BUMN Berbagi Pangan Murah Bagi Masyarakat Brebes

Oleh : Herry Barus | Minggu, 24 Maret 2019 - 14:30 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Brebes- Dalam rangka menyongsong ulang tahun yang ke 21, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melakukan berbagai kegiatan bersama masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Kali ini, Menteri BUMN, Rini M. Soemarno beserta jajaran Deputi Kementerian BUMN dan para Direksi BUMN merayakan Ulang Tahun Kementerian BUMN dengan masyarakat Kabupaten Brebes dan sekitranya di Rest Area Jalan tol KM 260 B pada Sabtu (23/06/2019).

Dalam acara ini, BUMN-BUMN bersinergi menyelenggarakan kegiatan Pangan Murah berupa penjualan barang-barang kebutuhan pokok bagi masyarakat dengan harga yang relatif terjangkau.

Tercatat sebanyak 4.000 paket pangan dijual seperti Beras, Gula, Minyak Goreng, Ikan Sarden, dll dengan harga jual Rp 10.000 per paket.

Dalam arahannya, Menteri Rini menegaskan tentang pentingnya peran BUMN dalam mendorong kesejahteraan masyarakat yang tidak hanya menciptakan keuntungan tetapi juga mendorong perekonomian masyarakat kecil di daerah.

"Menyongsong ulang tahun yang ke-21, Saya terus mendorong dan memaksimalkan sinergi untuk menjalankan kegiatan-kegiatan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, " ungkapnya.

Kegiatan Pangan Murah di Rest Area KM 260 Brebes juga diikuti 600 ibu-ibu penerima program "Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera"/ Mekaar binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero)/ PNM.

Tidak lupa, Menteri Rini mengajak masyarakat untuk menggunakan aplikasi LinkAja sebagai salah satu sarana untuk bertransaksi. LinkAja merupakan produk milik Indonesia untuk masyarakat Indonesia

Dorong UMKM Rest Area

Dalam kegiatan ini pula, BUMN-BUMN bersinergi mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Tempat Peristirahatan Penumpang (Rest Area) jalan tol.

"Sinergi BUMN yang dilakukan seperti ini yang terus saya dorong  supaya perekonomian masyarakat di di sekitar tol ini bisa meningkat. Jalan Tol sudah dibangun, selanjutnya saya mendorong BUMN membantu masyarakat. Saya juga terus mengawas dan memastikan harga sewa tempat jualan di sini terjangkau, tidak menyulitkan pelaku usaha dan pendapatan mereka bisa meningkat," imbuh Menteri Rini sambil mengunjungi lapak-lapak penjualan di Rest Area 260 B.

Di Rest Area ini dijual berbagai jajanan khas daerah lokal serta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum lainnya.  UMKM yang dipilih untuk mengisi di sana adalah UMKM yang berlokasi di sekitar rest area seperti Brebes, Tegal, Kendal, dan Semarang.

Selain menyediakan fasilitas dan tempat jual bagi pedagang, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) selaku BUMN koordinator, melakukan pembinaan terhadap kualitas produk, kemasan, pelayanan produk UMKM. Penjualan produk UMKM di Rest Area 260 B  memanfaatkan bangunan yang merupakan bekas Pabrik Gula (PG) Banjaratma, Kabupaten Brebes, yang telah direvitalisasi menjadi rest area jalan tol yang terindah di Indonesia.

Bangunan yang termasuk cagar budaya ini akan jadi "The Best Rest Area" dan secara arsitektur akan jadi De Tjolomadoe kedua. Tidak sekadar Rest Area, tempat tersebut juga akan menjadi destinasi wisata yang menyasar pasar pengguna jalan tol; masyarakat yang berasal dari kota kota besar terdekat seperti Semarang Cirebon  dan Purwokerto serta masyarakat sekitar yang ingin berwisata di Rest Area untuk menikmati kuliner khas daerah ini sekaligus menikmati keindahan arsitektur cagar budaya bangunan bekas Pabrik Gula (PG) Banjaratma yang sangat menarik bagi pengunjung.

Agus Andayani, Direktur Utama PPI mengatakan, revitalisasi PG Banjaratma telah patuh pada kaidah konservasi bangunan cagar budaya, yang salah satunya tidak boleh mengubah nilai artistik dan keaslian bangunan yang secara struktur masih dapat dipertahankan.

Rest Area KM 260 B ini merupakan rest area tipe A yang berarti akan memiliki sejumlah fasilitas seperti SPBU, masjid, toilet, tempat makan minum, bengkel, klinik kesehatan, dan parkir kendaraan kecil dan besar.

Di dalam Rest Area dibangun puluhan gerai dengan berbagai ukuran yang menempati areal seluas kurang lebih 15.000 m2, sedangkan luas keseluruhan area Rest Area KM 260 B ini mencapai 11 hektare. 

“Kami juga menghadirkan Café Covare  di sini, yang menyediakan aneka kopi nusantara, dengan kualitas unggulan favoritnya yakni kopi Wamena, yang saat ini lagi terkenal sebagai kopi lokal dengan rasa global," ujarnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…