Perum Jamkrindo Beri Dukungan Penyaluran KUR Perikanan Rakyat

Oleh : Wiyanto | Senin, 25 Maret 2019 - 07:26 WIB

Jamkrindo salurkan bantuan PKBL di Demak
Jamkrindo salurkan bantuan PKBL di Demak

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perum Jamkrindo berpartisipasi dalam acara Penyaluran KUR Perikanan Rakyat di Pelabuhan Morodemak, Kabupaten Demak, Minggu, 24 Maret 2019.

Pada Acara yang dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution itu, Perum Jamkrindo menyalurkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) berupa bantuan pelatihan santri, bantuan kedai kopi dan bantun freezer nelayan, bantuan pelatihan budidaya ikan kerapu, bantuan mesin penarik kapal dan lain-lain.

Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Bisnis Penjaminan Amin Mas’udi di Demak. Selain di Demak, Perum JAmkrindo juga menyerahkan bantuan di beberapa lokasi lain seperti Kendari, Cirebon, dan Mataram dengan total bantuan senilai Rp 119,7 juta. "Perum Jamkrindo sebagai penjamin KUR tetap berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memberdayakan UMKM,” ujar Amin.

Melalui usaha penjaminan bagi KUR, lanjut Amin Mas'udi, Perum Jamkrindo ingin bersama-sama dengan stakeholder untuk memastikan bahwa UMKM bisa berperan signifikan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. "Kami sangat antusias sekali untuk terlibat dalam acara KUR Perikanan rakyat serentak di enam provonsi," ujar Amin.

Pemerintah seperti diketahui kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat secara serentak di sentra nelayan dan budi daya ikan di enam provinsi. Keenam provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Tenggara.

Sektor perikanan telah menjadi sektor ekonomi kerakyatan yang mendapatkan fasilitas skema KUR khusus sejak 2015 selain sektor perkebunan dan peternakan. Hingga Februari 2019, penyaluran KUR Sektor Perikanan secara nasional mencapai Rp 5,2 triliun kepada 220.000 debitur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Konsep Micro Farming

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:45 WIB

Micro Farming Solusi Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Micro farming adalah pertanian keluarga dengan memanfaatkan lahan terbatas di pekarangan atau sekitar rumah dengan budidaya pertanian produktif

Pemakaman Pasien Covid-19

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:15 WIB

Gawat! Kasus Kematian Covid-19 di Jatim Makin Mendekati DKI Jakarta

Kasus kematian akibat pandemi virus corona (COVID-19) di Jawa Timur kembali melonjak pada hari ini.

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:00 WIB

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Komandan beserta Perwira Staf Mako Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan memanah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan memanah bagi Perwira Brigif 2 Marinir di Bhumi Marinir Gedangan,…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Minggu, 31 Mei 2020 - 17:30 WIB

Anies Ingatkan ASN: Didepan Seragam Kita Ada Simbol Negara, Tugas Kita Menomorsatukan Rakyat Daripada Diri sendiri

"Saya ingatkan kepada kita semua, di sisi depan baju seragam kita ada simbol abdi negara. Itu bukan sekedar ornamen seragam, itu adalah wujud sikap kita. Kita adalah penyelenggara negara,"

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Doc: Kementan)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:31 WIB

Nambah Pendapatan Sumber Pangan Bikin Geleng-geleng Kepala

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran sumber pangan. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen…