Perum Jamkrindo Beri Dukungan Penyaluran KUR Perikanan Rakyat

Oleh : Wiyanto | Senin, 25 Maret 2019 - 07:26 WIB

Jamkrindo salurkan bantuan PKBL di Demak
Jamkrindo salurkan bantuan PKBL di Demak

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perum Jamkrindo berpartisipasi dalam acara Penyaluran KUR Perikanan Rakyat di Pelabuhan Morodemak, Kabupaten Demak, Minggu, 24 Maret 2019.

Pada Acara yang dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution itu, Perum Jamkrindo menyalurkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) berupa bantuan pelatihan santri, bantuan kedai kopi dan bantun freezer nelayan, bantuan pelatihan budidaya ikan kerapu, bantuan mesin penarik kapal dan lain-lain.

Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Bisnis Penjaminan Amin Mas’udi di Demak. Selain di Demak, Perum JAmkrindo juga menyerahkan bantuan di beberapa lokasi lain seperti Kendari, Cirebon, dan Mataram dengan total bantuan senilai Rp 119,7 juta. "Perum Jamkrindo sebagai penjamin KUR tetap berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memberdayakan UMKM,” ujar Amin.

Melalui usaha penjaminan bagi KUR, lanjut Amin Mas'udi, Perum Jamkrindo ingin bersama-sama dengan stakeholder untuk memastikan bahwa UMKM bisa berperan signifikan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. "Kami sangat antusias sekali untuk terlibat dalam acara KUR Perikanan rakyat serentak di enam provonsi," ujar Amin.

Pemerintah seperti diketahui kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat secara serentak di sentra nelayan dan budi daya ikan di enam provinsi. Keenam provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Tenggara.

Sektor perikanan telah menjadi sektor ekonomi kerakyatan yang mendapatkan fasilitas skema KUR khusus sejak 2015 selain sektor perkebunan dan peternakan. Hingga Februari 2019, penyaluran KUR Sektor Perikanan secara nasional mencapai Rp 5,2 triliun kepada 220.000 debitur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

Jumat, 19 Juli 2019 - 21:00 WIB

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

EKI Dance Company menggelar EKI Update 4.1 yang menyuguhkan tampilan ala Broadway dengan bumbu drama komedi yang dijamin menghibur penonton.

Inovasi dan kreasi tanpa henti merupakan ciri khas Enesis Group

Jumat, 19 Juli 2019 - 20:47 WIB

Matikan Kuman Dalam Empat Detik, Ternyata ini Rahasia Antis Jasmine Tea

Jakarta-Setelah sukses sebagai pelopor hand sanitizer di Indonesia dengan Antis aroma Timun dan Jeruk Nipis, Enesis Group (PT. Herlina Indah) kembali melakukan terobosan dengan meluncurkan varian…

Test Drive Mobil Elektrifikasi Toyota

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:30 WIB

Gelar Test Drive, TAM Ajak Awak Media Rasakan Performa Mobil Elektrifikasi

PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini, Jumat (19/7), menggelar test drive mobil elektrifikasi yang teknologinya telah dikembangkan Toyota Global di Kawasan QBig BSD City, Tangerang.

Keikutsertaan Suzuki di GIIAS 2019

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:05 WIB

Usung Tema The Rise of Urban Adventure, Suzuki Hadirkan Suguhan Menarik di GIIAS 2019

Selama penyelenggaraan GIIAS dari 18-28 Juli 2019, Suzuki akan menyapa konsumen otomotif Indonesia lewat booth yang bertemakan The Rise of Urban Adventure.

 Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

Jumat, 19 Juli 2019 - 18:00 WIB

Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan. Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata…