Pascabencana, Kunjungan Wisatawan ke Sulteng Kembali Normal

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 April 2019 - 13:00 WIB

Wisata Kapal Layar (Foto ist)
Wisata Kapal Layar (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Palu - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah optimistis kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara pada 2019 akan lebih baik dari trahun-tahun sebelumnya, seiring dengan semakin banyaknya destinasi wisata di seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini.

"Tahun ini tampaknya akan lebih banyak wisatawan datang ke Sulteng untuk menikmati berbagai objek wisata menarik yang banyak tersebar di seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulteng, I Nyoman Sariadijaya, didi Palu, Jumat, (12/4/2019)

Ia mengatakan data kunjungan wisatawan mancanegara selama 2018 menunjukkan peningkatan cukup mengembirakan, meski terjadi bencana alam gempabumi, tsunami dan likuefaksi di sejumlah wilayah.

Selama 2018, kata dia, wisman yang berkunjung ke Sulteng sebanyak 25.741 kunjungan yang berarti naik dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya sekitar 19.000 orang.

Justru sebaliknya, kata Nyoman, tingkat kunjungan wisatawan nusantara tidak memenuhi target yang ditetapkan." Kita targetkan 3.450.000 kunjungan, tetapi terealisasi hanya 3.432.178 kunjungan," katanya.

Dia mengaku dampak dari bencana alam yang melanda sejumlah daerah di Sulteng, ada sekitar 30 persen objek wisata mengalami kerusakan sehingga perlu dibenahi kembali.

Namun demikian, tidak menyurutkan para wisatawan, terutama mancanegara tetap tertarik datang ke Sulteng untuk menikmati keindahan dan keunikan objek wisata yang ada di Sulteng.

Menurut dia, pembangunan kepariwisataan tidak lain ditujukan pada upaya pelestarian alam dan lingkungan, peningkatan ekonomi agar masyarakat dapat sejahtera, termasuk mengatasi pengangguran.

Sulteng memiliki banyak objek wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lain, mulai dari wisata alam, bahari hingga berbagai jenis kuliner tradisional dan tumbuhan obat-obatan.

Bahkan, daerah ini memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan, seperti Kepulauan Togean yang didominasi objek wisata bahari, Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) yang di dalamnya terdapat objek wisata Danau Tambing, serta kawasan megalitikum di Lembah Bada, Napu dan Besoa di Kabupaten Poso.

I Nyoman juga mengatakan industri pariwisata, katanya, telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Sulteng selama 2018 sebesar 6.65 persen dibanding 2017 hanya 4,41 persen.

"Majunya industri pariwisata bukan hanya didukung ketersediaan infrastruktur penunjang, tetapi kualitas sumber daya manusia menjadi penentu," ujar dia.

Pada tahun ini, pihaknya lebih memprioritaskan program pengembangan industri pariwisata berbasis usaha kecil menengah dengan mendorong dan meningkatkan standarisasi serta sertifikasi usaha pariwisata.

Disamping itu, mengembangkan skema fasilitasi guna mendukung usaha pariwisata skala kecil dan menengah.

Sementara Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Jusman membenarkan Danau Tambing yang terletak di Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso selama ini banyak dikunjungi wisatawan lokal sampai mancanegara.

Danau Tambing merupakan salah satu destinasi unggulan di Sulteng yang diharapkan kje depan lebih banyak menyedot wisatawan mancanegara.

Rata-rata wisatawan mancanegara yang datang ke Danau Tambing adalah para penggemar dan peneliti burung.


Kawasan wisata yang berada pada jalur jalan Palu-Napu-Poso tersebut merupakan "surga" burung. Ada sekitar 200 jenis burung dan 30 persen diantaranya satwa endemik hidup dan berkembangbiak di kawasan hutan disekitarnya.

"Jika ingin mengamati dan meneliti burung datang saja ke Danau Tambing.Disana pengunjung akan dimanjakan oleh suara nyaring berbagai jenis burung," kata Jusman.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…