Seminggu Jelang Pilpres, Elektabilitas Jokowi Masih Unggul dari Prabowo

Oleh : Herry Barus | Jumat, 12 April 2019 - 14:00 WIB

Capres Jokowi dan Capres Prabowo (Foto Dok Industry.co.id)
Capres Jokowi dan Capres Prabowo (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan elektabilitas pasangan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin masih unggul dari pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga S Uno. Survei SMRC yang dirilis Jumat (12/4/2019) menyebutkan, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 56,8% dan Prabowo-Sandi 37%.

"Bila pemilihan presiden digelar sekarang, Jokowi-Ma'ruf dipilih sebagai presiden dan wakil presiden oleh 56,8% pemilih. Prabowo-Sandi oleh 37% pemilih," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di Menteng, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf yang tinggi, kata Deni, karena melihat dari kinerja Presiden Jokowi yang dinilai masyarakat baik. "Yang merasa puas dengan kinerja Jokowi ada 71% dan ini cenderung stabil dari waktu ke waktu," kata Deni.

Sementara itu, faktor lainnya adanya keyakinan akan kepemimpinan Jokowi. Hasilnya 68%, lebih banyak dari yang tidak yakin 27%, sedangkan 5% lainnya tidak menjawab.

Tingkat kesukaan terhadap Jokowi-Ma'ruf juga lebih tinggi dibandingkan Prabowo-Sandi. Ada 86% suka terhadap Jokowi, 83% kesukaan terhadap KH Ma'ruf Amin, 75% suka Prabowo, dan 80% suka terhadap Sandi. "Dalam Kondisi ekonomi, politik, hukum dan keamanan masyarakat juga puas terhadap kinerja Jokowi," kata Deni.

Angka hasil survei tersebut tidak mengalami perubahan banyak dari survei-survei sebelumnya. Pada Desember 2018, elektabilitas paslon 01 ada di angka 55,3% dan paslon 02 di angka 34,2%. Sedangkan, pada Februari, elektabilitas 01 mencapai 57,6% dan paslon 02 mendapat 31,8%.

"Suara Jokowi-Ma'ruf Amin bisa dibilang stabil, sedangkan untuk Prabowo-Sandi sedikit meningkat di survei sekarang," kata Deni

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…