Jasa Marga Diskon Tarif Trans Jawa Hingga Mudik Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 16 April 2019 - 11:12 WIB

 PT Jasa Marga Tbk (JSMR) / http://pasarmodal.inilah.com
PT Jasa Marga Tbk (JSMR) / http://pasarmodal.inilah.com

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Jasa Marga (Perseroan) Tbk (JSMR) menyatakan masih membutuhkan waktu untuk memantapkan berapa tarif normal untuk Tol Trans Jawa.

Perusahaan pelat merah ini butuh historical data sebelum menentukan berapa tarif ideal untuk Tol Trans Jawa. Untuk itu, JSMR masih memperpanjang diskon tarif tol ini sampai libur mudi Lebaran.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, saat ini tarif tol Trans Jawa ini masih didiskon. Menurutnya, diskon ini diperpanjang dari rencana awal yang berakhir pada 21 Maret 2019 alias dua bulan sejak diberlakukan pada 21 Januari 2019 lalu menjadi sampai batas waktu mudik Lebaran.

Desi menturkan, pihaknya masih belum bisa membaca arah masyarakat dalam penggunaan tol Trans Jawa.

"Untuk mengkaji itu harus ada historical data, padahal dioperasikannya baru dua bulan. Historical datanya masih goyah belum stabil, sementara kita masih kasih diskon untuk jarak terjauh dari setiap kluster," katanya di Bursa Efek Indonesia, Senin (15/4/2019).

Apalagi, perekaman data saat ini terlalu dekat dengan mudik. Jadi, anggota indeks Kompas100 ini, masih belum mendapatkan data yang pasti soal perilaku masyarakat terhadap tol Trans Jawa.

"Kita masih lihat nanti karena belum stabil, karena berdasarkan data Litbang Kementerian Perhubungan (Kemhub) saja perilaku masyarakat saat mudik di Tol Trans Jawa akan meningkat. Itu sudah pasti," jelas Desi. 

Maka demikian, ia menyatakan, diskon ini masih akan berjalan hingga mudik Lebaran tahun ini.

Saat ini, pemberlakuan tarif ruas Jalan Tol Trans Jawa masih diskon sebesar 15%. Diskon tarif tol ini diberikan mulai dari Cluster II, Cluster III, dan Cluster IV (barrier to barrier).

Pertama, tarif itu berlaku bagi pengguna yang masuk di Gerbang Tol (GT) Palimanan menuju GT Kali Kangkung, serta sebaliknya pada Cluster II tol ini.

Diskon juga diberikan pada Cluster III yang berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Banyumanik menuju GT Warugunung, serta sebaliknya. Terakhir, diskon tarif 15% pada Cluster IV hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Kejapanan Utama dan keluar di GT Grati, serta sebaliknya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat mengungunjungi pabrik Mainan PT Mattel Indonesia

Senin, 22 April 2019 - 15:05 WIB

Industri Mainan Dalam Negeri Terus Banjiri Pasar Ekspor

Industri mainan menjadi salah satu sektor manuaktur yang mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Ini tercermin dari capaian nilai ekspor mainan anak-anak pada tahun…

Direktur Utama Bank BTN, Maryono (kanan), bersama pihak PNM melakukan penandatanganan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (CSPA) di Jakarta, Senin (22/04/2019).

Senin, 22 April 2019 - 14:09 WIB

Bank BTN Akuisisi 30 Persen Saham Anak Usaha Permodalan Nasional Madani

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) membeli 30 persen saham PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNMIM). Saham yang dibeli Bank BTN tersebut adalah milik PT Permodalan Nasional…

CEO Crown Group, Iwan Sunito

Senin, 22 April 2019 - 14:06 WIB

Harga Naik Tiga Kali Lipat, CEO Crown Group: Sekarang Saatnya Beli Apartemen

Crown Group selaku pengembang hunian terkemuka di Australia, terus mendorong pembeli untuk berinvestasi sekarang dengan dasar keuntungan jangka panjang dan berpotensi melipatgandakan kekayaan…

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Senin, 22 April 2019 - 12:31 WIB

Tahun 2019, Mark Dynamics Tingkatkan Kapasitas Produksi Cetakan Sarung Tangan

PT Mark Dynamics Indonesia Tbk berupaya meningkatkan kapasitas produksi cetakan sarung tangan sepanjang tahun ini menjadi 610.000 unit per bulan.

Astragraphia. (Foto: IST)

Senin, 22 April 2019 - 12:17 WIB

Astra Graphia Distribusikan Produk Fujifilm Untuk Lini Bisnis Graphic System

PT Astra Graphia Tbk mendapatkan kepercayaan untuk mendistribusikan produk PT Fujifilm Indonesia untuk lini bisnis graphic system.