplikasinya berfungsi sebagai informasi hasil pencoblosan di setiap TPS yang tersebar di 34 Provinsi dan 500 Kabupaten. Jumlah pendownlod aplikasi ini sebanyak 240 ribu yang siap mengawal dan mengabarkan hasil Pemilu Rabu 17 April 2019.

Adapun informasi secara internal di web Ayo Jaga TPS akan dilakukan setelah Jam 13:00. Mengingat Indonesian Timur saat itu baru masuk pukul 11:00. Namun untuk publikasi secara umum belum dipastikan jamnya. Jelasnya, hasil tabulasi penghitungan real C1 dan Penghitungan manual di TPS akan dikabarkan setiap 30 menit sekali.

"Kita masih buka pendownlod hingga pukul 11:00 besok, itu bagi yang mau berpartisipasi menjaga TPS dari kecurangan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Senin, 24 Februari 2020 - 06:00 WIB

Wapres Ma'ruf Amin dan Ketua MPR RI Hadiri Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan begitu banyak filosofi bikers yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Seorang biker harus menjaga keseimbangan agar dapat melaju…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:37 WIB

Mengupas Saham Pilihan Awal Pekan

IHSG masih terlihat berusaha untuk keluar dari fase konsolidasi wajarnya, memanfaatkan momentum koreksi wajar masih bisa dijadikan peluang oleh investor. IHSG akan berada di level 5821 - 6024.

Ilustrasi ATM BCA (Foto Ist)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:28 WIB

IHSG Konsolidasi, Enam Saham Jadi Perhatian

Secara teknikal seakan pulled back Moving Average 20 hari dan upper bollinger bands dengan konfirmasi break out support Moving Average 5 hari dilevel 5900. indikator Stochastic terkonsolidasi…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Senin, 24 Februari 2020 - 05:05 WIB

Berburu Cashbac Reward 4 Kali Lipat

Tahun Kabisat (leap year) adalah tahun spesial, karena tahun ini tidak terdiri dari 365 hari akan tetapi 366 hari. Inilah keunikan lain dari bulan Februari yang membuatnya kian spesial. Tahun…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Senin, 24 Februari 2020 - 04:00 WIB

Bakamla RI Tindak Lanjuti Arahan Presiden Dalam Penguatan Indonesian Coast Guard

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., langsung menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo tentang Penguatan Bakamla RI menjadi Indonesian Coast Guard dengan melaksanakan…