Buka IIS 2019, Wapres JK Tekankan Pentingnya Pengelolaan Big Data bagi Penerapan Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Senin, 15 April 2019 - 12:45 WIB

Wakil Peesiden RI Jusuf Kalla (Ridwan)
Wakil Peesiden RI Jusuf Kalla (Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi menggelar acara 'Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019'.

Acara yang berlangsung di ICE BSD tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla menekankan bahwa perkembangan dan kemajuan teknologi yang telah terjadi di industri global saat ini tidak dapat ditolak.

"Kemajuan teknologi telah merubah industri baik cara berproduksi maupun berprilaku secara sosial. Oleh karenanya, perubahan teknologi itu tidak dapat ditolak ataupun tidak diterima, yang penting bagaimana mengambil manfaat untuk kemajuan bersama," kata Wapres saat membuka acara 'Indonesia Industrial Summit 2019' di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/4).

Ditambahkan JK, pengelolaan data menjadi bahan utama untuk implementasi industri 4.0. Menurutnya, data lah yang akan menentukan kemajuan industri 4.0.

"Maka dari itu, bagaimana kita bisa menciptakan sumber big data di dalam negeri, sehingga mampu memenangkan persaingan industri global," terangnya.

Lebih lanjut, JK menegaskan bahwa perubahan di sektor teknologi harus ditanggapi dengan cepat, sehingga Indonesia tidak tertinggal dari negara lainnya.

"Ini harus ditanggapi dengan cepat, karena perubahan juga akan menimbulkan pekerjaan baru, bukan menghilangkan pekerjaan," jelas Wapres JK.

Oleh karena itu, tambah JK, kerja sama diantara semua pihak tentu menjadi sangat penting dalam perkembangan teknologi di Tanah Air. "Untuk menanaggapi teknologi yang tidak bisa dihindari, maka tentu bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wapres JK menyampaikan penghargaan khususnya kepada Kementerian Perindustrian yang begitu cepat menanggapi perubahan teknologi di sektor industri.

"Marilah para pangusaha, pemerintah, dan ahli teknologi secara bersama-sama memajukan bangsa yang besar ini, semoga upaya kita bersama menjadi nyata," turur JK.

Sementara itu, Menteri Airlangga memaparkan Making Indonesia 4.0 merupakan peta jalan yang diterapkan untuk mencapai tujuan Indonesia menjadi negara 10 besar ekonomi dunia pada 2030.

Menurut Menperin, sejak peluncurannya oleh Presiden RI tepat satu tahun lalu berbagai langkah telah dilakukan sebagai game changer pertumbuhan ekonomi nasional

"Dengan penerapan Making Indonesia 4.0, Indonesia berpeluang meningkatkan nilai tambah terhadap PDB nasional sebesar USD150 Miliar pada 2025. Selain itu, meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 1-2 persen," kata Airlangga.

Era revolusi industri 4.0 menuntut kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam penguasaan teknologi. Momentum ini diyakini memberikan peluang lapangan kerja baru di Indonesia hingga 18 juta orang, dengan 4,5 tenaga kerja baru diserap sektor industri dan 12,5 juta lainnya oleh sektor jasa penunjang industri.

"Pengembangan SDM industri merupakan suatu bentuk komitmen Pemerintah dalam mempersiapkan SDM menghadapi era industri 4.0," ujar Airlangga.

Pelaksanaan IIS kali ini mengambil tema 'Implementasi Making Indonesia 4.0 Menuju Indonesia Menjadi Negara 10 Besar Ekonomi Dunia'. Adapun tujuannya untuk memberikan gambaran mengenai perjalanan penerapan peta jalan tersebut selama satu tahun penerapannya.

Sebanyak 5.500 peserta yang hadir terdiri dari para pelaku industri, pengelola kawasan industri, asosiasi industri, pelaku IKM dan startup sektor industri. Pertemuan juga diisi dengan forum strategis yang menghadirkan para menteri terkait untuk membahas transformasi kebijakan pemerintah dalam menghadapi era industri 4.0.

Kebijakan insentif fiskal misalnya, akan dibahas untuk mendorong perusahaan industri melakukan inovasi teknologi dan investasi pada peningkatan kompetensi SDM. Kemudian strategi peningkatan penetrasi pasar untuk mendorong ekspor industri manufaktur, kebijakan upskilling dan reskilling kompetensi tenaga kerja untuk beradaptasi dengan era industri 4.0.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang mewakili generasi muda juga akan menyampaikan mengenai pemberdayaan generasi millennial dalam mendukung agenda Making Indonesia 4.0.

Forum strategis lainnnya pun dilakukan dengan  menghadirkan pembicara dari dunia usaha untuk berbagi pengalaman mengenai langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam bertransformasi menuju industri 4.0.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…