Sail Nias akan Dihadiri 100 Ribu Wsatawan

Oleh : Herry Barus | Senin, 01 April 2019 - 20:00 WIB

Wisata Kapal Layar (Foto ist)
Wisata Kapal Layar (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Medan- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara menargetkan 100 ribu kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional pada ajang wisata bahari Sail Nias yang digelar mulai Juli hingga September 2019 di Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Hidayati di Medan, Senin(1/4/2019) mengatakan, pihaknya melakukan sinergi dengan Kementerian Pariwisata untuk mendukung kegiatan Sail Nias Indonesia 2019 sehingga acara yang akan digelar di Kepulauan Nias ini bisa sukses mendatangkan pengunjung.

"Karena ini akan mempromosikan potensi budaya dan wisata yang ada di Sumatera Utara ke seluruh dunia. Untuk itu ayo mari dukung kita bersama," katanya usai melakukan telekonferensi dengan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly di kantor Kemenkumham Wilayah Sumut, Medan.

 Terkait persiapan pendanaan, Pemerintah provinsi Sumatera Utara dan semua Kabupaten serta kota di Sumut, ujarnya, berupaya menganggarkan dana yang sesuai dengan kemampuan masing-masing daerahnya untuk membantu beberapa event  yang akan digelar.

"Kami akan mengalokasikan dukungan dalam bentuk suvenir dan juga nanti adanya kegiatan 1.000 tenda  dan juga kegiatan untuk seminar kebudayaan yang ada di Gunungsitoli," katanya.

Sementara itu, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan pihaknya mengapresiasi  atas ditunjuknya Kepulauan Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019 yang puncaknya akan dilangsungkan pada 10 - 14 September itu.

Agar ajang nasional tersebut berjalan sukses, pihaknya mengajak semua masyarakat Nias dan masyarakat seluruh Sumut dan  Indonesia mendukung kegiatan tersebut.

"Mari kita doakan kegiatan Sail Nias sukses dan menjadi harapan kita ke depan bahwa ini adalah sebagai batu loncatan dalam upaya memajukan pariwisata kita di Indonesia khususnya di Sumatera Utara dan Nias," katanya.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatera Utara, sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019.

Sail Indonesia merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah diselenggarakan sejak 2009.

Daerah terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia ini adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September 2018 yaitu Sail Moyo Tambora.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…