1.200 Pebalap Sepeda Ramaikan Tour de Bintan 2019

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 Maret 2019 - 18:00 WIB

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)
Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Tanjungpinang - Sebanyak 1.200 pebalap sepeda dari 42 negara ambil bagian dalam perhelatan olahraga tahunan Tour de Bintan yang dilaksanakan pada 29-31 Maret 2019.

CEO Tour de Bintan, Nathalie Marquet, di Bintan, Jumat (29/3/2019) , mengatakan, tahun ini Metasport selaku penyelenggara menjadikan Bintan Lagoon Resort sebagai tuan rumah Tour de Bintan

Ia menjelaskan, pelaksanaan Tour de Bintan dibagi dalam 7 kategori yang dapat melayani semua tingkatan pebalap sepeda. Dua dari tujuh kategori adalah kualifikasi untuk kejuaraan dunia 2019 di Polandia.

Kualifikasi individual time trial 17 km dilaksanakan pada Jumat (29/3) siang, dan perlombaan 144 km Gran Fondo Classic dihelat Sabtu (30/3) pagi.

"Untuk masuk di kejuaraan dunia, peserta Tour de Bintan harus tiba di garis finish di 25 persen teratas di kelompok umur masing-masing," jelas Nathalie.

Pada pelaksanaan tahun ini, Nathalie memperkirakan mendatangkan sebanyak 1.800 wisatawan. Keindahan alam, jalur lintasan yang ditata dengan baik, serta resor-resor kelas dunia di Bintan yang menjadi salah satu alasan Tour de Bintan tetap diminati.

Tour de Bintan merupakan ajang balapan sepeda terkemuka bagi pebalap sepeda amatir di Asia. Tahun ini merupakan pelaksanaan tahun kesembilan dan tahun ketiga berturut-turut ajang kualifikasi kejuaraan dunia Gran Fondo UCI.

Kegiatan serupa hanya terdapat di dua negara Asia dan 21 negara di dunia yang merupakan bagian dari Seri Dunia UCI Gran Fondo.

Tour de Bintan 2019 dimulai Jumat (29/3/2019), di mana para peserta melakukan uji coba waktu di kawasan Lagoi Bay Bintan Resorts. Esok harinya peserta akan memulai perlombaan di Simpang Lagoi, memulai dan menyelesaikan “Queen Stage", yaitu Gran Fondo Classic. Para peserta akan melakukan balapan sejauh 144 km di sekitar bagian utara dan timur Bintan.

Balapan akan dimulai dan berakhir di Bintan Lagoon Resort. pada Minggu (31/3/2019)

Secara terpisah, Kepala Dinas pariwisata Bintan Wan Rudi mengatakan sejauh ini pihaknya belum bisa menambah jumlah peserta melebihi 1.200 orang dengan alasan keterbatasan hunian.

"Hunian yang ada tidak mampu menampung jika peserta melebihi 1.200 orang," katanya.(Ant)
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengobatan Garang Arang Di Masa lalu yang Kemudian Dijadikan Pengobatan Masa Kini

Selasa, 25 Juni 2019 - 09:08 WIB

Terapi Garang Arang Jadi Pengobatan Alternatif Penyakit Jaman Modern

Beberapa abad silam masyarakat suku Baduy (Banten) yang masih tinggal di pedalaman meyakini bahwa sumber penyakit adalah gangguan yang datang dari pengaruh jahat baik itu dari mahluk halus ataupun…

John Molloy (no 2 dari kiri) di salah satu Gerai "Floraiku" berbentuk Ryokan yang kini telah hadir di Indonesia.

Selasa, 25 Juni 2019 - 08:33 WIB

O Floraiku Parfum Yang Terinpirasi Dari Bunga Dan Puisi Jepang Hadir Di Indonesia

Industri wewangian atau parfum terus berkembang seiring sejalan dengan industri mode. Meski sudah banyak merek parfum dengan ribuan bau wangi diciptakan selalu saja ada yang ingin membuat terobosan…

Mentan Amran Sulaiman di tengah sawah

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:41 WIB

Kinerja Kementan Genjot Ekspor Pertanian, di Apresiasi DPD

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) dalam program kerjanya selama era pemerintahan Jokowi mampu secara baik meningkatkan produksi dan nilai tambah komoditas.

Mentan Amran Sulaiman

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:33 WIB

DPR : Ngurus Sektor Pertanian Butuh Pemimpin Kuat Seperti Amran

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama seluruh jajarannya telah terbukti mampu memenuhi target pembangunan sektor pertanian, termasuk kecukupan pangan masyarakat Indonesia dalam…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:14 WIB

Lirik Sembilan Saham, IHSG di Level 6257 - 6488

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (24/6/2019) berada di level 6257 - 6488. Cermati sembilan saham pilihan.