Masuki Era 4.0, President School Siapkan SDM Generasi Milenial yang Kompetitif

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 April 2019 - 11:15 WIB

Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono
Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono

INDUSTRY.co.id - Jakarta - President School, yang merupakan bagian dari PT Jababeka Tbk., bidang pendidikan, berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi millenial yang kompetitif pada era 4.0. 

Upaya ini dilakukan dengan mengadakan motivational achievement yang menghadirkan S.D Darmono selaku founder- CEO PT. Jababeka, Tbk., dan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden, sebagai keynote speaker.

Kegiatan yang berlangsung di function hall SMA Presiden ini diikuti lebih dari 200 peserta, terdiri dari para siswa kelas 9 dan kelas 12, guru, kepala sekolah, serta koordinator sekolah.

Dalam paparannya, Darmono menekankan pentingnya SDM generasi millenial yang terdidik dan terampil dengan karakter kuat serta habit dan attitude yang baik. 

"Karakter kuat merupakan keunggulan manusia dibandingkan mesin dan robot," kata Darmono.

Ia menambahkan bahwa dalam menghadapi setiap perubahan zaman, hal yang harus terus dilatih dan diasah selain karakter dan cara pandang yang positif adalah kejelian melihat peluang kemajuan, penguasaan bahasa asing sebagai sarana komunikasi dan networking, serta penguasaan teknologi. 

"Di era digital dan robotik, semua dilakukan oleh mesin dan robot. Karena itu, belajarlah hal-hal yang tidak bisa dikerjakan oleh robot dan mesin, yaitu skilldan kemampuan manusia sebagai komunikator, fasilitator yang memiliki rasa dan optimisme," ujarnya. 

Terhadap pertanyaan yang diajukan oleh para siswa terkait dengan daya saing Indonesia dalam bisnis global dan upaya yang perlu dilakukan oleh generasi millenial, Darmono menjelaskan pentingnya mengenal identitas diri dan kebangsaan sebagai kompetensi diferensiasi. 

Selain itu, lanjutnya, juga diperlukan daya kompetisi di bidang bioteknologi, seni dan desain dalam packaging, promotion, branding atau brandname, marketing, dan penguasaan ICT. Dengan daya-daya ini, kemampuan bersaing akan dapat terkomunikasikan dengan baik.

"Dalam bisnis kita membutuhkan komunikasi, kolaborasi, dan networking secara sinergis antara akademisi, businessman, dan government," ucapnya.

Terhadap para guru, kepala sekolah, dan koordinator sekolah, Darmono berpesan tentang pentingnya kurikulum pendidikan yang bukan hanya mendorong anak memperoleh kompetensi dan gelar akademik, tetapi juga menjadi pribadi optimistis yang mau dan mampu bekerja keras, serta peka untuk berbagi atau menolong orang lain dalam setiap kesempatan. 

"Praktek riil pendidikan itu ada di lapangan, kerja. Jiwa pengusaha, begitupun guru, adalah melihat masalah sebagai kesempatan untuk menolong orang. Menjadi pengusaha itu membutuhkan kejelian melihat masalah dan membaca peluang. Kesempatan dan praktik, bukan kesarjanaan/gelar," kata penulis buku Building a Ship While Sailing tersebut. 

Darmono juga menjelaskan tentang masalah pendidikan, bahwa banyak lembaga pendidikan menghasilkan lulusan dengan nilai yang tinggi tetapi sikapnya kurang baik. Masalah lain adalah ketidaksiapan lulusan di dunia kerja, sehingga menghasilkan banyak penggangguran bergelar. 

Sebagai penutup, Direktur President School, Justin Endramukti, mengatakan bahwa motivational achievement ini sangat menginspirasi dan memotivasi para siswa untuk menjadi presiden-presiden yang sukses dan tangguh bagi Indonesia pada zamannya. 

"Acara ini juga sangat meneguhkan dedikasi dan integritas para kepala sekolah dan guru untuk menyiapkan generasi Indonesia masuk ke zamannya sembari meningkatkan kompetensinya untuk layanan pendidikan terbaik," terangnya. 

Dalam kesempatan tersebut, S.D Darmono dan Justin Endramukti juga menyampaikan piagam penghargaan TOP SCORER BEBRAS COMPUTATIONAL THINKING kepada 2 siswa SMP presiden atas nama Diero dan Owen, dan 1 siswa SMA Presiden atas nama Yoel. Juga buku Building a Ship While Sailing kepada para siswa teraktif dalam sesi diskusi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Kapolri Tito Karnavian seusai menandatangani Nota Kesepahaman (Foto: Ridwan)

Senin, 20 Mei 2019 - 16:15 WIB

Tingkatkan Pengamanan Sektor Industri, Kemenperin Teken MoU dengan Polri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Bantuan Pengamanan, Penegakan Hukum, dan Pemanfaatan…

Kerjasama Garuda Indonesia dengan Pegadaian (dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 16:07 WIB

Garuda Indonesia dan Pegadaian Teken Kerja Sama Komersial dalam Penerbangan Jakarta-Denpasar

PT Pegadaian (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tentang Penjualan Produk, Layanan di Kanal Distribusi dan Komunikasi Pemasaran sebagai implementasi program…

Kebun sawit (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 20 Mei 2019 - 15:30 WIB

Hadapi UE, Indonesia Harus Punya Konsep Kawasan Hutan dan Deforestasi

Para pemangku kepentingan perlu duduk bersama untuk membahas pemahaman kawasan hutan dan deforestasi. Hal itu supaya ada aturan yang tegas dan tidak multitafsir agar tidak setiap ada kegiatan…

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Senin, 20 Mei 2019 - 15:21 WIB

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Tiga perusahaan BUMN tersebut adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 14:47 WIB

Forbes Kembali Nobatkan Bank BRI Sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali dinobatkan oleh Forbes sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia.