Kinerja Industri Pengolahan Naik Didorong Jelang Idul Fitri

Oleh : Wiyanto | Kamis, 11 April 2019 - 11:19 WIB

Industri pengolahan ikan (Dok KKP)
Industri pengolahan ikan (Dok KKP)

INDUSTRY.co.id

Kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan I-2019 berada pada level ekspansi. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) - BI sebesar 52,65% dan hasil SKDU triwulan I-2019 untuk kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan yang terindikasi meningkat dengan SBT sebesar 1,00%.

"Peningkatan kinerja Industri Pengolahan didorong oleh kenaikan volume pesanan sejalan dengan peningkatan permintaan domestik, termasuk persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 2019," demikian siaran pers Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Berdasarkan subsektor, ekspansi kinerja industri pengolahan terutama terjadi pada subsektor Industri Kertas & Barang Cetakan dan Industri Makanan, Minuman & Tembakau.

Pada triwulan II-2019, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan diprakirakan terus berlanjut. Hal ini terindikasi dari PMI-BI yang berada pada fase ekspansi dengan indeks yang meningkat menjadi sebesar 53,21% Peningkatan ini terutama didorong oleh kenaikan volume produksi dan volume persediaan barang.

Ekspansi tersebut juga tercermin pada SBT kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan pada triwulan II-2019 yang meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat mengungunjungi pabrik Mainan PT Mattel Indonesia

Senin, 22 April 2019 - 15:05 WIB

Industri Mainan Dalam Negeri Terus Banjiri Pasar Ekspor

Industri mainan menjadi salah satu sektor manuaktur yang mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Ini tercermin dari capaian nilai ekspor mainan anak-anak pada tahun…

CEO Crown Group, Iwan Sunito

Senin, 22 April 2019 - 14:06 WIB

Harga Naik Tiga Kali Lipat, CEO Crown Group: Sekarang Saatnya Beli Apartemen

Crown Group selaku pengembang hunian terkemuka di Australia, terus mendorong pembeli untuk berinvestasi sekarang dengan dasar keuntungan jangka panjang dan berpotensi melipatgandakan kekayaan…

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Senin, 22 April 2019 - 12:31 WIB

Tahun 2019, Mark Dynamics Tingkatkan Kapasitas Produksi Cetakan Sarung Tangan

PT Mark Dynamics Indonesia Tbk berupaya meningkatkan kapasitas produksi cetakan sarung tangan sepanjang tahun ini menjadi 610.000 unit per bulan.

Astragraphia. (Foto: IST)

Senin, 22 April 2019 - 12:17 WIB

Astra Graphia Distribusikan Produk Fujifilm Untuk Lini Bisnis Graphic System

PT Astra Graphia Tbk mendapatkan kepercayaan untuk mendistribusikan produk PT Fujifilm Indonesia untuk lini bisnis graphic system. 

Huawei Next-Image Awards

Senin, 22 April 2019 - 11:57 WIB

Indonesia Ikuti Kompetisi Huawei Next-Image Awards Tahun Ketiga

Para insan kreatif di bidang visual dari berbagai belahan dunia diundang untuk mengirimkan karya terbaiknya mulai hari ini sampai dengan 31 Juli 2019