Hari Ini Terbit Tarif Ojek Online di Bawah 5Km Rp 10 Ribu

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 25 Maret 2019 - 10:40 WIB

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)
Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menerbitkan ketentuan tarif untuk ojek online (ojol) pada Senin (25/3/2019) hari ini. Dalam skema tarif ini terjadi perubahan rencana untuk tarif awal (flag fall) di mana sebelumnya Kemenhub menyebut 5 km pertama akan dikenakan Rp 10.000.

Artinya, berapapun jarak yang ditempuh selama di bawah 5 km konsumen membayar Rp 10.000.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, jarak untuk tarif awal menjadi 4 km dengan tarif kisaran Rp 7.000 sampai Rp 10.000.

"Flag off kemarin antara, jadi tidak kita tentukan misalnya 4 km, kalau sekarang 4 km, katakan Rp 5.000. Nanti di dalam aturan yang kita buat itu Rp 7.000-Rp 10.000, mungkin ya, tapi besok pastinya," katanya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, kemarin.

"(Flag fall turun?) Iya," ujarnya saat dikonfirmasi.

Sementara, untuk tarif per kilometernya (km), Budi belum berkenan untuk menyebutkan, termasuk kisaran besarannya. Budi akan mengumumkannya besok.

Yang pasti, kata Budi, pemerintah menimbang usulan pengemudi, aplikator, serta kepentingan konsumen. "Besok aja deh," ujarnya.

Dia mengatakan, dengan 4 km diharapkan akan menjaga pendapatan pengemudi serta aplikator.

"Saya kan melihat kepentingan, karena jarak pendek semakin banyak, kemudian jarak pendek itu katakan 4 km, kalau dikenakan harga sekian terlampau rendah, kasian pengemudi cuma dapat berapa. Kita sesuaikan harapan pengemudi dan juga aplikator," paparnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TNI Garda Terdepan Penjaga Ideologi Pancasila

Minggu, 07 Juni 2020 - 06:00 WIB

TNI Garda Terdepan Penjaga Ideologi Pancasila

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan Ketetapan MPRS Nomor XXV Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI), Pernyataan sebagai Organisasi Terlarang di Seluruh Wilayah…

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Prajurit Marinir Sidoarjo Laksanakan Olah Raga

Minggu, 07 Juni 2020 - 05:30 WIB

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Prajurit Marinir Sidoarjo Laksanakan Olah Raga

Dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh dan kebugaran fisik, prajurit Brigif 2 Marinir melaksanakan olahraga di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Sabtu (06/06/2020).

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras

Minggu, 07 Juni 2020 - 05:00 WIB

Kementerian Sosial Siap Berlakukan Tatanan Normal Baru

Persiapan penerapan tatanan normal baru di Kementerian Sosial terus ditingkatkan. Sejak kemarin, dan diteruskan hari ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras mengecek kesiapan…

Anak-Anak Perbatasan Peroleh Bimbingan Pengajian dari Prajurit Kostrad

Minggu, 07 Juni 2020 - 04:30 WIB

Anak-Anak Perbatasan Peroleh Bimbingan Pengajian dari Prajurit Kostrad

Tak hanya melaksanakan tugas utamanya dalam menjaga perbatasan RI-PNG sektor selatan, prajurit Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad juga turut serta menjadi guru ngaji bagi anak-anak di Kampung…

Ratusan Prajurit Shalat Jumat Perdana di Masjid Soedirman Mabes TNI

Minggu, 07 Juni 2020 - 04:00 WIB

Ratusan Prajurit Shalat Jumat Perdana di Masjid Soedirman Mabes TNI

Masjid Soedirman Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, menggelar Shalat Jumat perdana, di masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) transisi Virus Corona atau Covid-19 menuju New Normal.