Masuki Era 4.0, President School Siapkan SDM Generasi Milenial yang Kompetitif

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 April 2019 - 11:15 WIB

Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono
Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono

INDUSTRY.co.id - Jakarta - President School, yang merupakan bagian dari PT Jababeka Tbk., bidang pendidikan, berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi millenial yang kompetitif pada era 4.0. 

Upaya ini dilakukan dengan mengadakan motivational achievement yang menghadirkan S.D Darmono selaku founder- CEO PT. Jababeka, Tbk., dan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden, sebagai keynote speaker.

Kegiatan yang berlangsung di function hall SMA Presiden ini diikuti lebih dari 200 peserta, terdiri dari para siswa kelas 9 dan kelas 12, guru, kepala sekolah, serta koordinator sekolah.

Dalam paparannya, Darmono menekankan pentingnya SDM generasi millenial yang terdidik dan terampil dengan karakter kuat serta habit dan attitude yang baik. 

"Karakter kuat merupakan keunggulan manusia dibandingkan mesin dan robot," kata Darmono.

Ia menambahkan bahwa dalam menghadapi setiap perubahan zaman, hal yang harus terus dilatih dan diasah selain karakter dan cara pandang yang positif adalah kejelian melihat peluang kemajuan, penguasaan bahasa asing sebagai sarana komunikasi dan networking, serta penguasaan teknologi. 

"Di era digital dan robotik, semua dilakukan oleh mesin dan robot. Karena itu, belajarlah hal-hal yang tidak bisa dikerjakan oleh robot dan mesin, yaitu skilldan kemampuan manusia sebagai komunikator, fasilitator yang memiliki rasa dan optimisme," ujarnya. 

Terhadap pertanyaan yang diajukan oleh para siswa terkait dengan daya saing Indonesia dalam bisnis global dan upaya yang perlu dilakukan oleh generasi millenial, Darmono menjelaskan pentingnya mengenal identitas diri dan kebangsaan sebagai kompetensi diferensiasi. 

Selain itu, lanjutnya, juga diperlukan daya kompetisi di bidang bioteknologi, seni dan desain dalam packaging, promotion, branding atau brandname, marketing, dan penguasaan ICT. Dengan daya-daya ini, kemampuan bersaing akan dapat terkomunikasikan dengan baik.

"Dalam bisnis kita membutuhkan komunikasi, kolaborasi, dan networking secara sinergis antara akademisi, businessman, dan government," ucapnya.

Terhadap para guru, kepala sekolah, dan koordinator sekolah, Darmono berpesan tentang pentingnya kurikulum pendidikan yang bukan hanya mendorong anak memperoleh kompetensi dan gelar akademik, tetapi juga menjadi pribadi optimistis yang mau dan mampu bekerja keras, serta peka untuk berbagi atau menolong orang lain dalam setiap kesempatan. 

"Praktek riil pendidikan itu ada di lapangan, kerja. Jiwa pengusaha, begitupun guru, adalah melihat masalah sebagai kesempatan untuk menolong orang. Menjadi pengusaha itu membutuhkan kejelian melihat masalah dan membaca peluang. Kesempatan dan praktik, bukan kesarjanaan/gelar," kata penulis buku Building a Ship While Sailing tersebut. 

Darmono juga menjelaskan tentang masalah pendidikan, bahwa banyak lembaga pendidikan menghasilkan lulusan dengan nilai yang tinggi tetapi sikapnya kurang baik. Masalah lain adalah ketidaksiapan lulusan di dunia kerja, sehingga menghasilkan banyak penggangguran bergelar. 

Sebagai penutup, Direktur President School, Justin Endramukti, mengatakan bahwa motivational achievement ini sangat menginspirasi dan memotivasi para siswa untuk menjadi presiden-presiden yang sukses dan tangguh bagi Indonesia pada zamannya. 

"Acara ini juga sangat meneguhkan dedikasi dan integritas para kepala sekolah dan guru untuk menyiapkan generasi Indonesia masuk ke zamannya sembari meningkatkan kompetensinya untuk layanan pendidikan terbaik," terangnya. 

Dalam kesempatan tersebut, S.D Darmono dan Justin Endramukti juga menyampaikan piagam penghargaan TOP SCORER BEBRAS COMPUTATIONAL THINKING kepada 2 siswa SMP presiden atas nama Diero dan Owen, dan 1 siswa SMA Presiden atas nama Yoel. Juga buku Building a Ship While Sailing kepada para siswa teraktif dalam sesi diskusi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…