Presiden Jokowi Dorong Pertumbuhan Industri Halal

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 April 2019 - 16:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo meresmikan Halal Park di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Selasa (16/4/2018) , untuk mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia.

"Hari ini, ini adalah sesuatu yang telah kita mulai Halal Park sebagai embrio pembangunan halal distrik yang akan dibangun di sini," kata Presiden Joko Widodo.

Presiden menyampaikan hal itu saat meresmikan Halal Park yaitu miniatur "Halal District" sebagai satu kawasan yang menggabungkan pelaku bisnis gaya hidup halal di bidang pakaian, makanan, minuman dan lainnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Agama Lukman Hakim Saiffudin, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf dan pejabat lainnya serta CEO dan "founder" HIJUP Halal Park Diajeng Lestari.

"Tadi saya sudah mendapat informasi akan dibangun 21.000 meter persegi bangunan dan ruangnya dan mencapai untuk nilai investasi bangunan kurang lebih Rp250 miliar akan dikerjakan di sini," tambah Presiden.

Menurut Presiden, rencana pembangunan kawasan tersebut sudah dimulai beberapa waktu lalu.

"Ini bukan barang baru, Bu Diajeng (Diajeng Lestari) sudah mengatakan ini dalam 1-3 kali pertemuan di istana dan ini sebuah realisasi. Ini memadukan sumber daya yang dimiliki pemerintah, BUMN, seluruh industri halal dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) kita," ungkap Presiden.

Target penyelesaian pembangunan Distrik Halal tersebut adalah selama dua tahun.

"Ini rencananya selesai dalam dua tahun, ini bukan pekerjaan membalikkan (telapak) tangan jadi, ini pekerjaan yang sudah dibicarakan 1,5 tahun ini dan Insya Allah 2-2,5 tahun ini selesai," ungkap Presiden.

Rencananya distrik halal tersebut akan memadukan usaha di berbagai bidang.

"Dikembangkan di sini dulu, berupa 'fashion moslem', makanan, kuliner, wisata, pengobatan, ini semua menuju ke sana," tambah Presiden.

Dalam kunjungan ke sejumlah stan di Halal Park tersebut, Presiden mengakui produk-produk yang ditawarkan sudah terseleksi dengan baik.

"Produk-produk yang ingin kita tarik adalah produk UMKN, produk UKM yang memiliki kekuatan entah desain, entah harga yang baik, 'packaging' yang baik. Saya lihat yang ada di sini sudah terseleksi dengan baik, di sini diberikan ruang untuk bisa berkembang masuk tidak hanya di pasar-pasar dalam negeri tapi terutama juga masuk ke pasar ekspor karena pertumbuhan nilai produk-produk halal ini sangat pesat sekali, semua negara sedang mengincar ini," tegas Presiden.

Presiden pun berharap "Halal District" tersebut dapat mengangkat kreativitas generasi muda Indonesia.

"Kita padukan untuk memajukan industri halal kita di tingkat regional dan dunia, kita angkat industri halal kita untuk motor pertumbuhan ekonomi. Kita angkat industri halal kita sebagai ladang produktivitas, kreativitas generasi muda kita dan kita angkat industri halal Indonesia sebagai sumber kesejahteraan umat," tegas Presiden.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Senin, 24 Februari 2020 - 06:00 WIB

Wapres Ma'ruf Amin dan Ketua MPR RI Hadiri Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan begitu banyak filosofi bikers yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Seorang biker harus menjaga keseimbangan agar dapat melaju…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:37 WIB

Mengupas Saham Pilihan Awal Pekan

IHSG masih terlihat berusaha untuk keluar dari fase konsolidasi wajarnya, memanfaatkan momentum koreksi wajar masih bisa dijadikan peluang oleh investor. IHSG akan berada di level 5821 - 6024.

Ilustrasi ATM BCA (Foto Ist)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:28 WIB

IHSG Konsolidasi, Enam Saham Jadi Perhatian

Secara teknikal seakan pulled back Moving Average 20 hari dan upper bollinger bands dengan konfirmasi break out support Moving Average 5 hari dilevel 5900. indikator Stochastic terkonsolidasi…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Senin, 24 Februari 2020 - 05:05 WIB

Berburu Cashbac Reward 4 Kali Lipat

Tahun Kabisat (leap year) adalah tahun spesial, karena tahun ini tidak terdiri dari 365 hari akan tetapi 366 hari. Inilah keunikan lain dari bulan Februari yang membuatnya kian spesial. Tahun…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Senin, 24 Februari 2020 - 04:00 WIB

Bakamla RI Tindak Lanjuti Arahan Presiden Dalam Penguatan Indonesian Coast Guard

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., langsung menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo tentang Penguatan Bakamla RI menjadi Indonesian Coast Guard dengan melaksanakan…